Mari Mempelajari Mengenai Fungsi dan Jenis-Jenis Roda Gigi (Gear) pada Mesin

Seperti yang sebelumnya telah kami paparkan dan analisis di artikel sebelumnya, saat ini kita sekarang sudah berada di situasi era industri 4.0; sebuah kondisi di mana semua barang-barang terasa lebih modern dan terjadi kemajuan teknologi. Beberapa peralatan-peralatan juga mengalami perkembangan, misalnya saja peralatan mesin yaitu roda gigi.

Jika kita lihat ke belakang, roda gigi sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada masa roda gigi ditemukan untuk pertama kalinya, roda gigi hanya terbuat dari kayu. Pada awalnya, roda gigi dibuat untuk meminimalisir slip karena kurangnya transimisi gerakan dan tenaga pada shaft.

Dan sekarang, roda gigi sudah mengalami banyak perubahan. Mulai dari sisi geometri sampai bahan material yang disesuaikan dengan fungsi roda gigi itu nantinya. Sebelumnya, roda gigi merupakan komponen penting pada mesin yang memiliki fungsi untuk mentransmisikan putaran dari satu bagian ke bagian lainnya.

Roda gigi banyak ditemukan diberbagai gearbox atau mesin produksi seperti mesin bubut. Susunan roda gigi banyak terdapat di mesin-mesin tersebut sebagai komponen penting dengan berbagai ukuran.

Fungsi Roda Gigi

Roda gigi memiliki berbagai peranan dan fungsi penting sebagai komponen part presisi pada mesin, di antaranya:

1. Mengatur Kecepatan Putar

Roda gigi dapat mengatur kecepatan putar suatu daya, contohnya seperti yang terdapat pada mesin motor. Cara roda gigi mengatur daya tersebut yaitu dengan memberi rasio roda gigi tertentu. Dalam motor elektrik yang memiliki rpm 1400 contohnya, kita dapat menaikkan atau mengurangi rpm motor tersebut dengan memasang roda gigi dengan rasio 1:2.

2. Mentransmisikan Daya

Fungsi kedua yang terdapat pada roda gigi yaitu dapat mentransmisikan daya dengan gigi-gigi yang saling berhubungan tanpa mengakibatkan selip. Contohnya seperti yang terdapat pada mesin bubut. Motor yang terdapat pada mesin bubut tidak mungkin langsung menjadi poros utama untuk menggerakan cekam. Oleh sebab itulah diperlukan roda gigi untuk mentransmisikan dari motor ke porom dalam menggerakan cekam.

3. Mengubah Torsi

Torsi merupakan gaya putar atau gaya yang dihasilkan oleh mesin (biasanya untuk akselerasi). Definisi lainnya dari torsi yaitu hasil perkalian dari gaya dengan jarak. Dan untuk mengatur besaran atau kecilnya torsi dapat dilakukan dengan memberikan roda gigi. Semakin besar diameter pada roda gigi, torsi yang dihasilkan akan semakin besar, begitu juga sebaliknya.

4. Mengubah Arah Daya

Selain dapat mengatur kecepatan hingga mengubah torsi, keberadaan roda gigi dapat juga mengubah arah daya, contohnya seperti yang terdapat pada pintu bendungan atau waduk. Dengan adanya roda gigi, kita dapat mengubah gerak putar pintu menjadi naik dan turun disaat kita memutar handle pintunya.

Jenis-Jenis Roda Gigi

Roda gigi memiliki berbagai jenis dan ukurannya masing-masing dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut merupakan berbagai jenis dari roda gigi:

1. Roda Gigi Lurus (Spur Gear)

Roda gigi ini sering kita temukan di berbagai tempat. Roda gigi lurus terdiri dari silinder dengan gigi-gigi yang terbentuk secara radial atau berporos. Roda gigi ini hanya dapat dihubungkan secara paralel.

2. Roda Gigi Luar dan Dalam (External and Internal Gear)

Roda gigi ini terdapat di bagian dalam silinder roda gigi. Roda gigi luar memiliki gigi di luar silindernya sehingga dapat mengubah arah putarannya. Tetapi, roda gigi dalam tidak akan mempengaruhi arah putarannya. Contoh yang dapat kalian temukan dalam penerapan roda gigi ini yaitu terdapat pada lift.

4. Roda Gigi Heliks (Helical Gear)

Roda gigi ini dibuat untuk menyempurnakan roda gigi lurus atau spur gear. Roda gigi ini disebut heliks karena pada bagian giginya bersudut menyerupai heliks. Fungsi roda gigi ini yaitu untuk memindahkan gaya dari dua poros yang membentuk sudut.

5. Roda Gigi Bevel (Bevel Gear)

Roda gigi bevel memiliki bentuk seperti payung atau kerucut. Roda gigi ini memiliki fungsi untuk mentransmisikan gaya atau putaran antara dua poros yang perpotongan pada satu titik.

Sebenarnya, masih banyak lagi jenis dari roda gigi pada saat ini. Roda gigi tersebut memiliki peranan masing-masing. Dan untuk menunjang kebutuhan tersebut, SOLO ABADI dapat memproduksi roda gigi presisi yang sesuai dengan kebutuhan anda dengan jumlah banyak dan waktu yang cepat.

SOLO ABADI Sebagai Perusahaan Manufaktur

Walaupun sempat mengalami kesusahan di masa awal-awal pandemi ini menyerang Indonesia, Solo Abadi masih dapat berdiri kokoh sebagai perusahaan manufaktur guna memenuhi kebutuhan pembuatan komponen mesin presisi ataupun produk custom khusus.

Perusahaan kami masih dapat memenuhi kebutuhan kalian tanpa adanya pengurangan hasil produksi, pelayanan jasa hingga pelayanan after sales. Dengan menjunjung tagline kami yakni “We Serve You Better”, kami akan senantiasa memenuhi kebutuhan clients kami tanpa pengecualian.

Dan di tengah pandemi ini, Solo Abadi benar-benar menjaga segala proses produksi. Mulai dari penggunaan masker, menaruh hand sanitizer di setiap tempat hingga menjaga kebersihan dengan mengepel lantai dan membersihkan setiap ganggang pintu menggunakan disinfektan sudah kami lakukan setiap hari.

Jasa Pembuatan Parts Presisi dan Produk Khusus dengan Mesin CNC

Selain dapat memproduksi roda gigi presisi, Solo Abadi dapat membuatt spare-parts presisi mesin dan produk custom khusus.

Sebagai perusahaan manufaktur yang sudah berdiri selama 15 tahun, Solo Abadi sudah dipercaya oleh berbagai clients. Berikut merupakan berbagai jasa yang bisa kalian dapatkan:

  1. Jasa Bubut;
  2. Jasa Miling;
  3. Jasa Fabrikasi;
  4. Jasa Machining; dan
  5. Jasa Special Product Machine.

Apabila kalian tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Solo Abadi, kalian dapat menghubungi kami melalui link berikut. Kalian dapat juga menghubungi kami melalui nomor whatsapp kami.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar