Bahaya Mengupas Batang Rokok yang Rusak Secara Manual

Mengupas atau mengoncek rokok secara manual jelas bukan tanpa risiko. Puluhan karyawan industri rokok setiap hari bergelut dengan aktivitas mengupas batang-batang rokok yang mengalami kerusakan. Para karyawan pabrik rokok itu mengupas rokok secara manual dengan menggunakan pisau.

Di sela-sela melakukan pekerjaan mengupas rokok, tak jarang para karyawan asyik mengobrol. Fokus para karyawan tidak hanya pada kegiatannya mengupas rokok untuk memisahkan ambri dengan tembakau dan cengkeh, tetapi juga bercerita atau menyimak cerita rekan kerjanya. Sementara aktivitas mengupas rokok tidak boleh berhenti. Jadilah para karyawan itu mengupas rokok sambil berbagi cerita.

Karyawan pabrik rokok SKT
Karyawan pabrik rokok SKT (Sumber gambar: flickr)

Aktivitas mengupas rokok dengan pisau jelas berbahaya. Apalagi ditambah dengan kegiatan mengobrol para karyawan di sela-sela melakukan pekerjaan. Pisau yang digunakan untuk mengupas batang rokok bisa saja meleset dan mengenai tangan karyawan. Akibatnya, karyawan mengalami kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja yang dialami para karyawan otomatis menjadi tanggung jawab perusahaan.

Perusahaan rokok sebaiknya menelaah ulang apakah proses mengupas rokok secara manual sudah merupakan pilihan tepat dalam kegiatan produksi rokok SKT. Apabila ditinjau dari segi efisiensi dan efektivitas, terlebih di era kemajuan teknologi dan informasi seperti saat ini, aktivitas mengupas rokok secara manual jelas bukan pilihan yang tepat.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Para Karyawan

Dalam dunia industri rokok, produksi rokok jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) dikenal sebagai lini produksi padat karya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Oleh karena itu, sampai kapanpun industri rokok SKT tetap dibutuhkan keberadaannya.

Industri rokok SKT berperan aktif dalam mengurangi jumlah pengangguran. Di sisi lain, industri padat karya dengan jumlah karyawan mencapai ribuan juga memiliki beban tersendiri. Dibutuhkan pengelolaan yang memadahi, termasuk mengenai kesehatan dan keselamatan kerja para karyawan.

Keselamatan kerja merupakan hal yang sungguh penting baik dalam sektor industri tradisional maupun modern. Sudah seharusnya perusahaan-perusahaan menerapkan standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Sepanjang tahun 2018, BPJS Ketenagakerjaan mengantongi data kasus kecelakaan kerja sebanyak  157.313 kasus yang terdiri dari kecelakaan tingkat ringan sampai kematian (lionindonesia.org).

Umumnya, ada dua penyebab kecelakaan kerja. Pertama, tindakan pekerja yang tidak memenuhi kaidah keselamatan. Kedua, lingkungan kerja yang tidak aman. Angka kecelakaan kerja yang disebabkan oleh tindakan pekerja atau human error bahkan mencapai 80 – 85 %

Keuntungan Menggunakan Mesin Kupas Rokok

Perusahaan rokok sebaiknya menelaah ulang apakah proses mengupas rokok secara manual sudah merupakan pilihan tepat dalam kegiatan produksi rokok SKT. Apabila ditinjau dari segi efisiensi dan efektivitas, terlebih di era kemajuan teknologi dan informasi seperti saat ini, aktivitas mengupas rokok secara manual jelas bukan pilihan yang tepat.

Industri rokok SKT mulanya adalah lini industri yang sebagian besar proses produksinya dilakukan secara manual. Meskipun demikian, kini industri ini tidak bisa mengelak dari berbagai macam pembaruan teknologi.

Mesin-mesin penunjang proses produksi rokok SKT terus bermunculan membawa misi efisiensi dan efektivitas. Selain menjadikan pekerjaan menjadi efektif dan efisien, mesin-mesin rokok SKT hadir untuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja pada karyawan.

Industri di era kemajuan teknologi
Industri di era kemajuan teknologi (Sumber gambar: pixabay)

Mesin Kupas atau Sudet Rokok Terbaik

Mesin kupas atau sudet rokok
Mesin kupas atau sudet rokok

Salah satu mesin penunjang yang dapat digunakan untuk proses produksi rokok SKT adalah mesin kupas rokok atau mesin sudet rokok. Penggunaan mesin kupas rokok akan menghindarkan para karyawan dari kecelakaan kerja akibat pekerjaan mengupas rokok secara manual. Selain itu, penggunaan mesin kupas rokok akan membuat pekerjaan mengupas batang-batang rokok yang rusak lebih cepat selesai. Akhirnya, para karyawan yang sebelumnya bertugas mengupas batang rokok yang rusak bisa dialihkan ke jenis pekerjaan lain.

Solo Abadi menawarkan mesin kupas rokok dengan spesifikasi terbaik. Mesin kupas atau sudet rokok itu bernama Mesin Light Cigarettes Slitting. Mesin kupas rokok ini memiliki banyak keunggulan. Ukuran mesin yang relatif ringan membuat mesin ini mudah dipindah dari satu tempat ke tempat lain. Mesin kupas rokok ini juga tergolong hemat daya. Apabila Anda tertarik mengetahui keunggulan-keunggulan lain dari mesin kupas atau sudet rokok ini silakan klik tautan berikut.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar