Pengaplikasian Ilmu Antropometri pada Perancangan Produk di Dunia Industri

Dewasa kini, pengetahuan akan ilmu antropometri sudah banyak sekali diterapkan dalam dunia Industri. Hal itu karena untuk demi mencapai kepuasaan konsumen dalam aspek kergonomisan pada suatu produk. Antropometri sendiri merupakan ilmu yang mempelajari mengenai ukuran tubuh manusia, dari mulai kepala sampai ujung kaki.

Pengukuran Antropometri

Menurut (Wignjosoebro, 2008), antropometri adalah studi yang berkaitan dengan pengukuran dimensi tubuh manusia. Bidang antropometri meliputi berbagai ukuran tubuh manusia seperti berat badan, posisi ketika berdiri, ketika merentangkan tangan, lingkar tubuh, panjang tungkai, dan sebagainya.

Ilmu antropometri sudah banyak sekali digunakan dalam proses perancangan atau pembuatan produk. Bidang yang telah menerapkan ilmu antropometri antara lain: industri, kedokteran, kepolisian dan militer, olahraga, dan lain-lain.

Apakah kalian sudah tahu bagaimana penerapan ilmu antropometri dalam dunia industri?

Contoh Penerapan Ilmu Antropometri dalam Dunia Industri

Dari sekian banyak contoh pengaplikasian ilmu antropometri di dunia industri, salah satunya yaitu dalam perancangan meja pengelasan. Pada perancangan meja pengelasan banyak sekali ukuran tubuh yang digunakan sebagai referensi ukuran meja pengelasan. Antara lain:

  • Tinggi siku berdiri (TSB), tinggi siku dalam posisi berdiri tegak
  • Panjang siku (Ps), panjang siku yang diukur dari siku sampai dengan ujung jari-jari dalam posisi tegak lurus
  • Jangkauan tangan (Jt), jarak jangkauan tangan yang terjulur ke depan diukur dari bahu sampai ujung jari tangan.
  • Panjang lengan atas (Pla), panjang dari siku tangan sampai bahu.

Selain meja pengelasan, ilmu antropometri juga diterapkan pada perancangan model kursi roda untuk lansia. Karena pada orang dengan lanjut usia memiliki keterbatasan dalam melakukan mobilitas yang tinggi. Sehingga untuk membuat kursi roda yang cocok untuk lansia diperlukan kajian ilmu antropometri.

Aspek Antropometri pada Perancangan Desain Sepeda

Sepeda yang kadang membuat pengendaranya kelelahan dan tidak nyaman

Sepeda dirancang sebagai transportasi yang nyaman, aman, dan efisien bagi manusia sebagai alternatif kendaraan yang sehat dan ramah lingkungan. Tentu jika ingin merancang sebuah sepeda yang nyaman dan aman maka perlu menentukan ukuran geomotri sepeda yang sesuai dengan kajian ilmu antropometri.

Sama halnya seperti perancangan meja pengelasan dan model kursi roda untuk lansia, pada perancangan desain sepeda juga harus menerapkan ilmu antropometri untuk mengukur bagian tubuh manusia yang digunakan sebagai acuan ukuran pada struktur geometri kerangka sepeda.

Kerangka Sepeda

Geometri sepeda ditentukan berdasarkan bentuk dan ukuran rangkanya. Sedangkan ukuran rangka ditentukan oleh ukuran tubuh pengendara. Pada proses pengambilan ukuran, biasanya paramater yang dijadikan acuan dalah posisi pengendara saat mengendarai sepeda, misalnya :

  • Siku
  • Lutut
  • Titik simpul bahu
  • Pergelangan tangan
  • Bagian pinggul

Desain Sepeda yang Ergonomis dan Ideal Untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

Berdasarkan parameter bagian tubuh yang diukur akan diperoleh geometri atau dimensi ukuran sepeda yang ideal dan ergonomis bagi orang dewasa, sebagai berikut :

Geometri Ukuran Sepeda yang Ergonomis

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Ukuran Tubuh Manusia

Untuk mengukur bagian tubuh manusia dalam proses membuat rancangan desain produk, diperlukan alat ukur khusus yang dapat menjangkau bagian seluruh tubuh. Alat ukur tersebut antara lain :

1. Kursi Antropometri

Kursi Antropometri

Kursi Antropometri merupakan sebuah alat bantu dalam mengukur 34 Dimensi Tubuh Manusia. Alat ini memudahkan kita untuk melakukan pengukuran yang menuntut kepresisian tinggi pada ukuran tubuh. Alat bantu ukur tubuh ini dapat digunakan dalam tiga bagian, yaitu: posisi berdiri, posisi duduk, dan pengukuran area wajah.

Pengukuran tubuh posisi berdiri menggunakan Kursi Antropometri
Pengukuran tubuh posisi duduk menggunakan Kursi Antropometri

2. Metrisis Anthropometry Portable

Metrisis Anthropometry Portable

Portable Antropometri Kit adalah alat ukur antropometri yang digunakan untuk pengukuran tubuh manusia dan merupakan brand antropometri kit resmi dari Solo Abadi. Instrumen ini merupakan alat ukur antropometri yang digunakan untuk pengukuran tubuh manusia. Pengukuran  menggunakan portable antropometri ini sangat efisien dan akurat.

Fungsi alat ini adalah untuk melakukan pengukuran antropometri yang dilakukan dengan hati-hati dan mengedepankan ketepatan data.

Pengukuran dengan Metrisis Anthropometri Portable
Pengukuran tinggi siku saat duduk dengan Metrisis Anthropometri Portable

Instrumen ini menawarkan kemampuan pengukuran hingga 100 pengukuran. Disamping itu, bentuknya yang portable membuat alat ini dapat digunakan tak terbatas  waktu dan dan dilakukan dimana saja.

Bagaimana cara mendapatkan produk-produk di atas?

Untuk Anda yang saat ini sedang membutuhkan alat penunjang pekerjaan mengukur tubuh, Anda bisa menggunakan produk diatas, yaitu Kursi Antropometri dan Anthopometry Portable dari PT Solo Abadi Indonesia.

Anda juga dapat mengunjungi website kami di www.soloabadi.com atau bisa juga datang ke workshop kami yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Anda bisa juga kunjungi media soasial Instagram kami di @soloabadi atau bisa juga hubungi kami jika ada pertanyaan melalui WhatsApp. Kami siap melayani sepenuh hati dan memberikan penawaran terbaik untuk Anda.

Facebook Comments
Bagikan!