Belajar 8 Macam Jenis-Jenis Mesin CNC yang Perlu Kamu Pelajari

Mesin CNC (Computer Numerical Control) ditemukan pertama kalinya pada tahun 1952 oleh John Pearson. Mesin CNC merupakan sebuah mesin otomasi yang mampu bekerja dengan membaca program yang dibuat oleh seorang programmer. Program tersebut sering disebut dengan G-Code. G-Code kemudian dikirim dan dieksekusi oleh processor untuk menggerakkan perkakas-perkakas di dalam mesin hingga menghasilkan produk yang sesuai dengan program.

1. Mesin CNC Lathe (Bubut)

Mesin CNC bubut adalah mesin yang digunakan memproses suatu material yang berbentuk silinder. Material/benda kerja akan berputar kemudian pahat akan memotong benda kerja sesuai bentuk yang diinginkan.

Sumber : indonesian.alibaba.com

2. Mesin CNC Milling (Frais)

Mesin CNC milling merupakan mesin untuk membuat produk yang berbentuk kotak. Benda kerja akan dicekam lalu cutter akan berputar dan memotong benda kerja sesuai bentuk yang diinginkan.

Sumber : indonesian.qianglimachine.com

3. Mesin CNC Router

Mesin CNC router adalah salah satu jenis mesin yang biasanya digunakan untuk mengerjakan material kayu. Material kayu akan dipotong sesuai program yang dimasukkan.

Sumber : shopbottools.com

4. Mesin CNC Plasma Cutter

CNC plasma cutter merupakan mesin yang digunakan untuk memotong logam atau kayu secara 2 dimensi. Mesin ini tidak membutuhkan daya sebanyak mesin router. Mesin ini menggunakan obor plasma (plasma torch) untuk menembus lembaran kayu atau logam.

Sumber : imall.com

5. Mesin CNC Laser Cutter

Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) Cutting, merupakan sebuah teknologi yang menggunakan laser untuk memotong material dan biasanya diaplikasikan pada industri manufaktur. Laser cutting bekerja dengan cara mengarahkan laser berkekuatan tinggi untuk memotong material dan digunakan komputer untuk mengarahkannya.

Sumber : mesin-cnc.com

6. Mesin CNC 3D Printer

3D printer adalah mesin untuk membuat atau mencetak benda padat atau 3 dimensi dari desain yang sudah tersedia dalam format digital dan dibuat ke dalam bentuk 3D yang bisa diraba dan memiliki volume tertentu. Materal untuk 3d printer dapat berupa plastik, logam, maupun kayu.

Sumber : geekbuying.com

7. Mesin CNC Pick and Place

Mesin CNC Pick and Place memiliki beberapa nozel kecil yang memiliki fungsi untuk mengambil komponen elektronik kemudian meletakkannya pada posisi yang tepat. Mesin ini memiliki gerakan yang cepat dan mampu untuk merakit komponen elektronik menjadi suatu produk, seperti motherboard komputer, ponsel, tablet, dan lain-lain.

Sumber : kalecnc.com

8. Mesin CNC Bending

Mesin CNC bending  adalah salah satu jenis mesin CNC yang digunakan untuk menekuk sebuah material. Ada beberapa macam mesin CNC bending, diantaranya adalah mesin CNC bending plate, mesin CNC bending pipe, maupun mesin CNC bending kawat. Gambar di bawah ini merupakan gambar mesin CNC bending.

Sumber : indiamart.com

Solo Abadi Perusahaan Manufaktur di Kota Solo

Solo Abadi merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa untuk membuat berbagai macam produk, khususnya part-part presisi. Ada beberapa mesin CNC yang terdapat di Solo Abadi diantaranya adalah mesin CNC lathe (bubut), mesin CNC milling (frais), dan mesin CNC laser cutter. Mesin-mesin ini digunakan untuk membuat produk-produk pesanan pelanggan. Dengan mesin ini, dipastikan bahwa pengerjaan produk bisa cepat dan berkualitas baik.

Jika kalian berminat untuk membuat produk di Solo Abadi, silakan hubungi tim marketing kami melaui WhatsApp atau lewat link berikut ini.

Facebook Comments
Bagikan!