Memaksimalkan Bonus Demografi dengan Mengatasi Problema Stunting di Indonesia

Kalau kalian masih ingat dengan artikel kami yang sebelumnya, kami pernah menyebutkan bahwa Indonesia akan mengalami fase yang disebut bonus demografi. Bagi yang belum tahu, bonus demografi adalah potensi pertumbuhan ekonomi yang terjadi karena struktur umur penduduk mengalami perubahan yang signifikan.

Presiden Republik Indonesia, Jokowi, beliau menyatakan bahwasannya Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030-2040. Jadi, jumlah usia produktif yakni 15-64 tahun akan lebih besar daripada usia tidak produktif (di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

Pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya data yang dijelaskan oleh Plt. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, bahwa usia produktif diprediksi menembus angka 68 persen dari total populasi.

Bonus Demografi, Berdampak Positif atau Negatif?

Namun, kita semua harus tetap waspada dan tetap berpikir kritis, karena bonus demografi ini bak pisau bermata dua. Jikalau Indonesia dapat memaksimalkan fase tersebut, negara ini akan memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang siap menopang demi membangun negara menjadi lebih baik.

Tetapi, kalau tidak bisa memaksimalkan bonus demografi tersebut, Indonesia hanya akan menyetak generasi muda yang tidak produktif. Hal tersebut dapat terjadi jika berbagai masalah yang sering dihadapi tidak kunjung selesai, salah satunya dari sektor kesehatan, yakni stunting.

Stunting: Momok Menakutkan saat Bonus Demografi Terjadi

Jika permasalahan stunting masih meninggi sebelum dimulainya tahun 2030, generasi yang diharapkan dapat menjadi modal penting bagi pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa yang sehat dan pandai hanya akan menjadi mimpi belaka. Lebih parahnya lagi, mereka dapat menjadi beban nasional.

Oleh sebab itulah, kita harus saling bahu-membahu demi menekan prevalensi stunting di Indonesia. Kita sebagai masyarakat tidak bisa serta merta menyerahkan pemberantasan masalah ini kepada pihak pemerintahan atau kesehatan. Kita dapat ikut membantu menangani salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia, seperti:

  1. Memberikan asupan yang bergizi dan penuh nutrisi bagi keluarga, khususnya untuk sang buah hati (baik dalam masa kandungan hingga setelah lahir);
  2. Menjaga kebersihan sekitar;
  3. Membiasakan pola hidup sehat, contohnya seperti membiasakan cuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun;
  4. Memiliki pemahaman mengenai stunting itu sendiri; dan
  5. Memiliki kesadaran dalam menjaga perkembangan sang buah hati, bisa dilakukan dengan memeriksakan kandungan pada masa kehamilan dan rutin memeriksakan tumbuh kembang di posyandu atau puskesmas sekitar.

Seperti yang disebutkan di poin terakhir, kita harus selalu memantau tumbuh kembang sang anak selain harus memberikan pola asupan nutrisi yang bergizi. Bisa dengan melakukan pengukuran secara mandiri di rumah, atau pihak-pihak kader atau kesehatan yang terkait dapat melakukan pengukuran di setiap rumah yang sudah terdata di puskesmas tiap daerah (karena di masa pandemi ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja).

Untuk merealisasikan hal tersebut, kalian memerlukan alat ukur antropometri guna mendeteksi stunting yang tepat, cepat, dan akurat. Bagi kalian yang memerlukan kebutuhan tersebut, Solo Abadi menyediakan produk alat ukur antropometri spesial dalam paket Antropometri Kit yang bernama Stunting Kit.

Alat Ukur Antropometri untuk Stunting

Dalam melakukan pengukuran guna mendeteksi gejala stunting, kami menyediakan berbagai alat dan paket yang sesuai dengan kalian butuhkan. Berikut merupakan berbagai paket Stunting Kit yang kami miliki:

1. Antropometri Kit SK – 92

2. Antropometri Kit SK – 95

3. Antropometri Kit SK – 96

4. Antropometri Kit SK – 98

5. Antropometri Kit SK – 95

Antropometri Kit – SK Custom

Selain paket-paket yang sudah kami jelaskan di atas, kami juga dapat memenuhi kebutuhan alat-alat pendeteksi stunting sesuai dengan yang kalian minta. Baik dalam jenis alat, fungsi, hingga harga alat dapat kalian konsultasikan langsung dengan tim kami.

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Stunting Kit?

Apabila kalian tertarik untuk membeli produk paket Stunting Kit dari kami, kalian bisa berkunjung ke link berikut atau hubungi kami dengan menekan icon WhatsApp di pojok kanan bawah. Jangan ragu kalau kalian hanya ingin menanyakan harga ataupun meminta informasi yang lebih detail mengenai produk spesial kami, karena kami akan selalu melayani kalian dengan ramah.

Ayo Cegah dan Deteksi Stunting dengan TEPAT, CEPAT DAN AKURAT menggunakan Stunting Kit, Karena Cegah Stunting Itu Penting!

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar