Fungsi dan Keunggulan Portable Antropometri Kit

Pengukuran dimensi tubuh manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai macam instrument. Salah satu alat ukur antropometri yang populer digunakan adalah portable antropometri. Portable antropometri merupakan alat ukur antropometri yang terdiri dari beberapa bagian didalamnya. Beberapa bagian tersebut adalah:

  1. Satu Set Alat Antropometer
  2. Branches Measurement Curve
  3. Small Spreading Calliper
  4. Sliding Calliper
Portable Antropometri Kit

Alat di atas memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Dan yang terpenting, alat ini digunakan untuk kepentingan pengukuran dimensi tubuh manusia yang lebih efektif dan modern. Alat ini juga dikenal dengan Antropometri Kit jenis GPM Martin. Karena alat ini ditemukan oleh Rudolf Martin. Portable Antropometri sendiri memiliki fungsi dan kegunaan yang beragam. Selain itu, instrument ini juga seringkali digunakan dalam Bidang Kesehatan.

Kegunaan Portable Antropometri dalam Bidang Kesehatan

Pengukuran antropometri dalam bidang kesehatan merupakan sebuah keharusan dan menjadi urgensi yang penting. Dalam bidang kesehatan, pengukuran antropometri dilakukan secara berkala. Seringkali, pengukuran antropometri digunakan dalam penelitian  secara berkala. Selain ini digunakan untuk mengetahui data dari suatu populasi dengan syarat tertentu.

Fungsi dari pengukuran antropometri dalam bidang kesehatan adalah :

  1. Mengetahui perkembangan tubuh populasi yang diteliti
  2. Data yang dapat digunakan dapat dianalisis terkait dengan status gizi yang mempengaruhi pertumbuhan atau berkembangan
  3. Digunakan sebagai acuan dalam pembuatan produk massal yang ergonomis
  4. Membantu menemukan variable-variable yang berhubungan dengan perkembangan atau pertumbuhan dimensi manusia.

Beberapa fungsi di atas dapat tercapai dengan baik apabila pengukuran antropometri tersebut digunakan dengan menggunakan antropometri kit atau portable antropometri. Hal ini karena dalam satu set Portable Antropometri, terdapat beberapa alat yang ada didalamnya. Alat alat ini dapat mewakili seluruh pengukuran yang dibutuhkan, seperti pengukuran tinggi tubuh, pengukuran pada kepala dan pengukuran pada bagian yang melintang. Beberapa foto dibawah ini adalah pengukuran yang dilakukan menggunakan alat-alat dalam Portable Antropometri Set.

Pengukuran Kepala Menggunakan Spreading Calliper
pengukuran-wajah-antropometri
Pengukuran Wajah Menggunakan Sliding Calliper
Pengukuran Tinggi Menggunakan Antropometer
Pengukuran Menggunakan Antropometri dan Branches Measurement Curve

Fungsi dan Keunggulan dari Portable Antropometri

Setelah mengenal mengenai fungsi yang terdapat dalam Portable Antropometri, terutama dalam bidang kesehatan. Keunggulan dari Portable Antropometri sendiri adalah sebagai berikut:

1. Dapat mengukur tinggi, lebar, panjang dan kedalaman pada dimensi tubuh manusia.

Dalam set alat ukur antropometri, tidak hanya tinggi maupun lebar yang bisa diukur. Namun juga kedalaman dari suatu objek. Selain itu, alat ini tidak hanya bisa mengukur dimensi tubuh yang berbentuk lurus namun melengkung atau melintang. Sehingga alat

2. Terdapat empat instrument yang dapat menunjang pengukuran.

Seperti yang telah disebutkan, alat ini terdiri dari empat instrument yang saling melengkapi satu sama lain. Alat-alat ini dibuat dengan mementingkan presisi yang sesuai. Selain itu, bahan masing-masing alat adalah stainless steel

3. Mudah digunakan karena pengukuran yang digunakan sederhana.

Instrumen Portable Antropometri merupakan istrumen yang dapat digunakan oleh siapapun. Hal ini karena pengguaannya yang memang dibuat untuk lebih friendly. Selain itu, koper yang melengkapi alat ini membuat pengukuran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Alat ini akan sangat pas digunakan dalam pengukuran terutama dalam bidang penelitian kesehatan.

4. Telah teruji ketepatan, daya tahan dan kemudahan penggunaan.

Portable Antropometri telah teruji ketahanan dan daya tahan pula. Bahan pembuatan dari instrument ini sendiri merupakan stainless steel mulai dari antropometer, branches measurement curves, sliding calliper dan spreading calliper. Selain itu, penggunaanya juga lebih mudah dibanding alat lain karena bentuknya yang sederhana dan simple.

Beberapa hal di atas merupakan fungsi dan kegunaan dari Portable Antropometri atau Antropometri Kit.

Apabila  kamu tertarik untuk mengetahui mengenai harga maupun spesifikasi dari portable antropometri silahkan klik link disamping. Lengkapi laboratorium kesehatanmu menggunakan Portable Antropometri dari Solo Abadi.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar