Alat Ukur Antropometri Modern yang Digunakan pada Laboratorium Teknik Industri

Arah perkembangan dunia yang semakin modern, membuat setiap manusia atau individu dituntut untuk semakin mengembangkan kreatifitasnya agar jauh tertinggal dari dunia modern. Hal ini berlaku pula pada berbagai bidang ilmu yang ada di dunia. Dalam artikel kali ini, kami ingin membahas mengenai modernisasi yang bisa dilakukan dalam bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Industri.

Salah satu perubahan yang dapat diciptakan guna menyambut modernisasi dalam ilmu pengetahuan dapat dilakukan dengan merubah beberapa aspek atau alat yang digunakan dalam proses pembelajaran yang ada. Salah satunya yang akan kami jelaskan adalah mengenai alat ukur yang dapat digunakan. Beberapa laboratorium Teknik industri masih menggunakan alat ukur klasik atau kontemporer dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

Perubahan kontemporer ke konvensional menciptakan suatu pembaruan yang tentu saja bersifat positif dalam hal ini. Selain itu, kami akan membahas lebih jauh mengenai alat ukur antropometri modern yang bisa digunakan dalam laboratorium Teknik Industri.

Unsur Ergonomis dalam Setiap Pembuatan Desain Produk

Alat ukur antropometri menjadi satu dari sekian banyak alat yang penting untuk digunakan. Hal ini karena Teknik Industri mempelajari mengenai desain produk maupun lingkungan yang memiliki sifat ergonomis atau mengandung unsur ergonomis. Ergonomi sendiri merupakan sebuah kondisi yang berfokus pada manusia dan interaksinya dengan produk, peralatan, fasilitas, prosedur, dan lingkungan yang digunakan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Misalnya bagaimana suatu produk dapat mempengaruhi kenyamanan dalam melakukan pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Namun, sebelum itu, apabila kamu masih ingin mengenal lebih lanjut mengenai ergonomis dalam pembuatan produk, silahkan kunjungi link berikut.

Pentingnya Penggunaan Antropometri dalam Teknik Industri

Dalam Teknik Industri, ilmu antropometri atau pengukuran tubuh manusia merupakan sebuah hal yang penting. Sebelum kita mempelajari mengenai alat yang dapat digunakan dalam melakukan pengukuran antropometri, kita harus membahas terlebih dahulu mengenai ilmu antropometri. Menurut kajian dari Chair and Institute of Industrial Engineering and Ergonomics, RWTH Aachen University, dalam kajian Teknik industri, antropometri digunakan untuk memahami desain yang ergonomis sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui kriteria dan persyaratan  dalam melakukan desain produk atau ruangan
  2. Untuk mempelajari dasar-dasar dalam pengukuran antropometri
  3. Untuk memahami kemungkinan gerakan, visi dan jangkauan analisis
  4.  Untuk mempelajari tentang metode pengukuran dan alat pengukuran yang dibantu dengan computer

Beberapa hal di atas merupakan pemaparan mengenai pentingnya pembelajaran antropometri yang dilakukan dalam Teknik Industri. Dalam hal ini, pengukuran yang dilakukan memperhatikan beberapa data yang perlu untuk diperbaharui yaitu:

  1.  Ukuran tubuh
  2.  Tinggi dan panjang tubuh
  3.  Ukuran anggota tubuh / jangkauan
  4.  Volume
  5. Corpulence
  6. Sudut gerakan

Data pengukuran yang baik bisa didapatkan dengan pengukuran antropometri yang efektif dan maksimal. Hal ini tentu saja dapat tercapai dengan efisien dengan adanya alat maupun metode yang menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif tersebut. 

Saat ini, terdapat dua alat yang dapat digunakan guna mencari data antropometri manusia yang diperlukan. Dua alat tersebut adalah:

1. Kursi Antropometri

Kursi Antropometri merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia. Alat ini dapat mengukur lebih dari 34 dimensi tubuh manusia. Alat ini menjadi salah satu alat ukur modern yang efektif. Beberapa keunggulan dari pengukuran yang menggunaan kursi antropometri adalah:

  1. Meningkatkan ketepatan dan kenyamanan produk.
  2. Menghemat waktu dalam melakukan proses pengukuran.
  3. Mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya manusia, karena dapat dilakukan hanya dengan 2 orang.
  4. Meminimalkan kesalahan pembuatan produk karena kesalahan dalam mengukur manual.
Contoh alat ukur ergonomi dalam bentuk kursi antropometri
Kursi Antropometri

2. Portable Antropometri atau Antropometri Kit

Instrumen alat antropometri yang saat ini populer adalah Portable Antropometri atau dikenal juga dengan istilah ‘Antropometri Kit’. Berbeda dengan kursi antropometri, alat ini lebih simple karena dapat di bawa dimanapun. Di samping itu, di dalam alat ini tersedia beberapa alat seperti antropometer, sliding caliper dan spreading calliper. Beberapa keunggulan  yang dimiliki oleh Portable Antropometri Set adalah :

  1.  Dapat mengukur tinggi, lebar, panjang dan kedalaman pada dimensi tubuh manusia.
  2. Terdapat empat instrument yang dapat menunjang pengukuran.
  3. Mudah digunakan karena pengukuran yang digunakan sederhana.
  4. Telah teruji ketepatan, daya tahan dan kemudahan penggunaan.
Portable Antropometri (Antropometri Kit)

Bila saat ini anda hendak mencari alat ukur antropometri modern yang dapat digunakan untuk melengkapi laboratorium Teknik milik anda. Maka, dua alat itu dapat dipilih dan disesuaikan dengan fungsi yang hendak dicapai. Keduanya memiliki keunggulan berbeda-beda. Silahkan kunjungi link ini untuk mengetahui detail mengenai kursi antropometri. Dan apabila anda tertarik untuk melihat lebih jauh mengenai spesifikasi dari portable antropometri, silahkan klik link ini.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar