Cegah Stunting Sekarang dengan Nutrisi Bergizi & Pengecekan Antropometri

Demi memaksimalkan bonus demografi agar dapat membantu Indonesia menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, kita semua harus saling bahu membahu mencegah stunting sejak dini; bisa dengan memberikan asupan nutrisi yang begizi serta pengecekan antropometri secara berkala.

Hal tersebut harus dilakukan sejak dini karena kalau kita terlambat menyadari bahwa sang buah hati ternyata mengalami kekurangan gizi (dan jika sudah parah, bisa saja terindikasi mengalami stunting), tentu hal tersebut sangatlah disayangkan.

Pernyataan ini diperkuat oleh Dr. Tan, salah seorang pakar gizi di Indonesia. Ia menyebutkan bahwasannya jika anak yang terkena stunting tidak ditangani sejak dini (saat masih di dalam kandungan tidak diberi asupan bergizi hingga anak sebelum berumur 2 tahun), hal tersebut akan sia-sia.

Pencegahan Stunting Sejak Dini

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, peran ibu pada masa kehamilan memiliki peran penting guna mencegah anak mengalami kekurangan gizi (jika berkelanjutan, bisa menyebabkan stunting).

Memberikan gizi tidak semata wayang dapat diatasi secara ajaib dengan memberikan susu formula dan susu tumbuh kembang. Para calon ibu di sekitar harus diberikan edukasi bahwasannya mereka membutuhkkan gizi yang seimbang.

Mengonsumsi Nutrisi yang Penuh Gizi

Gizi yang seimbang harus sudah mulai diterapkan sebelum masa kehamilan, pada masa kehamilan hingga akhirnya sang buah hati lahir di dunia. Soalnya, realita di lapangan berkata sebaliknya. Di era milenial seperti ini, banyak ibu yang mengonsumsi makanan yang mereka suka saja.

Contohnya, kebanyakan dari mereka lebih senang mengonsumsi makanan cepat saji daripada sayuran seperti bayam yang kaya akan asam folat. Mereka lebih senang mengonsumsi minuman yang sedang ngetrend seperti boba hingga milk tea yang jelas-jelas tidak sehat untuk mereka.

Campaign Isi Piringku guna Memenuhi Gizi

Sebetulnya, dari pemerintah sendiri sudah pernah mengampanyekan betapa pentingnya memenuhi asupan yang penuh gizi. Jika dahulu kita terbiasa mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna, sekarang terdapat istilah yang bernama Isi Piringku.

Kampanye Isi Piringku

Penerapan campaign Isi Piringku sejak dini memiliki peranan yang sangat penting, khususnya guna melahirkan generasi yang sehat dan bebas stunting. Namun, semua itu akan menjadi sia-sia jika kita semua tidak memiliki kesadaran untuk menjaga isi piring yang setiap hari disantap.

Pengecekan Antropometri Secara Berkala

Selain sudah mengantisipasi dengan menjaga pola nutrisi yang dicerna, kita harus tetap melakukan pengecak antropometri secara berkala; baik itu dengan melihat berat badan, hingga panjang atau tinggi badan. Karena bagaimanapun, untuk mendeteksi stunting itu memerlukan aspek antropometri tersebut.

Kalau anak tidak cepat-cepat dilakukan pengukuran antropometri, seperi pengukuran berat badan, panjang badan, serta lingkar kepala atau lingkar lengan, mereka yang mengalami malnutrisi bisa saja berubah menjadi lebih parah. Dan resiko terburuknya, mereka bisa terkena stunting (apalagi kalau terindikasinya setelah mereka berumur lebih dari 2 tahun).

Terlebih lagi, hal tersebut terasa agak berat dilakukan di masa sekarang. Karena pandemi yang sedang terjadi, kita semua diminta untuk tetap di rumah agar pandemi ini cepat berakhir. Walaupun begitu, kita tetap harus menekan angka stunting karena hal tersebut tidak bisa dianggap remeh.

Oleh sebab itulah, kita bisa melakukan hal berikut. Pertama, para kader yang bertugas memberikan asupan gizi dan memeriksa tumbuh kembang anak bisa datang ke rumah tiap rumah yang sudah didata sebelumnya. Kedua, kita sebagai orang tua bisa melakukan pengukuran secara mandiri di rumah.

Untuk merealisasikan hal tersebut, kita memerlukan alat ukur antropometri yang simple dan mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, kita juga memerlukan alat ukur pendeteksi stunting yang tepat, cepat, dan akurat. Bagi kalian yang memerlukan kebutuhan tersebut, Solo Abadi menyediakan produk alat ukur antropometri spesial dalam paket Antropometri Kit yang bernama Stunting Kit.

Alat Ukur Antropometri untuk Stunting

Dalam melakukan pengukuran guna mendeteksi gejala stunting, kami menyediakan berbagai alat dan paket yang sesuai dengan kalian butuhkan. Berikut merupakan berbagai paket Stunting Kit yang kami miliki:

1. Antropometri Kit SK – 92

2. Antropometri Kit SK – 95

3. Antropometri Kit SK – 96

4. Antropometri Kit SK – 98

5. Antropometri Kit SK – 99

6. ANTROPOMETRI KIT SK – CUSTOM

Selain menyediakan paket SK seperti yang ada di atas. Kami menyediakan pula paket stunting kit yang dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan customer kami. Kami dapat memenuhi kebutuhan alat-alat pendeteksi stunting sesuai dengan yang kalian minta. Baik dalam jenis alat, fungsi, hingga harga alat dapat kalian konsultasikan langsung dengan tim kami. Salah satu paket custom yang pernah kamis ediakan adalah di bawah ini :

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Stunting Kit?

Apabila kalian tertarik untuk membeli produk paket Stunting Kit dari kami, kalian bisa berkunjung ke link berikut atau hubungi kami dengan menekan icon WhatsApp di pojok kanan bawah. Jangan ragu kalau kalian hanya ingin menanyakan harga ataupun meminta informasi yang lebih detail mengenai produk spesial kami, karena kami akan selalu melayani kalian dengan ramah.

Ayo Cegah dan Deteksi Stunting dengan TEPAT, CEPAT DAN AKURAT menggunakan Stunting Kit, Karena Cegah Stunting Itu Penting!

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar