Jenis Pengukuran Antropometri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, antropometri memiliki peran penting dalam beberapa bidang, misalkan dalam bidang perancangan industri, desain pakaian, ergonomi, dan arsitektur. Dalam bidang-bidang tersebut, data mengenai distribusi dimensi tubuh dari suatu populasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang optimal, nyaman dan aman digunakan. Selain itu, antropometri akan terus digunakan karena perubahan dimensi tubuh manusia yang bersifat terus menerus.Perubahan ini didorong karena perkembangan gaya kehidupan sehari-hari, nutrisi, dan komposisi etnis dari masyarakat dapat membuat perubahan dalam distribusi ukuran tubuh (misalnya dalam bentuk epidemik kegemukan), sehingga kemudian dibutuhkan perhitungan berkala mengenai data antropometri yang diperlukan.

Alat yang digunakan untuk mengukur antropometri tubuh manusia

Sebelum mengetahui mengenai jenis pengukuran antropometri, maka terlebih dahulu kita akan membahas menangani alat ukur yang digunakan dalam pengukuran dimensi tubuh manusia. Dalam melakukan pengukuran antropometri, terdapat dua alat yang digunakan. Alat ini mampu membantu seseorang untuk mengukur dimensi tubuh dengan lebih cermat. Saat ini, ada dua alat yang digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia, yakni:

1. Kursi Antropometri

Alat ukur lain yang biasanya digunakan dalam mengukur ruang lingkup dimensi tubuh manusia adalah Kursi Antropometri. Beberapa tahun yang lalu, kursi antropometri terbuat dari bahan kayu yang sangat konvensional. Sehingga terkadang bisa terjadi kesalahan dalam perhitungan. Kendati demikian, saat ini telah dibuat kursi antropometri yang lebih modern dengan menggabungkan teknologi listrik dalam perhitungannya. Sehingga meskipun pengukuran dilakukan secara manual. Namun, perhitungan yang dihasilkan akan sesuai dengan perhitungan yang dilakukan.

Pengukuran Kursi Antropometri
Antropometri pengaplikasian ilmu ergonomi
Desain Kursi Antropometri

2. Portable Antropometri / Anthropometer Kit

Selain kursi antropometri, dalam melakukan pengukuran antropometri tubuh manusia, kita juga bisa menggunakan alat antropometri portable. Biasanya alat portable  antropometri atau yang dikenal pula dengan anthropometry measurement kit, merupakan alat alat yang terdiri dari antropometer, sliding caliper, spreading caliper dan juga jangka sorong. Alat ini sangat praktis untuk digunakan dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Portable Antropometri biasanya digunakan untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan kerja. Keunggulan dari portable antropometri pun berbeda pula dengan kursi antropometri yang ada di atas. Selain itu, untuk mengenali klasifikasi Portable Antropometri Kit silahkan kunjungi link yang ada disini.

Portable Antropometri
Set Alat Ukur Antropometer Kit
Portable Antropometri / Athropometry Measurement Kit

Kemudian, ada berapa jenis pengukuran antropometri saat ini?

Setelah membahas mengenai alat yang digunakan dalam mengukur dimensi tubuh manusia. Maka, selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis atau cara yang digunakan untuk mengukur antropometri. Dua cara ini disesuaikan dengan kebutuhan data yang akan digunakan nantinya. Berikut merupakan jenis pengukuran antropometri saat ini:

1. ANTROPOMETRI STATIS

Antropometri statis dapat diartikan dengan perhitungan dimensi struktur tubuh. Antropometri statis merupakan pengukuran tubuh dalam posisi diam atau posisi statis. Dimensi tubuh yang diukur dengan posisi tetap antara lain berat badan, tinggi badan, ukuran kepala, panjang lengan dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dimensi tubuh manusia diantaranya :

1. Umur

2. Jenis kelamin

3. Suku bangsa

4. Pekerjaan

Sebelumnya telah dibahas mengenai faktor yang mempengaruhi dimensi tubuh manusia, dan mengapa variable di atas yang digunakan.

2. ANTROPOMETRI DINAMIS

Bila antropometri statis berhubungan dengan perhitungan dengan bentuk tubuh ketika diam. Maka sesuai dengan namanya, antropometri dinamis berhubungan dengan pengukuran keadaan maupun ciri-ciri fisik seseorang dalam keadaan bergerak atau memperhatikan gerakan-gerakan yang mungkin terjadi saat pekerjaan tersebut melaksanakan kegiataannya.

Terdapat tiga bentuk pengukuran dinamis yaitu:

1. Pengukuran tingkat keterampilan sebagai pendekatan untuk mengerti bagaimana keadaan mengenai cara kerja dari suatu aktivitas dalam pekerjaan dan lain sebagainya.

2. Pengukuran jangkauan ruangan yang dibutuhkan saat kerja. Hal ini berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan dalam pekerjaan. Misalkan bagi pegawai pabrik, tentunya jangkauan karyawan ke alat mesin akan sangat berpengaruh.

3. Pengukuran variabilitas kerja, yang didasarkan pada aktivitas apa saja yang dilakukan dalam mekanisme kerja seseorang.

Pengukuran Antropometri bertujuan untuk mengetahui bentuk dimensi tubuh manusia, agar peralatan yang dirancang lebih sesuai dan dapat memberikan rasa nyaman serta menyenangkan. Selain itu, hal ini berpengaruh dengan upaya manusia untuk membuat produk massal. Di mana selain itu, produk diharapkan dapat memiliki nilai ergonomi yang tinggi.

Bagi para pembaca yang berniat untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pengukuran antropometri secara lebih detail. Maka lebih disarankan untuk memiliki alat yang berfungsi untuk mengukur antropometri tubuh tersebut. Saat ini, alat yang populer digunakan adalah kursi antropometri. Apabila pembaca tertarik, kami menjual kursi antropometri yang telah didesain dengan lebih modern dan menarik. Kami juga memiliki produk baru portable antropometri yang merupakan salah satu produk terbaik bagi pengukuran dimensi tubuh manusia.

Untuk penawaran kursi, silahkan klik tautan ini untuk melakukan pembelajaan kursi antropometri. Apabila anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai portable antropometri, silahkan klik tautan ini. Karena pembelajaran yang efektif adalah dengan menggunakan peralatan asli dalam pembelajaran tersebut.

Facebook Comments
Bagikan!

Satu pemikiran pada “Jenis Pengukuran Antropometri”

Tinggalkan komentar