Mempelajari Kinantropometri pada Bidang Olahraga

Kami sering membahas mengenai betapa pentingnya antropometri di berbagai aspek pada artikel-artikel sebelumnya, seperti antropologi, ergonomi, kesehatan, desain produk, hingga olahraga. Pada kali ini, kami ingin lebih membahas mengenai salah satu ilmu yang terdapat pada Sports Science (tetapi masih ada korelasinya dengan antropometri), yaitu kinantropometri.

Definisi dari Kinantropometri

Menurut kebahasaan, kinantropometri terdiri dari tiga kata dari Yunani, yaitu kinein yang berarti untuk bergerak, anthropos yang berarti manusia dan metrein yang berarti untuk mengukur. Kinantropometri mengacu pada dinamika hubungan kuantitatif antara struktur dan fungsi manusia.

Dalam pengertiannya sendiri, kinantropometri adalah studi yang mempelajari tentang pengukuran yang berpengaruh pada bentuk, proporsi, komposisi, kematangan dan nutrisi seseorang untuk memahami karakteristik yang berhubungan dengan gerakan manusia hingga pencapaian prestasi dalam olahraga. Secara singkat, definisi kinantropometri yaitu pengukuran tubuh manusia untuk pengaplikasian gerakan manusia. Pengukuran tersebut meliputi banyak hal, seperti proporsi tubuh, komposisi, tipe tubuh (somatotipe), pematangan, kemampuan motorik, kapasitas kardiorespirasi dan kinerja fisik.

Fungsi dan Peran Kinantropometri pada Bidang Olahraga

Kinantropometri memiliki berbagai peranan penting pada olahraga, seperti :

  1. Penentuan cabang olahraga yang dapat memaksimalkan prestasi tiap atlet
  2. Penilaian volume oksigen maksimal (mm/ kg/ menit) dalam status kebugaran para atlet
  3. Pengukuran metabolic equivalent (MNT)
  4. Penilaian komposisi lemak, tulang, kadar air dan massa otot.

Selain itu, kinantropometri memiliki peranan penting dalam pemantauan perkembangan para atlet. Dalam pemantauan perkembangan tiap atlet pada seleksi bakat di bidang olahraga menjadi kurang efektif dan produktif jika pelatih tidak mengetahui angka pertumbuhan yang terjadi pada atlet.

Tidak hanya kebugaran fisik atlet, pengukuran atlet bersifat mutlak di dalam olahraga profesional. Hal tersebut terjadi dikarenakan hasil pengukuran tersebut dijadikan tolak ukur untuk memeriksa para atlet dari segala kemungkinan. Berkat itu semua, kemungkinan kemenangan di kancah nasional ataupun internasional semakin meningkat.

Kinantropometri juga sering diterapkan para pelatih luar negeri dalam pelatihan olahraga (seperti di negara India) karena kinantropometri berkaitan dengan berbagai masalah yang mereka temui di lapangan. Contohnya seperti haruskah perkembangan tubuh ditinjau untuk memperjelas standar fisik dari tes kebugaran?

Penerapan Kinantropometri pada Olahraga

Dengan menerapkan kinantropometri, terdapat beberapa hal yang dapat kita ketahui menegai tumbuh kembang para atlet melalui karakteristik atlet. Karakteristik tersebut akan berguna untuk beberapa hal berikut :

  1. Karakteristik tubuh dapat membantu para atlet dalam memaksimalkan porsi latihan yang mereka butuhkan.
  2. Karakteristik tubuh dapat memberikan beberapa rekomendasi jenis olahraga yang sesuai dengan bentuk tubuhnya.

Contohnya yaitu, atlet yang memiliki komponen tubuh ectomorphy. Ciri-ciri bentuk tubuh ectomorphy yaitu bentuk tubuhnya yang langsing dan kurus serta memiliki dada yang sempit. Tipe tubuh ectomorphy tidak selalu dicirikan terhadap orang yang tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji hubungan yang menunjukan tidak adanya hubungan signifikan antara tinggi badan dengan komponen ectomorphy.

