Bersama Melawan Stunting dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19

Sekarang ini, Indonesia sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang menjadi masalah serius bagi negara-negara di dunia. Pada saat yang bersamaan, Indonesia juga masih dihadapkan pada tantangan gizi buruk, khususnya permasalahan stunting yang setiap tahun semakin meningkat.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa Indonesia menduduki urutan kelima negara terbesar dengan tingkat stunting yang tinggi. Padatahun 2020 menunjukkan bahwa Prevalensi Stunting Indonesia mencapai 30,8%.

Pemerintah Indonesia mempunyai target untuk menurunkan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024 yang akan datang. Akan tetapi, memang tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 semakin merajalela dan berdampak besar bagi Indonesia.

Maka dari itu, setiap rumah tangga sangat berperan aktif dalam menurunkan angka stunting pada masa pandemi seperti ini. Hal yang perlu dilakukan untuk mencegah stunting dan tetap aman walaupun pada masa pandemi Covid-19 adalah :

1. Deteksi Pertumbuhan Anak dari Rumah Masing-Masing

Karena pandemi yang masih terjadi, Pemerintah membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengharuskan semua masyarakat untuk stay at home dan selalu menjaga jarak di mana pun.

Hal tersebut berdampak pada kegiatan posyandu yang biasanya dilakukan setiap dua minggu sekali. Walaupun begitu, kegiatan memantau tumbuh kembang sang buah hati saat di posyandu tidak boleh berhenti!

Kalian dapat melakukannya di rumah masing-masing secara mandiri dengan memakai alat Antropometri Kit. Alat yang kalian butuhkan seperti timbangan berat badan, alat ukur panjang atau tinggi badan, dan alat ukur lingkar lengan.

2. Edukasi Diri tentang Pencegahan Stunting

Karena banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah selama masa pandemi ini, tentu kebanyakan dari kita akan lebih sering untuk melihat smartphone kita; baik itu untuk bermain sosial media ataupun hanya berselancar di internet.

Dari pada hanya menghabiskan waktu untuk bermain seperti itu, alangkah baiknya kalau kita mengedukasi diri, khususnya mengenai stunting. Dengan mudahnya mengakses sebuah informasi di masa sekarang, kita bisa mendapatkan ilmu tentang mendeteksi hingga mencegah stunting dengan mudah.

Setelahnya, kita juga bisa membagikan ilmu yang sudah dipelajari tentang penanganan stunting dengan mudah menggunakan sosial media. Harapannya, agar semua kalangan baik yang muda hingga dewasa paham tentang stunting

3. Selalu Mengonsumsi Makanan Penuh Gizi pada Anak dan Kampanye Hidup Bersih nan Sehat

Salah satu penyebab utama stunting adalah asupan gizi yang kurang pada anak. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, terutama untuk anak.

Jikalau memang terasa sulit karena faktor ekonomi, Pemerintah seharusnya ikut turun tangan. Mereka harus memiliki program untuk membantu dan memastikan kalau setiap rumah dapat menerima makanan yang penuh gizi.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Contohnya seperti selalu membersihkan lingkungan, baik di dalam rumah ataupun sekitar rumah.

Tingkatkan Kesadaran Diri untuk Mencegah Stunting Sejak Dini

Dengan menerapkan cara-cara di atas, kita dapat membantu pemerintah untuk menurunkan tingkat stunting di Indonesia. Karena untuk memulai sesuatu yang besar, maka harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu.

Oleh karena itu, mari kita saling bahu-membahu dengan cara menumbuhkan kesadaran diri dalam mencegah stunting. PANDEMI COVID-19 BUKANLAH ALASAN UNTUK DAPAT MENYEPELEKAN DAN MENGESAMPINGKAN MASALAH STUNTING.

Deteksi Stunting dengan Alat Ukur Antropometri yang Tepat!

Untuk menghentikan tingginya angka stunting di Indonesia, kita bisa menerapkan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas agar paham dan bisa mendeteksi stunting secara mandiri di rumah.

Salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi stunting adalah dengan mengggunakan berbagai alat antropometri yang tepat. Oleh karena itu, Solo Abadi menyediakan Paket Antropometri Kit yang dapat mendeteksi stunting dengan cepat, tepat dan akurat!

1. Antropometri Kit SK-92

2. Antropometri Kit SK-95

3. Antropometri Kit SK-96

4. Antropometri Kit SK-98

5. Antropometri Kit SK-99

6. Antropometri Kit Custom

Paket Antropometri Kit yang satu ini berisi alat-alat pendeteksi stunting yang dapat disesuakan dengan kebutuhan clients dan customers kami. Berdasarkan pengalaman kami, kebutuhan customers kami dengan customers lainnya itu berbeda. Ada yang membutuhkan alat ukur tinggi badan dan timbangan, ada yang hanya membutuhkan alat ukur panjang badan, lila dan timbangan, dan lain sebagainya.

Dapatkan Paket Antropometri Kit yang Anda Inginkan Sekarang Juga!

Jika kalian tertarik dengan berbagai paket Antropometri Kit – SK terbaik dari kami, kalian bisa langsung menghubungi menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 62851 0088 8111 atau kunjungi link berikut.

MARI KITA LAWAN STUNTING DENGAN MEMANTAU PERTUMBUHAN ANAK SECARA MANDIRI DI RUMAH SAJA!

Facebook Comments
Bagikan!