Proses Detail Pembuatan Belt Conveyor dari Solo Abadi

Apabila kalian pernah mengunjungi bandara, restoran-restoran jepang, maupun pabrik yang memproduksi handphone, kalian pasti tidak asing dengan ban ataupun karet yang dapat membawa barang di atasnya secara otomatis. Bagi kalian yang belum mengetahui istilah dari instrument tersebut, instrument tersebut bernama Belt Conveyor.

Pengertian Belt Conveyor

Belt Conveyor merupakan alat yang berperan untuk memindahkan atau mengangkut material curah atau satuan, dari satu tempat ke tempat lain secara terus menerus dengan lintasan horizontal, miring, atau kombinasi dari keduanya.

Alas yang digunakan untuk membawa alat tersebut biasanya terbuat dari ban atau karet hingga logam (menyesuaikan jenis alat yang akan dipindahkan). Alas tersebut bisa disebut dengan Rubber Belt. Rubber Belt sendiri terbuat dari karet yang diperkuat lagi dengan carcas atau benang nilon atau sejenisnya.

Lain cerita jika belt pada conveyor membutuhkan kekuatan tarik yang cukup besar karena beban atau alat yang akan dipindahkan juga besar. Kalau seperti itu, belt perlu diperkuat lagi dengan menggunakan anyaman kawat baja atau steel cord.

Memahami Material yang diangkut Belt Conveyor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari Belt Conveyor yaitu mengantarkan atau membawa material angkut. Material tersebut biasanya terbuat dari berbagai bentuk dan bahan (menyesuaikan alat yang akan dipindahkan).

Seperti yang kita ketahui, bentuk dan bahan dari material itu sendiri sangatlah beragam; ada yang berbentuk kasar, ada yang halus, ada yang berupa pasir, semen, batu bara, hingga alat elektronik. Dan hal tersebut akan mempengaruhi desain mesin conveyor.

Oleh sebab itulah, sebagai perancang atau pembuat mesin conveyor harus benar-benar memahami alat atau material yang nantinya akan dipindahkan. Hal tersebut akan sangat membantu dalam membuat mesin conveyor yang tepat, ekonomis, hingga optimal dengan tingkat resiko kesalahan yang rendah.

Jenis Belt Conveyor

Seperti yang sudah kami sebutkan, bentuk desain mesin Belt Conveyor akan menyesuaikan dengan material yang nantinya akan diangkut. Untuk lebih memahami tentang hal tersebut, berikut merupakan berbagai jenis Belt Conveyor menurut materialnya:

1. Belt Conveyor Katun

Seperti namanya, Belt Conveyor ini berbahan dasar dari katun. Ketebalan dari belt ini beraneka ragam; semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan di mesin produksi. Berikut, merupakan karakteristik dari Belt Conveyor Katun:

  • Belt Conveyor Katun biasanya digunakan untuk membawa barang-barang yang kering, seperti sepatu, dan kain;
  • Belt Conveyor Katun memiliki permukaan yang tidak licin;
  • Belt Conveyor Katun tidak dapat membawa barang yang bersifat cairan;
  • Belt Conveyor Katun lebih sering digunakan untuk mengangkut benda kerja yang ringan dan kecil, dan lain sebagainya.

Selain dapat membawa barang yang kering, Belt Conveyor Katun dapat membawa benda seperti balok kayu, karet mentah, dan lain-lain.

2. Belt Conveyor Karet

Belt Conveyor yang berbahan dasar karet ini sangat pas jika digunakan untuk memindahkan barang atau produk yang panas, seperti plastik panas. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan karakteristik dari Belt Conveyor Karet:

  • Berbeda dengan sebelumnya, Belt Conveyor Karet bisa digunakan untuk membawa barang di area yang berair;
  • Belt Conveyor Karet juga bisa membawa barang yang berbahan kering;
  • Belt Conveyor Karet bisa membawa barang yang berat dan besar, seperti lembaran-lembaran kain, hasil produksi velg, lembaran-lembaran karet, dan lain sebagainya.

