Tikar Pertumbuhan adalah Inovasi Untuk Stunting, Bagaimana Fungsinya?

Permasalahan stunting di Indonesia berada pada kondisi yang cukup serius, meninjau data survei yang menyatakan satu dari tiga anak Indonesia menderita kekerdilan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkap, jumlah kasus stunting di Indonesia per tahun 2019 mencapai 27,67 %.

Dalam hal ini menjadi perhatian, mengingat angka tersebut lebih tinggi dibandingkan toleransi maksimal stunting yang di tetapkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Sebab WHO menetapkan indeks keparahan stunting disebut kritis jika angkanya lebih atau sama dengan 15 %.

Oleh sebab itu, penting kiranya mengenal gejala stunting dalam rangka menjaga nutrisi dan perkembangan yang sehat setiap anak.

Beberapa Hal Cara Mendeteksi Stunting

Perlu diketahui bahwa tidak semua anak balita yang berpostur pendek mengalami stunting. Apabila anak memiliki perawakan pendek tetapi kenaikan panjang badannya konsisten, sehat, dan perkembangannya sesuai dengan usianya, maka hal itu belum dapat dikatakan stunting.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara mendeteksi dini anak stunting, yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Pengukuran Tinggi Badan Anak Secara Berkala dan Konsisten

Dengan melakukan pemantauan dan pengukuran tinggi badan anak secara berkala, dapat mengidentifikasi stunting dan dapat dilakukan diagnosa dan penanganan secara tepat.

  • Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Perkembangan dapat dipantau dengan mengacu pada tabel perkembangan bayi dan anak yang bisa diperoleh secara mudah di berbagai situs ataupun buku kesehatan. Juga dapat dipantau secara berkala saat imunisasi sebulan sekali.

  • Memperhatikan Performa pada Kemampuan Fokus dan Memori Belajarnya

Dampak jangka pendek stunting adalah terganggunya perkembangan otak dan kecerdasan pada anak, yang mengakibatkan buruknya dalam kemampuan fokus dan memori belajar.

  • Memantau imun dan kesehatan anak

Biasanya anak yang menderita stunting salah satu deteksinya yaitu kondisi anak yang mudah terserang berbagai penyakit infeksi. Namun untuk permasalahan lebih jelasnya bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Sementara untuk tahu apakah tinggi anak normal atau tidak, anda harus secara rutin memeriksakannya ke pelayanan kesehatan terdekat.

Anda harus membawa si kecil ke pelayanan kesehatan setiap bulan. Dengan begitu anda akan kerepotan bolak-balik setiap bulannya. Apabila bisa memantau pertumbuhan si kecil dari rumah, akan lebih mudah bukan?

Kami merekomendasikan alat tikar pertumbuhan yang praktis untuk memantau pertumbuhan si kecil dari usia 0-21 bulan.

Apa itu Tikar Pertumbuhan?

Tikar pertumbuhan merupakan alat ukur yang digunakan untuk membantu kita memvisualisasikan perkembangan dan pertumbuhan anak hingga usia 21 bulan.

Dengan menggunakan tikar pertumbuhan memudahkan anda untuk memantau pertumbuhan si kecil dari rumah. Bahkan puskesmas dan posyandu merekomendasikan tikar pertumbuhan untuk digunakan sebagai deteksi dini stunting.

Tikar Pertumbuhan dari Solo Abadi Indonesia

Solo Abadi Indonesia dalam mendukung program pemerintah terkait persoalan stunting di Indonesia, menghadirkan produk Tikar Pertumbuhan exclusive yang dapat di gunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Tentunya dengan kualitas dan teruji keamananya terutama untuk bayi.

Alat ini juga digunakan oleh Instansi Kesehatan untuk membantu mendeteksi stunting sejak dini. Tikar pertumbuhan sangat mudah di gunakan oleh individu maupun instansi.

Detail Produk Tikar Pertumbuhan dari Solo Abadi Indonesia

Terbuat dari bahan flexi berkualitas tetapi dengan harga yang bersahabat. Tikar Pertumbuhan dari Solo Abadi Indonesia dilengkapi dengan akrilik pada pembatas kepala, alat ini awet untuk digunakan dan aman untuk mengukur sang buah hati. Desain tikar yang beragam juga menambah keindahan dari Tikar Pertumbuhan.

Penjelasan Produk :

1. Ukuran 80 cm x 125 cm

2. Dilengkapi dengan Pembatas Kepala dari Akrilik setebal 3 mm

3. Berbahan Flexi dengan Kualitas Terbaik

4. Hasil Pengukuran Akurat

5. Desain Gambar yang Lucu dan Menarik

6. Terdapat Tas Ekslusif yang Menarik dan Fungsional

7. Terdapat Card Tutorial Cara Menggunakan Alat (How to Use)

8. Packaging Kardus yang Aman Untuk Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Berikut adalah gambar produk Tikar Pertumbuhan dari Solo Abadi Indonesia :

Kontak

Jika Anda tertarik dengan produk Kami, Anda bisa langsung menghubungi Kami melalui WhatsApp di nomor 62851 – 0088 – 8111 atau mengunjungi link berikut.

Facebook Comments
Bagikan!