Pentingnya Pengukuran Bayi untuk Mendeteksi Stunting Sejak Dini

Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel-artikel mengenai stunting sebelumnya, salah satu cara penting atau krusial yang berguna untuk menurunkan Angka Stunting pada bayi Indonesia, adalah dengan mendeteksi stunting secara mandiri adalah dengan mengukur dirumah masing-masing. Mengingat angka stunting yang ada di negera Indonesia saat ini masih sangat tinggi, dimana satu dari tiga anak di Indonesia mengalami masalah stunting.

Seorang anak yang menderita stunting kemungkinan besar juga akan berisiko mengalami kurangnya kemampuan kognitif yang menyebabkan anak kurang cerdas. Oleh karenanya, kita harus dapat mendeteksi stunting.

Salah satu cara untuk mendeteksi stunting adalah dengan melakukan pengukuran pada anak secara berkala dari rumah masing-masing dengan menggunakan alat yang baik dan tepat.

Semakin cepat stunting dideteksi, maka semakin cepat juga upaya pencegahan dan penanganan dapat diberikan.

Mengapa Pengukuran Penting untuk Mendeteksi Stunting?

Stunting adalah kondisi ketika anak lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya, atau dengan kata lain, tinggi badan anak berada di bawah standar. Standar yang dipakai sebagai acuan adalah kurva pertumbuhan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Maka dari itu, stunting sangat identik sekali dengan tinggi badan dan berat badan. Apabila anak terdeteksi tinggi badannya tidak sesuai dengan batas normal yang telah ditetapkan oleh WHO, maka anak tersebut masuk kedalam kategori anak yang menderita stunting.

Maka dari itu, yuk kita lakukan pencegahan dan penanggulangan stunting dengan melakukan pengukuran secara berkala terhadap anak!

Alat Ukur Apa yang Tepat untuk Mendeteksi Stunting?

Seiring berkembangnya teknologi, kini banyak perusahaan yang berinovasi untuk menciptakan alat pendeteksi stunting yang lebih modern dan akurat. Alat ukur yang digunakan tentu saja harus sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI No.2 Tahun 2019.

Alat ukur yang digunakan dapat berupa timbangan berat badan, stadiometer, alat ukur lingkar lengan dan kepala, tikar pertumbuhan, dan infant ruler yang mana telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa cepat dan tepat mendeteksi stunting pada balita sesuai umur dan jenis kelaminnya.

Dengan dilakukannya pengukuran secara rutin, maka akan membantu pemerintah untuk melakukan pencegahan dan penanganan dalam menurunkan Angka Stunting di Indonesia.

Jual Produk Stunting Kit Terbaik di Dunia!

Dalam rangka menurunkan angka stunting di Indonesia, Solo Abadi menyediakan alat-alat untuk mendeteksi stunting pada anak yang tentunya dapat bekerja dengan cepat, tepat, dan akurat.

1. Tikar Pertumbuhan

Tikar pertumbuhan merupakan alat ukur yang digunakan untuk membantu kita memvisualisasikan perkembangan dan pertumbuhan anak hingga usia 21 bulan. Alat ini juga digunakan oleh Instansi Kesehatan untuk membantu mendeteksi stunting sejak dini.

Terbuat dari bahan flexi berkualitas dan dilengkapi dengan akrilik pada pembatas kepala, alat ini awet untuk digunakan dan aman untuk mengukur sang buah hati. Desain tikar yang beragam juga menambah keindahan dari tikar pertumbuhan.

2. Infant Ruler

Alat ukur pengukur panjang badan bayi (infant ruler) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan badan bayi hingga 99 cm.

Alat ini diproduksi menggunakan bahan berkualitas yang mudah dibersihkan, dan juga lembut untuk dipakai sehingga aman untuk sang buah hati. Infant ruler dapat digulung sehingga menghemat ruang penyimpanan. Selain itu, tersedia tas ekslusif sehingga alat ini mudah dibawa kemana saja.

3. Paket Antropometri Kit-SK

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Apabila Kalian tertarik dengan produk Kami dan ingin mengetahui informasi detail terkait produk stunting kit, silahkan kunjungi website kami.

Selain itu, jika kalian ingin melakukan pembelian atau sekedar ingin bertanya terkait produk, Kalian dapat menghubungi Kami melalui Whatsapp di nomor 62851 – 0088 – 8111.

Maka dari itu, yuk kita mulai melakukan pengukuran secara berkala pada anak agar dapat dilakukan pencegahan dan penanganan yang tepat untuk mencegah stunting!

Facebook Comments
Bagikan!