Pengaplikasian Antropometri Dalam Meningkatkan Nilai Produk

Ketika kita berbicara tentang aplikasi antropometri dalam meningkatkan nilai produk, ilmu ini memang dinilai sangat penting guna meningkatkan kedetailan ukuran sehingga mampu menaikkan tingkat kenyamanan serta keamanan suatu produk. Terlebih dalam bidang furniture seperti perancangan kursi dan perancangan meja, antropometri sangat diperlukan untuk menciptakan fasilitas kerja yang nyaman.Untuk menentukan perancangan yang baik, pastinya kamu juga harus memperhatikan kedetailan produk. Oleh karena itu, pengukuran yang cermat akan menghasilkan produk unggulan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sehingga apabila produk yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan pengguna telah terpenuhi, bukan tidak mungkin produk kamu menjadi laris dipasaran.

Dengan adanya antropomeri inilah, aplikasi ergonomi dalam pembuatan produk furniture dapat mudah dicapai. Pengukuran ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dimensi tubuh, agar produk yang dirancang lebih sesuai dan dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Pentingnya produk furniture yang nyaman

Perkembangan produk furniture pun semakin lama terus menunjukkan peningkatan. Dan hingga kini, ada banyak acuan yang dipakai oleh para produsen furniture dalam menentukan dimensi ukuran produk yang sesuai dengan pengguna. Karena apabila dalam proses pengukuran dilakukan secara asal membuat produk tidak optimal dengan aplikasi ergonomi.

Sebaiknya bukan hanya dari sisi desain saja yang harus diperhatikan tetapi kamu juga harus menitik beratkan kualitas produk dalam hal keamanan dan kenyamanan penggunaan. Selain dapat membuat pengguna berlama-lama dengan produk kamu serta mampu memberikan dampak positif bagi pengguna.

Antropometri
Contoh produk non ergonomis

Karena sebagian orang menghabiskan banyak waktu mereka yaitu dimeja dan kursi, oleh karena itu susunan furniture yang nyaman memang sangat penting. Untuk itu perhatikan kembali ketika memproduksi produk furniture, seharusnya lebih diperhatikan pada aspek ukuran populasi yang menggunakan produk tadi.

Dengan alasan tersebut ukuran sangatlah penting untuk mendapatkan nilai tambah bagi produk furniture kamu. Dan dalam hal ini aplikasi antropometri lah yang paling berperan.

lalu apa sih acuan perancangan suatu produk furniture?

Sebelum  merancang produk furniture, sudah seharusnya kamu melakukan acuan perancangan yaitu mengukur dimensi tubuh pengguna. Untuk mendapatkan data ukuran pengguna yang detail, sebaiknya kamu menggunakan kursi antropometri sebagai alat pengukur tubuh untuk mendapatkan kedetailan dalam setiap sisinya.

Secara garis besar data pengukuran kursi antropometri memiliki pedoman pengukuran sendiri. Dari beberapa metode pengukuran data bagian tubuh yang diambil diantaranya yaitu Posisi berdiri, Posisi duduk samping, serta Area wajah.

Antropometri
Contoh alat ukur kursi antropometri

Karena dengan data tersebut akhirnya dapat menentukan beberapa dimensi yang perlu diperhatikan ketika pembuatan produk furniture. Dimensi tersebut diantaranya ketinggian produk, sudut Kemiringan sandaran produk, komposisi desain yang akan direncanakan, dan keseimbangan pada perancangan produk.

Sebenarnya tidak hanya digunakan dalam produksi produk furniture saja, kursi antropometri bisa digunakan dalam pengaplikasian produk lain. Kegunaan kursi antropometri ini dalam antropologi diantaranya sebagai alat ukur praktikum desain interior, alat praktikum teknik sipil, alat ukur anatomi tubuh. Sehingga dapat diaplikasikan juga ke dalam pengukuran produk lain misalnya antropometri kursi kerja, antropometri kursi roda, dan antropometri kursi santai.

Tinggalkan komentar