Tips Pengukuran Menggunakan Skinfold Caliper Yang Benar

Pernahkah kalian bertanya bagaimana pengukuran menggunakan skinfold agar hasil bisa sesuai dengan kebutuhan dan presentase lemak yang ingin di cari? Faktanya, tidak semua orang bisa mengukur menggunakan skinfold caliper dengan benar loh. Banyak ditemui kesalahan-kesalahan yang terjadi saat mengukur lipatan kulit menggunakan skinfold caliper.

Namun sebelum menjelaskan tips untuk meminimalisir pengukuran menggunakan skinfold caliper, kali ini kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai skinfold caliper.

Pengertian Skinfold Caliper

Skinfold Caliper merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur presentase lemak tubuh manusia. Mengapa demikian? Melalui pengukuran lipatan kulit menggunakan alat ini, kita dapat memprediksi berapa jumlah presentase lemak tubuh manusia. Jika kita mengukur pada titik yang tepat, maka bisa didapatkan hasil yang paling akurat. Bahkan di katakan apabila, Akurasi pengukuran dengan skinfold mencapai ±97%.

Bagaimana Cara Pengukuran dengan Skinfold Caliper

Untuk melakukan pengukuran dengan skinfold caliper, tentu saja kita harus memilih alat yang akan digunakan. Karena pada dasarnya, skinfold caliper memiliki berbagai jenis bentuk dan bahan. Selain itu, ketepatan kaliper bergantung pada model, merek, dan kalibrasinya.

Kami menyarankan untuk menggunakan Harpenden skinfold caliper, alat diklaim merupakan satu-satunya caliper yang berguna dan berfungsi paling efektif. Selain itu, alat ini bisa dikalibrasi dengan baik.

Lalu, bagaimana cara pengukuran menggunakan Skinfold Caliper?

  1. Persiapkan Skinfold Caliper yang akan digunakan.
  2. Atur bagian mana yang akan diukur, triceps, biceps, dan lain sebagainya.
  3. Selanjutnya, pengukuran lipatan kulit harus dilakukan dengan mengambil lipatan terlebih dahulu dengan jari telunjuk dan ibu jari dan tanpa melepasnya.
  4. Lalu, letakkan caliper pada jarak 1 cm dari jari, lepas dial caliper dan baca hasil pengukurannya.

Tips Untuk Mengukur Menggunakan Skinfold Caliper Yang Baik

Untuk melakukan pengukuran lipatan kulit yang sesuai, kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini ini agar pengukuran bisa dilakukan dengan sesuai :

1. Pastikan titik pengukuran sesuai

Misalkan jika kita mengukur bagian triceps atau biceps, pastikan bahwa titik yang akan diukur telah sesuai. Selain itu, tidak boleh ada selisih sama sekali, meskipun hanya 1 cm saja.

2. Kesempurnaan merupakan kunci utama.

Dalam melakukan pengukuran menggunakan caliper, kesempurnaan menjadi kunci penting. Paling tidak, pengukuran bisa berhasil apabila pengukur telah memiliki ketrampilan yang pasti, sehingga seharusnya memang hasil akan sesuai.

3. Lakukan pengukuran minimal 2 kali.

Untuk memastikan bahwa data yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa melakukan percobaan pengukuran 2-3 kali. Hasil yang didapatkan kemudian di rata-rata, hasil tersebut bisa menentukan keakuratan pengukuran.

4. Penggunaan alat yang tepat untuk mengukur Lapisan Tebal Kulit

Terakhir, kita harus yakin bahwa alat yang kita gunakan sudah tepat. Dalam hal ini, kita harus mengetahui alat yang ingin kita gunakan. Biasanya, untuk praktik sekolah, Slim Guide Skinfold lebih digemari karena harganya yang murah dan bahannya yang ringan. Namun, professional menggunakan harpenden caliper karena akurasi nya yang tinggi.

Alat Ukur Skinfold Caliper Terbaru dari Solo Abadi

Solo Abadi menyediakan yang digunakan secara portable untuk menghitung lemak tubuh di bawah kulit. Instrumen ini akurat, murah dan mudah digunakan untuk mengukur komposisi lemak tubuh.  

Dua Tipe Metrisis Skinfold Caliper dari Solo Abadi yaitu :

1. Harpenden Skinfold Caliper

Metrisis Harpenden Skinfold Caliper merupakan alat ukur  yang digunakan untuk menghitung ketebalan lipatan kulit tubuh manusia. Perhitungan ini dapat digunakan untuk memperkirakan presentase jumlah lemak pada tubuh.

Keunggulan dari Harpenden Skinfold Caliper adalah:

  • Instrumen paling presisi untuk mengukur lemak
  • Memenuhi standar alat ukur yang akurat
  • Pengoperasian alat sangat mudah
  • Skala yang terlihat jelas saat pengukuran
  • Bahan baku premium
  • Terdapat fitur ‘floating tips‘ lengkap dengan kalibrasi
  • Terdapat Carrying Case Ekslusif dari Kayu
  • Tersedia instruksi pemakaian alat

2. Slim Guide Skinfold Caliper

Slim Guide Skinfold Caliper merupakan Instrument yang digunakan untuk mengukur presentase lemak melalui lapisan kulit pada tubuh. Bahan dari skinfold caliper ini terdiri dari plastik ABS dengan desain seperti pegangan pistol yang nyaman untuk digunakan. Dengan harga yang ekonomis, alat ini mampu memenuhi kebutuhan pengukuran yang dibutuhkan.

Keunggulan dari Slim Guide Skinfold Caliper adalah:

  • Pengoperasian alat sangat mudah
  • Skala yang terlihat jelas saat melakukan pengukuran
  • Bahan baku alat plastic sehingga alat lebih ringan
  • Perawatan alat yang mudah dibersihkan
  • Alternatif skinfold dengan harga terjangkau
  • Tersedia instruksi pemakaian alat
  • Terdapat pegas ganda sehingga pengukuran bisa dilakukan dengan konsisten

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI MENGENAI SKINFOLD CALIPER

Apabila anda tertarik untuk mendapatkan produk kami, anda dapat langsung menghubungi kami melalui WhatsApp resmi kami dan terhubung secara langsung bersama Admin kami. Apabila anda membutuhkan konsultasi terlebih dahulu, jangan khawatir karena kami akan melayani anda demi mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Solo Abadi juga senantiasa selalu mengusahakan pelayanan terbaik kami, agar pelanggan kami mendapatkan produk yang dibutuhkan. Jangan khawatir, untuk pembelian dalam jumlah tertentu, kami memiliki potongan dan diskon spesial di bulan ini.

Facebook Comments
Bagikan!