Hal yang Diperhatikan dalam Membuat Desain Kerja atau Gambar Kerja

Dalam prosedur umum pada proses perancangan mesin terdapat beberapa langkah yang harus dipenuhi dalam proses merancang, yaitu: mengenali kebutuhan dan tujuan, mekanisme, analisi gaya, pemilihan material,  design elemen, modifikasi, gambar detail, dan proses produksi sebagai langkah akhir dalam proses perancangan mesin.

Sebelumnya apakah Anda tahu apa itu Desain Kerja atau Gambar Kerja?

Pengertian Desain Kerja atau Gambar Kerja

Gambar kerja adalah suatu teknik menggambar yang digunakan untuk menjelaskan secara detail tentang produk yang akan dibuat meliputi berbagai unsur, yang memuat informasi mengenai dimensi, bahan, dan lain sebagainya. Aktifitas membuat gambar kerja menghasilkan dokumen gambar yang berfungsi sebagai bahasa atau media untuk menyampaikan ide, gagasan, atau informasi dari para desainer suatu produk kepada para pekerja yang akan membuatnya.

Gambar kerja, sering disebut juga sebagai Desain Produk atau dalam bahasa keilmuan disebut Desain Produk Industri. Desain Produk Industri adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari cara menentukan bentuk/form/gambar dari sebuah produk manufaktur, mengolah bentuk tersebut sedemikian rupa agar sesuai dengan kemampuan proses produksi pada industri yang membuatnya.

Contoh Gambar Kerja

Gambar kerja digunakan sebagai acuan untuk dilaksanakan/dikerjakan di lapangan, gambar kerja ini harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dimengerti di dalam pelaksanaan pekerjaannya. Gambar kerja yang demikian ini biasanya disebut juga dengan shopdrawing. Selain itu, gambar kerja merupakan penyempurnaan dari gambar desain yang telah ada dan disesuaikan dengan kondisi keadaan existing.

Fungsi Desain Kerja atau Gambar Kerja

Semua gambar yang ada pasti memiliki fungsi dan tujuan, walaupun gambar itu dibuat tanpa dasar apapun, akan tetapi persepsi orang melihatnya pasti akan berbeda-beda. Tujuan gambar kerja untuk membuat orang berpikir satu tujuan. Misalnya, gambar kerja denah rumah, sudah pasti setiap yang melihat akan beranggapan ini adalah langkah awal sebelum menjadi sebuah rumah nyata.

Ilustrasi sebuah gambar kerja pada rumah

Adapun fungsi gambar kerja secara umum, diantaranya :

  • Alat Komunikasi
  • Arsip Perencana
  • Menyampaikan Informasi
  • Instruksi

Fungsi gambar yang mendasar adalah sebagai sebuah alat untuk menyatakan maksud atau pemikiran dari seseorang. Oleh karena gambar sering dipakai sebagai alat komunikasi yang pokok di kalangan orang-orang teknik maka gambar di sebut sebagai bahasa teknik.

Komponen pada Desain Kerja atau Gambar Kerja

Gambar kerja berisi semua informasi yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu produk.Informasi yang ada dalam gambar kerja meliputi gambar rakitan, gambar detail, dimensi keterangan gambar dan semua standar informasi yang dibutuhkan dalam membuat suatu produk.

Tiga komponen dari satu set gambar kerja adalah:

  1. Detail dari setiap bagian
  2. Daftar komponen, atau bahan untuk merakit produk akhir
  3. Gambar rakitan/assembly\

Hal yang Diperhatikan dalam Membuat Desain Kerja atau Gambar Kerja

  • Jenis pandangan
  • Dimensi
  • Gambar detail
  • Gambar Rakitan (Assembly)
  • Nomor bagian
  • Part List (daftar isi komponen)
  • Ukuran kertas gambar
  • Etiket (blok judul)

Itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan jika kita ingin membuat desain kerja atau gambar kerja. Karena gambar kerja digunakan sebagai acuan untuk dilaksanakan/dikerjakan di lapangan, maka setiap bagian dari gambar kerja harus dibuat dengan teliti agar terhindar dari pembacaan data yang salah.

Facebook Comments
Bagikan!