Pengukuran Antropometri di Bidang Olahraga

Penting untuk mengetahui bagaimana pengaruh olahraga yang rutin dilakukan terhadap bentuk tubuh yang dihasilkan. Olahraga bukan hanya guna menjaga kebugaran tubuh. Namun juga upaya untuk mencapai target bentuk tubuh maupun kondisi fisik tertentu. Dalam hal ini, pengukuran antropometri dibutuhkan sebelum dan sesudah berolahraga untuk mengetahui perbedaannya.

Masing-masing jenis bidang olahraga memiliki fungsi, tujuan serta kriteria masing-masing supaya memperoleh hasil yang maksimal. Misalnya saja dalam bermain basket. Postur tubuh yang lebih mendukung yaitu tinggi badan, panjang lengan tangan dan kekuatan otot. Sedangkan orang dengan betuk telapak kaki datar akan lebih disarankan untuk berlari jarak pendek dibandingkan dengan berlari jarak jauh sebab, itu akan menyebabkan risiko cedera.

Perlengkapan berolahraga sangat menunjang kegiatan berolahraga yang nyaman dan aman untuk atlet maupun non atlet, semisal memakai sepatu lari untuk jogging, memakai bra sport maupun mengenakan running shirt yang membuat kulit bernapas.

Olahraga Lari
www.pixabay.com

Pentingnya Pengukuran Antropometri di Bidang Olahraga

Antropometri adalah ilmu yang mempelajari tentang kontruksi tubuh manusia yang mencakup perkembangan tubuh manusia dari zaman ke zaman dan dimensi bagian-bagian tubuh tersebut. Pengukuran antropometri merupakan hal yang paling dasar dan tua dalam bidang olahraga. Melalui pengukuran ini kita dapat mengetahui kondisi fisik seseorang dari tipe bentuk tubuh idealnya atau dari komposisi tubuhnya.

Pengukuran fisik tersebut melingkupi perkembangan bentuk badan serta hubungannya dengan kesehatan, kekebalan suatu penyakit, sikap, kemampuan fisik dan kualitas kepribadian. Berikut merupakan pengukuran yang kerap dilakukan di bidang olahraga:

  1. tinggi badan
  2. Berat badan 
  3. Panjang bagian-bagian tubuh seperti mengukur langsung panjang lengan, panjang tungkai dll
  4. Luas badan (komposisi badan) seperti tebal lemak, tulang, otot, dan organ
  5.  Keliling badan terdiri dari dada, pinggang, pinggul, betis, dan lain-lain
www.pixabay.com

Alat-alat Pengukur Antropometri

Ilmu antropometri digunakan dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan tubuh manusia maupun peralatan kerja yang menunjang pekerjaan manusia. Dalam bidang kesehatan dan olahraga, alat antropometri yang dibutuhkan yaitu untuk mengukur indeks masa tubuh yaitu perbandingan antara berat badan dan tinggi badan, sehingga kemudian bisa diketahui komposisi tubuh yang menunjukkan status gizi seseorang.

Lebih luas lagi, pengukuran juga mencakup massa otot dan lemak. Alat antropometri yang tepat untuk digunakan dalam bidang pengukuran jenis ini yaitu antropometri kit.

Antropometri kit terdiri dari berbagai alat yaitu antropometer, small sliding spreading, large spreading calliper dan sliding calliper. Masing-masing memiliki fungsi untuk pengukuran yang detail. Antropometer lebih digunakan untuk pengukuran tubuh secara vertikal, small spreading dan large spreading digunakan untuk pengukuran tubuh yang sifatnya lengkungan/ lingkar, misalnya lingkar kepala, lingkar dada atau pun lingkar pinggang dan sebagainya. Sedangkan sliding calliper digunakan untuk pengukuran vertikal yang lingkupnya kecil, semisal panjang telapak tangan, panjang tangan dan lain-lain.

soloabadi.com
Spreading Calliper
Sliding Calliper

Antropometri kit yang kami produksi berbahan material stainless steel¸ di mana merupakan investasi waktu pemakaian jangka panjang sebab risiko kerusakannya sangat kecil. Alat ini dilengkapi dengan suitcase yang didesain secara khusus untuk menjaga kualitas dan keamanan alat antropometri. Suitcase berfungsi pula supaya alat mudah untuk dibawa kemana pun dan mengukur di mana pun.

Apabila anda tertarik untuk mengetahui produk kami, sila untuk mengklik link berikut. Produk Portable Antropometri merupakan produk alat ukur antropometri dengan kualitas terbaik di Indonesia. Dengan menggunakan standar Internasional ini, Portable Antropometri dapat menjadi pilihan terbaik sebagai alat ukur dimensi tubuh manusia yang efektif dan modern.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar