Pengertian Mengenai Mesin CNC dan Kegunaan Mesin CNC dalam Dunia Industri

Perkembangan dunia yang semakin global yang kemudian didukung dengan kemajuan teknologi membuat setiap bidang otomatis mengalami perkembangan yang sama. Misalnya, dalam beberapa kesempatan, kita menemukan bahwa bidang-bidang ilmu lain begitu berkembang dibandingkan beberapa decade belakangan. Namun, salah satu industri yang saat ini berkembang dengan pesat adalah industri manufaktur.

Indonesia sendiri merupakan negara di ASEAN yang memiliki perkembangan industri manufaktur yang begitu pesat. Menurut data yang didapatkan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dikatakan apabila Indonesia merupakan basis industri manufaktur terbesar se-ASEAN dengan kontribusi mencapai 20,27% pada perekonomian skala nasional.

Dalam perkembangan industri ini, tentu saja adanya penggunaan alat menjadi salah satu komponen penting. Karena dengan adanya alat yang sesuai dengan kebutuhan atau bahkan mampu digunakan untuk menghasilkan barang dengan lebih cepat akan sangat menguntungkan. Salah satu alat yang tidak asing lagi dalam produksi bidang manufaktur sendiri adalah CNC. Lalu apa aitu CNC dan bagaimana kegunaan mesin CNC dalam dunia industri?

Pengertian dari Mesin CNC

Mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah sebuah mesin yang digunakan dalam Industri Manufaktur untuk menghasilkan komponen untuk Sektor Teknik dalam jumlah besar dengan cepat. Seperti nama dari CNC sendiri, setiap pengerjaan dari CNC menggunakan sistem komputer yang telah terbentuk dengan baik hingga menghasilkan barang yang sesuai dengan presisi.

Misalkan, pada pembuatan benda atau part-part seperti mur, baut, sekrup dan lain sebagainya. Ada ukuran paten atau presisi yang harus digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan mesin CNC, maka komputer akan dengan mudah mengontrol peralatan mesin dalam memotong atau mengebor berbagai material. Sehingga, hasil yang dicapai pun akan sesuai dengan ukuran presisi tersebut. Pengerjaan menggunakan CNC juga tentu lebih menguntungkan dari pada pengerjaan dengan tenaga manusia secara manual.

Bagaimana Cara Kerja dari Mesin CNC?

Pada mesin CNC, terdapat komputer yang digunakan untuk memproses gambar atau desain dari sebuah komponen yang hendak diciptakan. Gambar tersebut kemudian diubah menjadi program yang disesuaikan yang dapat dibaca oleh mesin CNC setelahnya. Setelah itu, mesin akan secara otomatis memproses barang jadi yang dibutuhkan.

Salah satu keunggulan dari mesin ini sendiri adalah setiap program disimpan dalam memori komputer. Programmer yang bertugas kemudian dapat dengan mudah menulis kode, dan mengedit program sesuai persyaratan. Program-program ini dapat digunakan untuk bagian yang berbeda, dan mereka tidak perlu diulangi lagi dan lagi.

Mesin CNC dapat bekerja seperti robot, di mana cukup dengan program yang kita masukan. Maka, mesin akan mampu memproses pekerjaan dengan sendirinya.

Dua Jenis Mesin CNC Yang Perlu Kita Ketahui

Umumnya, terdapat dua jenis mesin CNC yaitu CNC Milling dan CNC Bubut.

1. Mesin CNC Milling

Proses milling atau Penggilingan adalah proses memotong dan mengebor material (seperti kayu atau logam). Mesin penggilingan ini, terlepas dari apakah mesin dioperasikan secara manual atau melalui CNC, menggunakan alat silindris berputar yang disebut pemotong penggilingan. Perbedaan utama antara mesin penggilingan dan mesin bor lain adalah kemampuan memotong sudut yang berbeda dan bergerak di sepanjang sumbu yang berbeda. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa CNC Milling digunakan untuk melakukan proses memotong atau mengebor material dengan bantuan komputer atau sistem komputer.

2. Mesin CNC Bubut

Mesin bubut CNC merupakan sebuah mesin yang dapat digunakan menggunakan programming yang telah disesuaikan sebelumnya. Sehingga operator tidak harus menggunakan tangan mereka untuk bekerja. Cara kerja dari mesin ini dimulai Ketika seorang programmer dapat secara manual merancang bagian alat yang ingin dibuat. Hasil rancangan file komputer yang telah dikodekan kemudian diunggah ke mesin CNC, dan mesin kemudian akan secara otomatis menghasilkan bagian yang diinginkan yang sebelumnya telah di program.

Kami Menawarkan Jasa Pembuatan Part Menggunakan Mesin CNC

Pelajari lebih lanjut mengenai mesin CNC dan kegunaan dari mesin CNC lainnya melalui artikel kami. Selain itu, Solo Abadi sebagai salah satu perusahaan manufaktur dengan pengalaman yang tidak perlu diragukan lagi. Menawarkan jasa mesin CNC milling dan bubut. Beberapa jasa yang dapat kami lakukan adalah:

  1. Jasa Bubut
  2. Jasa Miling
  3. Jasa Fabrikasi
  4. Jasa Machining
  5. Jasa Special Product Machine

Apabila anda tertarik untuk melakukan Kerjasama dengan Solo Abadi. Silahkan segera hubungi kami lelalui link berikut ini. Kami siap menerima permintaan anda segera mungkin. Jika ada yang perlu ditanyakan, anda bisa menghubungi kami melalui whatsapp resmi kami dengan klik tombol whatsapp pada website ini. selain itu, berikut kami lampirkan beberapa foto part yang kami produksi di bawah ini.

Facebook Comments
Bagikan!