Apakah pengertian dari Sport Science yang Benar dan Tepat Untuk diketahui?

Sekarang kita sudah berada di era industri 4.0, era di mana kita dapat melakukan kegiatan ataupun pekerjaan sehari-hari dengan mudah dengan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi. Banyak sektor dan bagian yang ikut terbantu dengan perkembangan tersebut, salah satunya yaitu di bidang olahraga.

Perkembangan pada bidang olahraga mengalami peningkatan di berbagai dunia. Hal tersebut dapat terjadi karena mereka telah berhasil memadukan perkembangan teknologi, aspek fisiologi, psikologi, hingga kinantropometri dengan olahraga. Oleh sebab itu, munculah istilah “keren” di dunia olahraga yang bernama Sport Science.

Sport Sience

Sebetulnya sudah banyak orang yang memakai istilah sport science, bahkan jauh sebelum dimulainya era industri 4.0. Di Indonesia sendiri, banyak yang sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Tetapi, beberapa orang masih mengartikan hal tersebut dengan kurang tepat.

Definisi Sport Science

Secara harfiah, arti dari sport science merupakan pengetahuan olahraga. Hal tersebut kuranglah tepat karena kurang dapat mewakili arti sport science secara menyeluruh.

Untuk memberikan wawasan kalian terhadap sport science, berikut merupakan berbagai definisi dari sport science.

1. Kensport

Menurut salah satu situs yang sudah berkecimpung di dunia olahraga, sport science merupakan sebuah ilmu yang menerapkan pedoman-pedoman dalam science guna memaksimalkan prestasi olahraga, baik tingkat nasional ataupun internasional.

Terdapat 3 bidang ilmu dalam menerapkan pedoman ataupun prinsip guna meningkatkan prestasi olahraga, yakni fisiologi, psikologi dan biomekanika.

Fisiologi memiliki peranan bagi para atlet dalam membiasakan pola latihan bagi tubuh (atau bisa juga memiliki arti bentuk respon tubuh mereka terhadap latihan yang dijalani). Dengan demikian, para atlet dapat mengetahui apakah bentuk latihannya sudah sesuai atau belum.

Psikologi memiliki peranan guna memberikan semangat, motivasi dan juga mengontrol emosi para atlet karena hal-hal tersebut berpengaruh terhadap perilaku para atlet.

Dan untuk biomekanika memiliki fungsi dalam menganalisa mekanika pergerakan tubuh. Dengan adanya biomekanika, kita dapat mengidentifikasi teknik ataupun cara terbaik para atlet dalam meningkatkan prestasi olahraga. Selain itu, biomekanika dapat mengurangi para atlet mengalami cedera.

2. Wikipedia

Menurut Wikipedia, sport science merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang penerapan prinsip science dan juga teknik-teknik guna meningkatkan prestasi olahraga.

Dalam menerapkan ilmu tersebut, terdapat bidang-bidang yang juga ikut terlibat, seperti fisiologi, psikologi, biomekanika, hingga nutrisi yang diserap para atlet, sports technology, anthropometry serta kinanthropometry.

3. Buku Sport Science Handbook: I-Z dari Simon P. R. Jenkins

Dan yang terakhir diambil dari salah satu buku yang membahas secara khusus mengenai sport science. Sport science merupakan suatu kedisiplinan ilmu yang dapat meningkatkan kinerja atletik para atlet. Sama seperti sebelumnya, sport science melibatkan berbagai disiplin ilmu yang terkait, seperti kinanthropometry, biomekanika, fisiologi olahraga, psikologi olahraga dan sosiologi olahraga.

Penerapan Sport Science
( KWIPPED: Equipment Rental And Leasing Marketplace)

Peran Kinantropometri dalam Sport Science

Seperti yang sudah dijelaskan pada berbagai sumber di atas, terdapat beberapa aspek yang harus diterapkan dalam melakukan sport science, salah satunya yaitu kinantropometri.

Seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya tentang kinantropometri, kinantropometri adalah studi yang mempelajari tentang pengukuran yang berpengaruh pada bentuk, proporsi, komposisi, kematangan dan nutrisi seseorang untuk memahami karakteristik yang berhubungan dengan gerakan manusia.

Dengan adanya kinantropometri, kita dapat mengetahui tumbuh kembang para atlet karena karakteristik tubuh mereka selalu dipantau. Poin positif yang dapat diambil dengan mengetahui karakteristik tubuh para atlet yaitu kita dapat memaksimalkan bentuk latihan yang mereka butuhkan.

Alat Ukur Kinantropometri Terbaik

Untuk menunjang kebutuhan dalam melakukan segala pengukuran yang dibutuhkan dalam kinantropometri dengan cepat dan efektif, Solo Abadi menawarkan alat ukur kinantropometri yang bernama Portable Antropometri Kit.

Portable Antropometri Kit merupakan alat ukur kinantropometri yang dapat menghitung seluruh dimensi bagian tubuh luar manusia. Terdapat berbagai alat pengukur antropometri yang bisa kalian dapatkan dengan memesan Portable Antropometri Kit. Mulai dari Anthropometer, Sliding Caliper dan Small Spreading Caliper.

Cara Memesan Produk Portable Antropometri Kit

Apabila kalian tertarik untuk membeli produk pengukuran kinantropometri spesial kami, kalian bisa berkunjung ke link berikut untuk melakukan ask for price.

Portable Antropometri Kit

Atau hubungi kami dengan menekan icon whatsapp di pojok kanan bawah. Jangan ragu kalau kalian hanya ingin menanyakan harga ataupun meminta informasi yang lebih detail mengenai produk spesial kami, karena kami akan selalu melayani kalian dengan ramah.

Mari mengenal Kinantropometri lebih dalam lagi dengan menggunakan Alat Portable Antropometri Kit spesial dari SOLO ABADI.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar