Hubungan antara Pengukuran Antropometri dan Bidang Militer

Kali ini, kami hendak mengangkat isu mengenai bagaimana pengukuran antropometri dalam bidang militer baik darat, laut ataupun udara  merupakan hal yang penting dilakukan. Topik ini kami pilih, karena cukup banyaknya pertanyaan yang berhubungan dengan hubungan antara  militer dan pengukuran antropometri tersebut beberapa kali. Selain itu, kami juga memiliki sejumlah customer yang berasal dari dunia militer. Salah satunya adalah Akademi Angkatan Udara Yogyakarta.

Namun sebelumnya, perlu dipelajari terlebih dahulu mengenai pengukuran antropometri. Secara singkat, pengukuran antropometri merupakan suatu pengukuran yang melibatkan dimensi tubuh manusia. Pengukuran antropometri memiliki jenis yang berbeda-beda, dan disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, untuk praktik dunia pendidikan dan praktik kesehatan balita, terdapat pengukuran antropometri yang dilakukan. Namun bidang yang ada berbeda-beda.

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai keterkaitan antropometri dan militer, karakteristik data antropometri yang digunakan dalam sebuah survei dan fungsi data antropometri yang didapatkan. 

Keterkaitan Antropometri dan Militer

Dalam dunia militer itu sendiri, pengukuran antropometri merupakan salah satu komponen penting dalam mengecek bagaimana kondisi tubuh tentara. Mengapa demikian? Salah satu persyaratan dalam mengikuti ujian untuk bergabung menjadi militer misalnya. Diperlukan kondisi tubuh yang sesuai dengan standar, dan dipastikan bahwa tubuh dalam kondisi yang sehat. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pengukuran antropometri tersebut sangat penting untuk dilakukan.

Seperti apa karakteristik data antropometri yang dibutuhkan pada sebuah survey?

Untuk melakukan pengukuran antropometri yang sesuai. Maka ada dua kualifikasi objek untuk data pengukuran yang harus didapatkan yaitu:

1. Pengelompokan data seperti ras, suku, letak geografis, dsb.

Pertama, untuk mendapatkan data yang sesuai, kita ahrus memperhatikan pengelompokan ras para perajurit militer. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bradtmiller et al., 1985. Dijelaskan apabila usia, latar belakang ras atau etnis, dan jenis kelamin adalah pendorong utama variabilitas antropometri. Dengan demikian, dalam survei yang dilakukan, maka data antropometri yang ada harus mempertimbangkan karakteristik ini.

2. Mengambil sampel dalam jumlah tertentu

Kedua, ambil jumlah sampel yang besar. Data antropometri yang digunakan untuk membuat sebuah produk, maka hasil paling sesuai adalah ketika data tersebut mewakili populasi keseluruhan.  Untuk itu, penting bagi peneliti untuk mendapatkan sampel yang besar dan representatif dalam hal ini. 

Fungsi data antropometri dalam dunia militer

Pada pengukuran antropometri pada bidang militer, terdapat beberapa alasan mengapa pengukuran antropometri tersebut penting untuk dilakukan, diantaranya :

a. Sebagai indikator kesehatan perajurit dan pemilihan perajurit

Menurut sumber buku berjudul Anthropometry: The Individual and the Population, dikatakan apabila memang, sifat dan validitas hubungan antara antropometri dan kesehatan prajurit dan kinerja fisik terus menjadi fokus utama penelitian militer. Hal ini kemudian dijadikan sebuah dasar dari banyak standar antropometri untuk pemilihan dan personel militer. Masing-masing personel militer memiliki standar antropometri yang berbeda-beda. Misalnya militer Amerika Serikat, Korea Selatan dan Indonesia, memiliki standar tubuh yang berbeda-beda. Standar tersebut terbentuk dengan menggunakan analisis antropometri yang ada.

b. Pembuatan perlengkapan dan peralatan militer

Selain menjadi indikator kesehatan bagi para perajurit. Hal yang tidak kalah penting adalah betapa data antropometri akan digunakan untuk membuat desain pakaian dan peralatan militer yang tepat atau sesuai. Dengan adanya pengukuran antropometri maka seseorang dapat menciptakan peralatan militer yang aman dan sesuai untuk digunakan. Hal ini berkaitan pula dengan fungsi antropometri pada bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Desain Produk. Antropometri memiliki peran yang esensial untuk menciptakan produk maupun lingkungan militer yang sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang berhubungan dengan urgensi pengukuran antropometri pada bidang militer. Selanjutnya, kami akan membahas lebih lanjut mengenai pengukuran antropometri dalam bidang militer maupun peralatan apa saja yang digunakan untuk mengukur antropometri dalam bidang militer. 

Facebook Comments
Bagikan!