Selain itu, atlet yang memiliki bentuk tubuh ectomorphy sulit untuk meningkatkan massa otot tubuhnya karena memiliki pengeluaran energi yang tinggi dan sulit meningkatkan massa otot. Tetapi, atlet dengan tubuh ectomorphy cenderung memiliki keuntungan karena memiliki berat yang ringan, sehingga mereka mudah bergerak.

Alat Ukur Kinantropometri Terbaik

Untuk menunjang kebutuhan dalam melakukan segala pengukuran (mulai dari tinggi badan sampai lebar biepicondylar humerus) dengan cepat dan efektif, Solo Abadi menawarkan alat ukur kinantropometri yang bernama Portable Antropemetri Kit. Portable Antropometri Kit merupakan alat ukur kinantropometri yang dapat menghitung seluruh bagian luar tubuh manusia. Portable Antropometri Kit terdiri dari berbagai alat dengan fungsi yang berbeda-beda.  

1. Anthropometer

Anthropometer merupakan alat yang tidak asing bagi bidang olahraga, anthropometer menjadi salah satu bagian penting yang digunakan untuk mengukur tubuh manusia. Alat ini terdiri dari beberapa balok yang dapat digabungkan sesuai dengan kebutuhan tinggi pengukuran. Selain itu, pada ujung balok dapat dipasang dua sliding block yang akan digunakan untuk melakukan pengukuran area tubuh tertentu. Beberapa pengukuran yang dapat dilakukan menggunakan anthropometer sendiri adalah :

  1. Acromion Radiale Length
  2. Acromial Height Sitting
  3. Acromial Height Standing
  4. Waist Height
  5. Arm Inseam
  6. Arm lenght
  7. Cervicale Height
  8. Interscye Distance
  9. Radiale-Stylion Length

2. Sliding Caliper

Sliding caliper adalah alat yang digunakan dalam pengukuran tubuh vertikal dengan skala yang lebih kecil seperti panjang telapak tangan, panjang tangan dan lain-lain. Alat ini kami rancang secara detail agar dapat digunakan untuk mengukur area yang lebih pendek pada bagian tubuh manusia. Beberapa pengukuran yang dapat dilakukam dengan sliding caliper adalah :

  1. Neck Height Behind
  2. Malleolus height lateral
  3. Malleloulus height medial
  4. Finger length
  5. Sphyrion height
  6. Hand Length
  7. Hand Width

3. Small Spreading Caliper

Dan terakhir yaitu small spreading caliper yang digunakan dalam pengukuran tubuh yang melingkar (berbentuk lengkungan), seperti lingkar kepala, lingkar dada, lingkar tangan dan lain sebagainya. Small spreading caliper yang kami produksi memiliki jenis ujung pointed yang digunakan untuk mengukur area badan dengan lebih detail dan tanpa khawatir akan melukai bagian yang akan diukur. Beberapa pengukuran menggunakan small spreading caliper:

  1. Face breadth
  2. Head Length
  3. Total Face Height
  4. Minimum Frontal Breadth
  5. Bigonial Breadth
  6. Height of Lower Face
  7. Biepicondylar width of humerus
  8. Biepicondylar width of femur

Antropometri Kit yang kami produksi berbahan material stainless steel, sehingga tingkat kerusakan alat ukur antropometri ini sangat kecil. Selain itu, wadah Portable Antropometri Kit didesain secara khusus untuk menjaga mutu dan kualitasnya.

Cara melakukan pembelian produk Portable Antropometri Kit

Apabila kalian tertarik untuk membeli produk pengukuran kinantropometri spesial kami, kalian bisa berkunjung ke link berikut untuk melakukan ask for pice.

Atau hubungi kami dengan menekan icon whatsapp di pojok kanan bawah. Jangan ragu kalau kalian hanya ingin menanyakan harga ataupun meminta informasi yang lebih detail mengenai produk spesial kami, karena kami akan selalu melayani kalian dengan ramah.

Mari mengenal Kinantropometri lebih dalam lagi dengan menggunakan Alat Portable Antropometri Kit spesial dari SOLO ABADI.

Facebook Comments
Bagikan!