3. Belt Conveyor Habasit

Belt Conveyor Habasit adalah mesih conveyor yang berbahan dasar dari PVC, PU (Polyurethane), dan plastik. Mesin Belt Conveyor ini biasanya digunakan untuk membawa barang-barang kimia. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan karakteristik dari Belt Conveyor Habasit:

  • Belt Conveyor Habasit biasanya digunakan sebagai sesi penimbangan akhir untuk hasil akhir produk;
  • Belt Conveyor Habasit bisa digunakan untuk membawa jenis produk yang tipis dan licin;
  • Belt Conveyor Habasit biasa digunakan untuk membawa produk yang area medannya menanjak atau menurun;
  • Belt Conveyor Habasit juga bisa digunakan untuk memindahkan benda padat yang memiliki temperature yang panas.

Contoh barang yang bisa digunakan dalam pengaplikasian Belt Conveyor Habasit adalah produk yang baru saja keluar dari proses pelumatan seperti karet dalam sepatu, ban, dan barang lainnya yaitu rubber film, liner kain, dan lain sebagainya.

4. Belt Conveyor Logam

Dengan berbahan dasar dari susunan bahan logam seperti stainless steel, Belt Conveyor Logam biasanya digunakan untuk membawa benda padat yang panas, tetapi masih melalui proses pendinginan. Seperti part-part logam, plastik, dan lain sebagainya.

Berikut merupakan berbagai karakteristik dari Belt Conveyor Logam:

  • Belt Conveyor Logam bisa mengangkut material yang masih melewati proses air cooling yang berkimia;
  • Belt Conveyor Logam bisa membawa material yang melewati cairan cooling yang panas;
  • Belt Conveyor Logam bisa digunakan untuk membawa barang dengan medan yang menanjak atau menurun, dan dengan media area yang horizontal, dan lain sebagainya.

5. Belt Conveyor Modular

Belt Conveyor Modular memiliki keunggulan dalam membawa barang atau produk yang yang membutuhkan line yang licin. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan karakteristik dari Belt Conveyor Modular:

  • Belt Conveyor Modular dapat digunakan untuk memindahkan material produk yang memerlukan pemindahan secara sliding;
  • Belt Conveyor Modular bisa digunakan untuk membawa barang di area yang berair serta mengandung bahan kimia, agar produknya tidak lengket;
  • Belt Conveyor Modular dapat memindahkan produk yang besar dan berat dengan metode sliding yang menurun, dan lain sebagainya.

Solo Abadi Sebagai Produsen Mesin Belt Conveyor

Sebagai perusahaan manufaktur yang sudah berdiri sejak tahun 2005, Solo Abadi selalu dapat menyediakan segala kebutuhan precision parts atau komponen mesin presisi, hingga produk custom khusus. Salah satunya yaitu mesin Belt Conveyor atau mesin Conveyor lainnya.

Kalau kalian ingin melihat proses Solo Abadi dalam memproduksi mesin Conveyor Belt dengan lebih detail, kalian bisa melihat video pembuatan mesin Conveyor di bawah ini.

Conveyor Belt Project by Solo Abadi

Dengan berpegang teguh pada tagline kami, yakni “Kreatif Bekerja, Ikhlas Melayani,” Solo Abadi selalu memenuhi segala kebutuhan para clients dan customers kami dengan sepenuh hati; baik dalam pengerjaan produk, pelayanan jasa, hingga pelayanan after sales.

Jasa Pembuatan Parts Presisi dan Produk Khusus dengan Mesin CNC

Selain dapat memproduksi mesin Conveyor ataupun Belt Conveyor, Solo Abadi dapat memproduksi spare-parts presisi mesin dan produk custom khusus.

Sebagai perusahaan manufaktur yang sudah berdiri selama 15 tahun, Solo Abadi sudah dipercaya oleh berbagai clients. Berikut merupakan berbagai jasa yang bisa kalian dapatkan:

  1. Jasa Bubut;
  2. Jasa Miling;
  3. Jasa Fabrikasi;
  4. Jasa Machining; dan
  5. Jasa Special Product Machine.

Apabila kalian tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Solo Abadi, kalian dapat menghubungi kami melalui link berikut. Kalian dapat juga menghubungi kami melalui nomor whatsapp kami.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar