Keterkaitan Pengukuran Antropometri Dalam Bidang Olahraga yang Perlu Kita Ketahui

Pengukuran antropometri adalah pengukuran dan proporsi dimensi tubuh manusia yang biasanya dilakukan secara berkala. Umumnya, pengukuran ini dilakukan dalam berbagai bidang seperti Teknik industri, Ilmu Kesehatan hingga Desain Produk.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata pengukuran antropometri juga dilakukan dalam bidang olahraga? Meskipun di Indonesia, penggunaan pengukuran antropometri masih sangat jarang dilakukan pada bidang olahraga. Namun, beberapa negara maju telah menerapkan pengukuran antropometri ini.

Source : The Beta Angel Project

Dengan melakukan pengukuran tersebut, mayoritas data yang didapatkan mampu memberikan gambaran mengenai kondisi atlet secara keseluruhan. Karena pada dasarnya, kemampuan seorang atlet tidak hanya ditentukan dengan bagaimana skill yang mereka miliki. Akan tetapi juga ditentukan oleh kondisi tubuh mereka.

Mengapa seorang atlet perlu mendapatkan pengukuran antropometri?

Dalam memaksimalkan potensi atlet, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Misalnya dengan menentukan gizi yang sesuai untuk atlet, jenis latihan yang cocok untuk dilakukan dan intensitas latihan yang bisa dilakukan. Hal ini salah satunya dapat diketahui dengan melakukan pengukuran antropometri.

Gizi yang sesuai nantinya dapat mempengaruhi performa atlet Ketika bertanding. Menurut salah satu ahli gizi pada bidang olahraga yaitu Emilia E Achmadi MS RDN, ia memaparkan bahwa diperlukan gizi khusus untuk memaksimalkan recovery process menuju sesi latihan pada atlet olahraga, hal ini juga dilakukan untuk mencegah cedera. Ia juga menambahkan bahwa beberapa negara seperti Amerika, Tiongkok dan Jepang, telah secara intens mempertimbangkan gizi yang dikonsumsi oleh atlet mereka sejak usia 6 tahun.

Sebuah hal yang masih jarang ditemukan di Indonesia. Padahal potensi atlet di Indonesia dapat dikatakan jauh lebih baik daripada di negara lain. Sumber daya manusia yang lebih beragam dan kondisi fisik yang baik memungkinkan Indonesia mampu memiliki atlet yang lebih kompeten.

Apa saja pengukuran antropometri yang perlu dilakukan para atlet?

Pengukuran antropometri melingkupi perkembangan bentuk badan serta hubungannya dengan kesehatan, kekebalan suatu penyakit, sikap, kemampuan fisik dan kualitas kepribadian.

Berikut merupakan pengukuran antropometri yang kerap dilakukan di oleh para atlet di bidang olahraga seperti:

  1. Pengukuran Tinggi Badan
  2. Perhitungan Berat Badan
  3. Pengukuran Panjang bagian-bagian tubuh seperti Abdominal, Panjang Lengan, Panjang Tungkai, Panjang Betis dan Lain sebagainya
  4. Pengukuran Luas badan (komposisi badan) seperti Tebal Lemak, Tulang, Otot, dan Organ Tubuh
  5. Keliling badan terdiri dari Dada, Pinggang, Pinggul, Betis, dan lain-lain

Pengukuran di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan data yang digunakan. Akan tetapi, pada dasarnya semakin banyak pengukuran yang dilakukan, maka data yang akan digunakan sebagai bahan analisis akan semakin banyak.

Bagaimana Cara Untuk Melakukan Pengukuran Antropometri?

Untuk melakukan pengukuran antropometri, banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan pengukuran manual maupun memeriksa tubuh dengan cara modern. Namun, untuk kebutuhan pengukuran pada bidang olahraga, dapat digunakan alat-alat yang mampu menunjang kebutuhan pengukuran tersebut.

Misalnya dengan menggunakan alat yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, hasil data pengukuran akan lebih baik daripada menggunakan alat yang umum. Hal ini yang membedakan pengukuran antropometri yang baik. Lalu, sudahkah kalian mengetahui alat antropometri yang sesuai dengan digunakan?

Alat Antropometri Yang Digunakan Dalam Pengukuran

Untuk melakukan pengukuran antropometri yang tepat, ada beberapa alat antropometri yang bisa digunakan. Namun, salah satu alat yang saat ini mampu menunjang pengukuran agar lebih maksimal adalah Portable Antropometri Kit.

Apa yang dimaksud dengan Portable Antropometri Kit?

Portable Antropometri Kit

Apabila kamu belum mengetahui mengenai alat ini, portable antropometri kit merupakan alat ukur antropometri yang digunakan untuk mengukur antropometri tubuh manusia. Apa perbedaan dari alat ini dengan yang lain? Terdapat beberapa keunggulan mengapa menggunakan Portable Antropometri Kit yaitu :

  1. Dapat digunakan di banyak bagian tubuh manusia
  2. Sifatnya yang portable membuat alat ini dapat digunakan di mana saja
  3. Bahan stainless yang aman dan tahan lama
  4. Penggunaan alat yang sangat mudah

Dalam portable antropometri kit, terdapat beberapa instrument yaitu :

1. Anthropometer

Anthropometer

2. Small Spreading Caliper

3. Sliding Caliper

Masing-masing alat tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda dan digunakan dengan setiap kebutuhan yang diperlukan. Untuk itu, lakukan pengukuran antropometri yang sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat yang benar-benar aman dan tepat untuk digunakan. Karena pengukuran antropometri yang tepat harus menggunakan alat antropometri yang sesuai dan akurat digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengukuran antropometri pada bidang olahraga yang sesuai. Silahkan kunjungi artikel-artikel kami yang berhubungan dengan olahraga atau dengan mengklik link berikut ini.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar