Mari Memproduksi Roda Gigi (Gear) dengan Jumlah Banyak dan Cepat di Solo Abadi

Melihat dari pengalaman, banyak orang yang Kali ini kami akan membahas tentang roda gigi. Roda gigi atau gear adalah salah satu komponen dari dunia permesinan yang digunakan sebagai sistem transmisi. Apa itu gear? Bagaimana cara kerjanya? Sistem transmisi itu apa? Yuk, kita bahas bersama! Happy reading!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Roda Gigi

Seperti yang sudah disinggung di atas, roda gigi atau dikenal juga gear merupakan salah satu komponen dari mesin yang digunakan sebagai sistem transmisi. Sistem transmisi merupakan sistem untuk memindahkan tenaga dari suatu penggerak (motor) ke benda yang digerakkan.

Selain itu, dengan sistem transmisi digunakan untuk mengubah kecepatan putaran penggerak (motor) baik dari cepat ke lebih lambat ataupun lambat ke lebih cepat. Caranya dengan memasangkan dua gear dengan modul yang sama, namun dengan diameter yang berbeda, kemudian diatur sesuai kebutuhan. Jika ingin mengurangi kecepatan, diameter gear input lebih kecil dari diameter gear output, sedangkan jika ingin menambah kecepatan, atur diameter gear input lebih besar dari diameter gear output.

Macam-Macam Roda Gigi

Ada berbagai macam roda gigi, setiap roda gigi dibuat berdasarkan kebutuhan atau fungsi tertentu dalam suatu sistem. Macam roda gigi tersebut, diantaranya adalah :

1. Spur Gear (Roda Gigi Lurus)

Roda gigi lurus merupakan transmisi berupa roda yang memiliki banyak gigi, yang lurus dan sejajar dengan sumbu putar. Roda gigi lurus merupakan jenis roda gigi paling sederhana. Roda gigi lurus diaplikasikan pada mesin jam, mesin sepeda motor.

Credit : shutterstock

2. Helical Gear (Roda Gigi Heliks)

Roda gigi heliks adalah salah satu jenis roda gigi yang gigi-giginya memiliki sudut. Ujung dari gigi-giginya tidak paralel terhadap aksis rotasi, tapi miring pada derajat tertentu.

Credit : shutterstock

3. Double Helical Gear (Roda Gigi Heliks Ganda)

Roda gigi heliks ganda merupakan jenis roda gigi yang berbentuk seperti huruf V, jika dilihat seperti dua roda gigi heliks yang disatukan. Hal ini menyebabkan gaya aksial yang terjadi saling meniadakan. Dibanding roda gigi lainnya, roda gigi heliks ganda lebih rumit untuk dibuat.

Credit : shutterstock

4. Bevel Gear (Roda Gigi Payung)

Roda gigi payung adalah roda gigi yang bentuknya seperti kerucut atau menyerupai payung. Ketika dua roda gigi payung bersinggungan, titik ujung kerucut yang imajiner akan berada pada satu titik dan aksis poros yang akan saling berpotongan.

Credit : shutterstock

5. Worm Gear (Roda Gigi Cacing)

Roda gigi cacing merupakan roda gigi yang berbentuk seperti sekrup dan memiliki pasangan yang dinamakan poros cacing.

Credit : shutterstock

6. Rack and Pinion Gear

Rack and pinion gear adalah pasangan gear dengan rack merupakan batang bergigi sedangkan pinion adalah roda bergigi.

Credit : shutterstock

Produksi Roda Gigi di Solo Abadi

Solo Abadi adalah salah satu perusahaan yang memproduksi benda-benda yang presisi, salah satu contohnya adalah gear atau roda gigi. Kami dapat membuat roda gigi sesuai ukuran internasional maupun custom sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan, sejalan dengan tagline kami yaitu “Kreatif Bekerja Ikhlas Melayani”, selain itu kami juga menerima pemesanan dalam jumlah yang banyak dan kami dapat memproses dengan cepat, karena di Solo Abadi telah memiliki mesin CNC dan tim yang senang hati melayani pelanggan.

Jika kalian tertarik untuk membuat roda gigi ataupun ingin bertanya lebih jelas, hubungi tim marketing kami ya, dengan kontak di bawah ini. Jika ingin datang ke kantor kami di Tawangsari, Mojosongo, Solo, kami dengan senang hati akan menyambut kalian.

Facebook Comments
Bagikan!