Penggunaan Antropometri untuk Mengetahui Performa Atlet Bola Basket

Olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hingga menjaga kebugaran jasmani, kesehatan, dan juga prestasi. Salah satu olahraga yang terkenal di seluruh dunia dan kemudian banyak digemari adalah olahraga bola basket.

Cabang olahraga populer ini sangat digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Saking terkenalnya bola basket, olahraga ini juga digunakan sebagai ajang kompetisi baik nasional maupun internasional.

Oleh karena itulah banyak orang yang menjadi atlet bola basket. Untuk dapat menjadi seorang atlet, pemain bola basket harus dapat bermain dengan profesional dan memiliki postur tubuh serta kondisi fisik yang baik.

Apa yang Menjadi Penentu Performa Atlet Bola Basket?

Olahraga bola basket adalah olahraga yang cepat, dinamis, dan berintensitas tinggi dengan tempo yang terus berubah antara menyerang dan bertahan.

Selain itu, bola basket juga membutuhkan kecepatan, akselerasi, gerakan eksplosif, energi andanaerobik / aerobik untuk melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi seperti rebound, passing, jumping, shooting, fast-breaking, dan melakukan permainan kecepatan tinggi.

Oleh karenanya, ukuran fisik seorang atlet akan menentukan performa atlet tersebut serta posisi bermain dalam sebuah tim. Karena postur tubuh, stuktur badan dan fisik yang baik merupakan salah satu hal penunjang yang sangat penting bagi seseorang agar bisa menjadi seorang atlet.

Hubungan Pengukuran Antropometri dan Performa Atlet Bola Basket

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, pengukuran antropometri adalah pengukuran dimensi tubuh manusia yang dilakukan secara berkala.

Pengukuran antropometri dapat dilakukan dalam bidang kesehatan, teknik industri, dan bidang olahraga itu sendiri. Masing-masing bidang mempunyai keperluan tersendiri untuk penerapan ilmu antropometri.

Dalam tahap seleksi pemain bola basket, penting sekali melakukan pengukuran tubuh para pemain untuk mengetahui kondisi tubuh hingga layak tidaknya dalam memenuhi kualifikasi penerimaan atlet bola basket sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Hal tersebut juga dapat digunakan sebagai acuan para pelatih dalam melakukan program pelatihan yang sesuai dengan kondisi tubuh para atlet serta menyesuaikan penempatan pemain pada lapangan bola basket.            

Dengan begitu, para pelatih dapat mengatur posisi pemain yang paling tepat untuk mengatur strategi permainan. Oleh karena itu, pengukuran antropometri sangat berpengaruh dalam peningkatan performa para atlet.

Pengukuran Antropometri pada Atlet Olahraga Bola Basket

Seorang atlet olahraga bola basket harus melakukan pengukuran pada anggota tubuh mereka sebagai acuan pelatihan dan memposisikan pemain sesuai dengan kondisi tubuhnya. Pengukuran atlet bola basket meliputi :

1. Pengukuran Tinggi Badan

Tinggi badan adalah hal yang utama bagi para atlet olahraga bola basket. Olahraga ini sendiri identik dengan pemainnya yang berbadan tinggi. Tinggi badan juga akan menentukan para pemain apakah layak atau tidak sesuai dengan aturan dan kriteria untuk menjadi seorang atlet.

Dalam pengukuran tinggi badan, pemain diukur tanpa mengenakan alas kaki. Berdiri tegak dengan punggung menempel dinding, dagu ditekuk ke dalam sedikit.

2. Pengukuran Berat Badan

Pengukuran ini digunakan untuk mendeteksi pemain sesuai dengan aturan dan kriteria batas maksimum berat badan seorang atlet.

Dalam pengukuran berat badan, pemain mengenakan pakaian seminim mungkin dan pada saat penimbangan, pemain tidak boleh mengenakan alas kaki.

3. Pengukuran Rentan Lengan

Seorang atlet bola basket tentu saja sering menggunakan lengan mereka pada saat melakukan teknik passing, dribbling, shooting, dll. Oleh karena itu, pengukuran lengan juga sangat penting sekali bagi atlet bola basket.

Dalam pengukuran lengan, pemain berdiri dengan posisi anatomi pada lantai yang datar tanpa mengenakan alas kaki. Panjang lengan diukur dari acromion sampai dengan ujung jari tengah.

4. Pengukuran Panjang Kaki Kanan/ Kiri

Dalam pengukuran panjang kaki kanan/ kiri, dapat diukur dari ujung jari kaki paling panjang, hingga ujung tumit paling belakang.

5. Pengukuran Panjang Telapak Tangan

Dalam pengukuran panjang telapak tangan, dapat diukur dari ujung jari manis turun ke lipatan pinggir telapak tangan yang paling rendah.

Alat Ukur yang Tepat untuk Atlet Olahraga Bola Basket

Untuk melakukan pengukuran tubuh pada seorang atlet bola basket, maka harus menggunakan alat ukur yang baik dan tepat guna menunjang pengukuran agar lebih maksimal.

Salah satu alat ukur yang dapat digunakan untuk atlet bola basket adalah portable antropometri, salah satu brand antropometri dari Solo Abadi.

Mengapa Harus Portable Antropometri?

  1. Portable antropometri dapat melakukan pengukuran antropometri dengan hati-hati dengan tepat;
  2. Instrumen ini menawarkan kemampuan pengukuran lebih dari 100 pengukuran;
  3. Bentuknya yang portable membuat alat ini dapat digunakan tak terbatas waktu dan dan dilakukan di mana saja.

Tertarik untuk Membeli Produk Portable Antropometri?

Jika kalian tertarik dan membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai detail produk dari Portable Antropometri Complete Set Series dari Solo Abadi, kalian dapat mengunjungi laman berikut ini.

Selain itu, kalian bisa langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 62851 – 0088 – 8111. Jangan khawatir jika kalian hanya ingin bertanya mengenai harga ataupun lainnya, karena kami akan melayani kalian.

Facebook Comments
Bagikan!