Pentingnya Perusahaan Rokok Menggunakan Kode Produksi pada Bungkus Rokok

Beberapa orang yang ingin terjun di industri rokok biasanya melupakan atau tidak tahu-menahu mengenai pentingnya memberikan kode produksi atau code dater pada bungkus rokok yang akan mereka buat.

Mereka hanya memikirkan tentang tembakau yang akan digunakan, filter yang sesuai dengan kebutuhan mereka, hingga mesin yang dapat memasukkan tembakau secara otomatis pada batang rokok. Padahal, kode produksi merupakan hal penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kode Produksi Rokok
(Sumber : reviewrokok)

Pentingnya Kode Produksi pada Bungkus Rokok

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, kode produksi merupakan tanggal yang menginformasikan mengenai kapan produksi rokok tersebut dilakukan. Hal tersebut sebagai tanda apakah rokok tersebut masih terasa enak untuk dikonsumsi atau tidak.

Sebetulnya, masih terdapat perdebatan antara rokok itu memiliki masa kadaluarsa atau tidak. Banyak yang beranggapan kalau rokok bisa dikonsumsi kapanpun itu selama bungkus rokok tetap tersegel dengan rapat. Sehingga, angin tidak akan bisa masuk ke dalam bungkus rokok.

Namun, bagi para perokok aktif yang sedang membaca artikel dari kami, apakah kalian pernah merasakan rokok yang kode produksinya sudah lama? Pasti kalian merasakan tidak enak pada saat mengonsumsinya; bisa dengan merasakan pahit ataupun tidak enak di tenggorokan.

Berbagai Fakta Pentingnya Kode Produksi pada Bungkus Rokok

Oleh sebab itulah kode produksi penting untuk dicantumkan bagi para perusahaan atau pengusaha yang ingin terjun di industri rokok. Selain penting bagi para calon konsumen kalian, terdapat berbagai alasan lainnya yang perlu kalian perhatikan:

1. Kode Produksi sebagai Pencatatan Produksi

Sebagai perusahaan yang ingin berkembang dengan pesat di industri rokok, tentunya kalian membutuhkan kode produksi guna mencatat proses produksi di pabrik kalian. Mulai dari proses produksi, keluar-masuknya rokok dari gudang, dan lain sebagainya.

Karenanya, kode produksi sangat diperlukan agar sistem ataupun flow dalam gudang kalian dapat berlangsung dengan baik. Sehingga, kalian dapat memproduksi rokok dengan kualitas yang terjaga.

2. Konsumen Berhak Mengetahui Kode Produksi Rokok

Setiap konsumen baik yang sudah menjadi pelanggan tetap ataupun calon pelanggan memiliki hak untuk mengetahui apakah rokok yang mereka konsumsi itu masih layak untuk mereka terima atau tidak.

Walaupun masih ada yang beranggapan kalau rokok tidak memiliki kadaluarsa, tetapi rokok yang sudah jauh dari masa produksi terasa tidak nikmat untuk dikonsumsi. Hak mereka pun dilindungi peraturan pada UU No. 8 Tahun 1999 Pasal 1 tentang Perlindungan Konsumen. 

3. Tercantum dalam Peraturan Kepala badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2013 Pasal 6 Ayat 3

Tahukah kalian, bahwasannya Pemerintah Indonesia sudah membuat peraturan bahwasannya setiap bungkus rokok yang diproduksi dan diedarkan di Indonesia harus memiliki kode produksi?

Hal tersebut tercantum pada Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2013 tentang Pengawasan Produk Tembakau yang Beredar, Pencantuman Peringatan Kesehatan dalam Iklan dan Kemasan Produk Tembakau dan Promosi.

Dalam peraturan tersebut, tepatnya pada Pasal 6 disebutkan bahwasannya pada bungkus rokok harus dicantumkan hal-hal berikut :

  • Gambar dan tulisan tentang peringatan kesehatan;
  • Informasi kandungan kadar nikotin dan tar;
  • Pernyataan tentang “Dilarang menjual atau memberi anak berusia di bawah 18 tahun dan perempuan hamil”;
  • Kode produksi;
  • Tanggal, bulan, dan tahun produksi; dan lain sebagainya.

Mesin Pemberi Kode Produksi Otomatis

Seperti yang sudah kita pahami bersama, kode produksi atau code dater adalah hal yang mutlak bagi kalian yang ingin terjun di industri rokok. Selain karena sudah diatur dalam peraturan pemerintah, kode produksi memiliki peranan penting bagi keberlangsungan proses produksi rokok kalian hingga untuk kenyamanan konsumen.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Solo Abadi menyediakan mesin pemberi kode produksi atau code dater secara otomatis bernama Light Emboss.

Light Emboss : Mesin Pemberi Kode Produksi Otomatis

Mesin Light Emboss dari Solo Abadi merupakan mesin yang kami garap secara serius guna memenuhi kebutuhan kalian dalam memberikan kode produksi pada bungkus rokok dengan mudah dan cepat.

Dengan berbagai pengalaman yang sudah Solo Abadi lalui sejak tahun 2005, sudah banyak customers dan clients di industri rokok yang meggunakan mesin pemberi kode produksi dari kami. Mulai dari PT. Gudang Garam Tbk, PT. Karyadibya Mahardika, hingga PT. Panen sudah menggunakan Light Emboss dari kami.

Light Emboss : Mesin Pemberi Code Dater Otomatis

Pesan Light Emboss by Solo Abadi Sekarang Juga!

Jika kalian tertarik dengan mesin pemberi kode produksi pada bungkus rokok secara otomatis dari kami, kalian bisa mendapatkannya dengan mudah:

  1. Kunjungi Link Berikut untuk Mengisi Form Ask For Price dari Kami; atau
  2. Hubungi WhatsApp kami di nomor 62851-0088-8111.

Jangan ragu jika kalian hanya ingin bertanya-tanya terlebih dahulu. Dengan menerapkan tagline “Kreatif Bekerja, Ikhlas Melayani,” kami akan selalu melayani segala kebutuhan kalian.

Facebook Comments
Bagikan!