Dampak Serius Pandemi Virus Corona (Covid 19) terhadap Kelangsungan Industri Manufaktur

Di waktu memasuki awal bulan puasa seperti ini, kebanyakan orang sudah pasti akan menyambutnya dengan penuh suka cita. Mulai dari banyak stand-stand makanan untuk buka puasa di berbagai tempat, membeli pakaian baru hingga berkunjung ke tempat keluarga tercinta. Namun, hal tersebut terasa sedikit berbeda di tahun ini karena adanya virus corona atau COVID–19.

Keberadaan virus corona yang sudah menyerang di berbagai penjuru dunia sejak awal tahun membawa banyak dampak negative di semua lini. Mulai dari industri pakaian, makanan, transportasi, wisata hingga manufaktur mengalami kerugian yang sangat besar.

Kegiatan manufaktur khususnya di Indonesia mengalami penurunan terbesar pada bulan Maret ini. Menurut survei yang dilakukan oleh IHS Markit, Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia mengalami penurunan yang semula berada di tingkat 51,9% pada bulan Februari menjadi 45,3% di bulan Maret.

Salah satu penyebab anjloknya industri manufaktur dikarenakan wabah corona yang memaksa banyak pabrik harus tutup sehingga rantai pasokan mengalami kekacauan. Angka impor bahan baku dan barang modal pun mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal tersebut menandakan bahwasannya kegiatan produksi di tanah air ini sedang benar-benar lesu.

Kebutuhan Komponen Mesin Presisi di Dunia Industri

Salah satu dampak nyata yang mengalami kerugian yaitu perusahaan-perusahaan yang membutuhkan komponen presisi guna mempertahankan perusahaan mereka. Contohnya seperti industri otomotif yang membutuhkan supplier komponen presisi hingga industri pertambangan yang membutuhkan komponen presisi untuk menjaga mesin-mesin tambang mereka.

Mereka mengalami kesusahan mendapatkan kebutuhan itu semua dikarenakan banyak perusahaan manufaktur produksi spare-parts presisi yang terpaksa tutup (bahkan hingga gulung tikar karena tidak adanya persiapan mengalami pandemi ini).

Perusahaan manufaktur yang dapat bertahan di masa seperti ini selain memiliki tabungan dan cashflow yang baik, mereka memiliki aset yang berharga. Salah satu contoh aset berhaga di masa seperti ini bagi perusahaan manufaktur yaitu menginvestasikan pendapatannya dengan upgrade ke mesin bubut atau miling CNC.

Berbagai Manfaat yang didapatkan dengan Mesin CNC

Selain dapat memproduksi komponen-komponen mesin presisi dalam jumlah besar dengan kurun waktu yang singkat, terdapat berbagai manfaat dan keunggulan yang didapatkan dengan menggunakan mesin CNC dalam proses produksi. Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan:

  1. Proses produksi dapat ditempuh dengan cepat;
  2. Tingkat ketelitian pengukuran jauh lebih akurat;
  3. Menurunkan angka kerugian (pemborosan komponen karena mengalami kegagalan);
  4. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pabrikasi jauh lebih cepat;
  5. Tidak memakan banyak tempat, dan lain-lain.

Seperti yang kita ketahui bersama, membeli sebuah mesin CNC di fase sekarang ini sangatlah susah. Oleh sebab itu, jikalau kalian membutuhkan jasa pembuatan spare-parts mesin atau special product machine / produk custom khusus dalam jumlah besar dan cepat, SOLO ABADI dapat memenuhi kebutuhan kalian.

SOLO ABADI Masih Dapat Mempertahankan Armadanya di Tengah Pandemi Ini

Walaupun sempat mengalami kesusahan di masa awal-awal pandemi ini menyerang Indonesia, Solo Abadi masih dapat berdiri kokoh sebagai perusahaan manufaktur guna memenuhi kebutuhan pembuatan komponen mesin presisi ataupun produk custom khusus.

Perusahaan kami masih dapat memenuhi kebutuhan kalian tanpa adanya pengurangan hasil produksi, pelayanan jasa hingga pelayanan after sales. Dengan menjunjung tagline kami yakni “We Serve You Better”, kami akan senantiasa memenuhi kebutuhan clients kami tanpa pengecualian.

Dan di tengah pandemi ini, Solo Abadi benar-benar menjaga segala proses produksi. Mulai dari penggunaan masker, menaruh hand sanitizer di setiap tempat hingga menjaga kebersihan dengan mengepel lantai dan membersihkan setiap ganggang pintu menggunakan disinfektan sudah kami lakukan setiap hari.

Jasa Pembuatan Parts Presisi dan Produk Khusus dengan Mesin CNC

Sebagai perusahaan manufaktur yang sudah berdiri selama 15 tahun, Solo Abadi sudah dipercaya oleh berbagai clients dan telah memproduksi ribuan spare-parts mesin dan produk custom khusus. Berikut merupakan berbagai jasa yang bisa kalian dapatkan:

  1. Jasa Bubut;
  2. Jasa Miling;
  3. Jasa Fabrikasi;
  4. Jasa Machining; dan
  5. Jasa Special Product Machine.

Apabila kalian tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Solo Abadi, kalian dapat menghubungi kami melalui link berikut. Kalian dapat juga menghubungi kami melalui nomor whatsapp kami.

Sebagai bukti keprofesionalitasan kami, berikut merupakan beberapa foto komponen yang sudah pernah kami produksi.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar