Alat Ukur Panjang Badan Bayi Yang Wajib di Miliki Puskesmas

Pada dunia Kesehatan, pengecekan tumbuh kembang bayi merupakan salah satu hal yang krusial. Mengapa demikian? Bayi, balita atau anak kecil merupakan masa pertumbuhan yang sangat penting. Sehingga, pertumbuhan anak wajib dipantau sedini mungkin.

Apalagi kampanye pemerintah mengenai Stunting menjadi salah satu alasan mengapa pemantauan tumbuh kembang anak semakin penting untuk dilakukan. Bisa kita lihat, setiap bulan, anak diwajibkan untuk dilihat tumbuh kembangnya melalui pemeriksaan berkala ke Posyandu.

Terdapat tiga jenis pengukuran yang dilakukan:

  1. Pengukuran Panjang atau Tinggi Badan
  2. Pengukuran Berat Tubuh
  3. Pengukuran Lingkar Kepala

Dalam hal ini, masing-masing pengukuran tersebut dilakukan menggunakan alat atau instrument khusus yang disediakan oleh Puskesmas. Akan tetapi, tidak jarang peralatan yang digunakan masih kurang memadai atau tidak dapat mengukur pertumbuhan secara maksimal.

Solo Abadi sebagai produksi dan penyedia alat Kesehatan, berusaha melihat hal ini sebagai potensi dari kami untuk menciptakan alat yang berguna bagi pengukuran, khususnya panjang badan anak. Selain itu, kami cukup prihatin melihat alat ukur yang digunakan oleh Sebagian instansi didapatkan secara impor. Untuk itu, Solo Abadi berusaha untuk menciptakan alat ukur panjang bayi yang mudah digunakan, dengan desain yang menarik namun dengan harga yang terjangkau.

Untuk itu kami memperkenalkan Alat Ukur Panjang Badan Bayi (Infant Ruler).  

Mengenal Pengertian Alat Ukur Panjang Badan Bayi (Infant Ruler)

Alat Ukur Panjang Badan Bayi merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang badan anak dari 0-2 tahun. Mengapa alat ini hanya digunakan untuk anak usia maksimal 2 tahun? Hal tersebut karena perkembangan anak usia 0-2 tahun berpengaruh pada stunting atau tidaknya anak. Karena deteksi stunting hanya dapat dilakukan untuk anak usia 0-2 tahun. Di atas usia tersebut, anak yang sudah terkena stunting, tidak dapat di obati Kembali.

Pengukuran Menggunakan Alat Ukur Panjang Badan Bayi (Infant Ruler)

Pengukuran menggunakan alat ukur ini tidaklah sulit, bahkan, Ibu dapat melakukan pengukuran di rumah apabila memiliki alat ini. Beberapa step atau cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengukuran yaitu:

  1. Persiapkan Alat Ukur Panjang Badan Bayi yang akan digunakan, kemudian letakan alat tersebut di alas yang berbentuk datar seperti meja, lantai atau papan.
  2. Letakan alat ukur dengan posisi panel kepala di sebelah kiri dan panel penggeser di sebelah kanan.  Secara perlahan, baringkan anak atau bayi dengan posisi terlentang dan kepala bayi menempel pada panel kepala dengan hati-hati.
  3. Setelah itu, rapatkan kedua kaki anak, kemudian tekan secara perlahan lutut anak hingga lurus dan menempel ke alas dengan baik. Tekan telapak kaki anak sampai membentuk siku. Kemudian, geser panel bawah dan letakan tepat pada telapak kaki anak, hingga menyentuh ujung telapak kaki anak.
  4. Terakhir, akan kita dapatkan hasil pengukuran panjang badan bayi, bacalah data hasil pengukuran panjang badan bayi pada skala kearah angka yang lebih besar.

Perlu di ingat kembali, alat ini digunakan untuk melakukan pengukuran anak usia 0-2 tahun. Dengan skala pengukuran hingga 99 cm.

Keunggulan dari Alat Ukur Panjang Badan Bayi (Infant Ruler)

Meskipun terdapat alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang pada bayi, akan tetapi, alat ukur panjang badan bayi (infant ruler) memiliki sejumlah keunggulan seperti:

  1. Bahan Yang Aman dan Nyaman Untuk Digunakan
  2. Desain Beragam Yang Digemari oleh Anak-Anak
  3. Harga Yang Sangat Terjangkau dengan Kualitas Unggulan
  4. Bentuk Alat Yang Fleksibel Sehingga Pengukuran Dapat di Lakukan di mana saja
  5. Packaging Kardus Yang Aman digunakan Untuk Pengiriman
  6. Tas Motif Untuk Menyimpan Alat Ukur
  7. Terdapat ‘Special How to Use Card’

Berikut adalah gambar dari Alat Ukur Panjang Bayi (Infant Ruler) yang kami produksi :

Bagaimana Mendapatkan Alat Ukur Panjang Bayi (Infant Ruler) dari Solo Abadi

Apabila anda tertarik untuk membeli produk kami, segera dapatkan produk kami disejumlah marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Jangan segan untuk sekedar mengkonsultasikan alat ukur antropometri kit atau stunting yang anda butuhkan. Karena cegah stunting, itu penting!

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar