Mendeteksi Stunting Sejak Dini Menggunakan Tikar Pertumbuhan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi stunting secara dini, salah satunya dengan menggunakan Tikar Pertumbuhan. Tetapi perlu dipahami, bahwasannya Tikar Pertumbuhan bukan merupakan acuan utama untuk menentukan stunting atau tidak.

Sebagai pengingat kita semua, stunting merupakan situasi dimana anak mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) yang berlebih atau sudah lama dan tidak segera ditangani. Sehingga, anak tersebut dapat mengalami yang namanya stunting.

Pengertian Tikar Pertumbuhan

Seperti namanya, Tikar Pertumbuhan merupakan tikar yang dapat memperlihatkan apakah tinggi badan seorang baduta (anak di bawah dua tahun) sudah sesuai dengan umur mereka atau belum. Sehingga, petugas kesehatan ataupun para orang tua dapat mendeteksi secara dini mengenai stunting.

Sejarah Mengenai Tikar Pertumbuhan

Pada awalnya, Tikar Pertumbuhan diciptakan oleh sebuah lembaga kepedulian yang bernama TMG (The Manoff Group). Mereka menciptakan Tikar Pertumbuhan untuk mencegah stunting di Bolvia. Seiring berjalannya waktu, banyak negara yang mengadaptasi tikar pertumbuhan. Mulai dari Kamboja, Guatemala, hingga Indonesia.

Di tahun 2017, Direktorat Jenderal PPMD bersama Kementerian Kesehatan serta World Bank mulai menerapkan pengunaan Tikar Pertumbuhan di setiap posyandu. Hal tersebut bertujuan tak lain dan tak bukan untuk mendeteksi secara dini mengenai stunting.

Dan akhirnya, di tahun 2018 Wakil Presiden pada saat itu, H. M. Yusuf Kalla meluncurkan secara resmi Tikar Pertumbuhan di Kota Surakarta. Kemudian, Tikar Pertumbuhan mulai digunakan di berbagai daerah di Indonesia yang menjadi prioritas karena meningginya angka stunting di masa itu.

Berbagai Acuan dalam Tikar Pertumbuhan

Pada Tikar Pertumbuhan terdapat dua ukuran yang berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan. Sesuai dengan acuan dari Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Tikar Pertumbuhan memiliki berbagai spesifikasi dan kriteria khusus di setiap pembuatannya. Hal tersebut juga diperkuat dari WHO tahun 2006 mengenai pengukuran status gizi.

Berikut merupakan berbagai acuan dalam pembuatan Tikar Pertumbuhan yang tepat dan sesuai dengan ketentuan Kementrian Kesehatan:

  1. Tikar Pertumbuhan memiliki ukuran panjang 125 cm dan lebar 80 cm;
  2. Material tikar yang digunakan berbahan flexy dengan bidang cetak;
  3. Terdapat dua ukuran yang berbeda, satu untuk perempuan dan satu lagi untuk laki-laki;
  4. Terdapat batas panjang badan di setiap umurnya, yang digunakan sebagai parameter dalam menghitung antropometri; dan
  5. Terdapat batas kepala yang terbuat dari akrilik dengan ketebalan 3 mm.

Tikar Pertumbuhan merupakan solusi untuk mendeteksi secara dini apakah anak mengalami stunting atau tidak. Tikar Pertumbuhan merupakan opsi terbaik karena dengan harga yang murah, kita dapat mendeteksi secara dini mengenai stunting.

Tetapi perlu diingat sekali lagi, bahwasannya Tikar Pertumbuhan merupakan alat yang dapat mendeteksi stunting atau tidak secara dini, bukan sebagai penentu stunting. Karena, dalam penetapan kondisi anak mengalami stunting atau tidak tetap memerlukan pengukuran berat badan serta tinggi atau panjang badan.

Tikar Pertumbuhan Terbaik yang Sesuai dengan Standar

Kalau kalian melihat di berbagai e-commerce, kebanyakan dari mereka yang menjual Tikar Pertumbuhan tidak memiliki pembatas kepala yang terbuat dari akrilik setebal 3 mm; yang sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan dan Direktorat Jenderal PPMD.

Kalaupun ada yang menyediakan Tikar Pertumbuhan dengan pembatas kepala dari akrilik, biasanya mereka hanya menyediakan akrilik dengan ketebalan 2 mm. Padahal, dengan ketebalan seperti itu akan sangat mudah rusak ataupun pecah; tidak bagus untuk jangka penggunaan jangka panjang. Oleh sebab itulah, Solo Abadi menyediakan Tikar Pertumbuhan yang tepat dan sesuai dengan standar.

Tikar Pertumbuhan dari Solo Abadi

Seperti segala produk yang sudah kami produksi dan sediakan, kami selalu mengedepankan nilai mutu, kualitas, dan keekslusifan tanpa mengurangi fungsinya. Kami menyediakan berbagai desain yang menarik dan elegan, sehingga kalian bisa memilih Tikar Pertumbuhan yang sesuai dengan pilihan kalian.

Tikar Pertumbuhan dari SOLO ABADI
Tikar Pertumbuhan dari SOLO ABADI
Tikar Pertumbuhan dari SOLO ABADI

Selain menggunakan material yang terbaik di kelasnya dan sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan, kami mengemas Tikar Pertumbuhan dengan tas serut sehingga kalian dapat melakukan pengukuran di mana saja dengan mudah dan efisien.

Demi menjaga Tikar Pertumbuhan produksi dari Solo Abadi agar dapat diterima dengan baik oleh para customers, Tikar Pertumbuhan yang sudah dimasukkan ke dalam tas serut akan dikemas kembali di dalam kardus dan dibalut dengan bubble wrap. Sehingga, produk akan tetap aman selama masa pengiriman.

Kalau kalian menginginkan Tikar Pertumbuhan ada di paket Antropometri Kit – SK agar dapat mendeteksi dan mencegah stunting, jangan khawatir! Tinggal konsultasikan saja ke tim kami melalui WhatsApp Solo Abadi di nomor 085100888111.

Ayo Cegah dan Deteksi Stunting dengan TEPAT, CEPAT DAN AKURAT menggunakan Stunting Kit, Karena Cegah Stunting Itu Penting!

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar