Jual Skinfold Caliper Untuk Menghitung Komposisi Tubuh Atlet

Tahukah anda bahwa setiap performa atlet dipengaruhi oleh keadaan fisik sang atlet. Untuk itu, penting untuk dilakukan pengecekan rutin dan berkala, khususnya dengan melakukan perhitungan komposisi tubuh.

Setiap cabang olahraga di dunia seperti Volly, Sepakbola, Basket, dan lain sebagainya, menuntut kemampuan fisik dan teknik yang berkualitas. Hal ini terjadi karena, fisik yang kuat dan teknik yang mumpuni tentu saja bisa mempengaruhi performa atlet agar maksimal.

Untuk itu, diharapkan bahwa pihak terkait yang mengurus para atlet mampu memahami pentingya menghitung komposisi tubuh pada atlet seperti guru olahraga, pelatih dan pihak tertentu.

Pentingnya menghitung Komposisi Tubuh Atlet

Selain alasan di atas, menghitung komposisi tubuh atlet dilakukan untuk memastikan bahwa kesehatan atlet maksimal. Karena komposisi tubuh kita mempengaruhi elemen bagi atlet yaitu :

  • Kekuatan tubuh atlet
  • Kecepatan dan ketangkasan atlet
  • Kelincahan atlet

Hasil pengukuran komposisi tubuh yang telah kita dapatkan ini, kemudian berfungsi sebagai sebuah acuan pelatihan dan penambahan gizi atau nutrisi tubuh untuk meningkatkan kinerja atlet.

Menghitung Komposisi Tubuh Atlet Melalui Perhitungan Lemak Tubuh

Terdapat beberapa perhitungan komposisi tubuh, namun pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengukuran tebal lemak (bodyfat). Mengapa kami mengambil bodyfat.

Saat ini, pelatihan dan perencanaan gizi untuk atlet memperhitungkan kandungan lemak tubuh, karena jumlah lemak tubuh yang tingga dapat berpengaruh negatif pada performa olahraga yang optimal. Untuk tujuan ini, penentuan atlet secara antropometri sangat berperan penting bagi pelatih dan tenaga medis.

Lalu seperti apa cara mengukur lemak tubuh pada atlet? Untuk menghitung lemak tubuh pada atlet, terdapat beberapa pengukuran yang biasanya dilakukan yaitu :

  1. Triceps (lengan belakang atas)
  2. Biceps (lengan depan atas
  3. Subscapular
  4. Suprailiaca

Beberapa bagian tersebut penting untuk dilakukan pengukuran. Namun, tahukah anda bagaimana cara untuk mengukur lemak tubuh tersebut.

Pengukuran Lemak Tubuh Yang Benar

Untuk menghitung lemak tubuh yang benar, kita harus menghitung lipatan pada kulit. Mengapa demikian? Diharapkan dengan hal ini, dapat memungkinkan kita untuk memperkirakan total presentase lemak pada atlet tersebut.

Cara pengukuran dapat dilakukan menggunakan alat Skinfold Caliper, di mana alat ini dapat menghitung tebal kulit, yang nantinya dapat merepresentasikan berapa jumlah lemak tubuh. Cara penggunaanya adalah dengan cara pertama, yaitu peneliti mencubit kulit seseorang di tempat yang sesuai untuk mengangkat lapisan ganda kulit dan jaringan adiposa di bawahnya. Kemudian alat diletakan untuk mencubit bagian tersebut.

Contoh pengukuran menggunakan Skinfold Pada Atlet

Dan tahukan kamu, bahwa di lansir pada situs Coast Sport, dijelaskan apabila perhitungan lemak menggunakan skinfold caliper dilakukan hampir pada seluruh atlet di seluruh akademi dan institute di Australia. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi ideal dari atlet pada berbagai olahraga untuk meningkatkan kemampuan bermain atlet.

Skinfold Caliper sebagai Alat Ukur Lemak Tubuh dari PT Solo Abadi Indonesia

Solo Abadi sebagai produsen alat antropometri dan alat kesehatan terbesar di Indonesia, memiliki skinfold caliper yang bisa digunakan untuk mengukur lipatan kulit dengan mudah. Selain itu, kami memiliki dua jenis skinfold yang bisa digunakan sebagai berikut :

1. Harpenden Skinfold Caliper

Metrisis Harpenden Skinfold Caliper merupakan alat ukur yang digunakan untuk menghitung ketebalan lipatan kulit tubuh manusia. Perhitungan ini dapat digunakan untuk memperkirakan presentase jumlah lemak pada tubuh.

Keunggulan dari Skinfold Caliper:

  1. Instrumen paling presisi untuk mengukur lemak
  2. Memenuhi standar alat ukur yang akurat
  3. Pengoperasian alat sangat mudah
  4. Skala yang terlihat jelas saat pengukuran
  5. Bahan baku premium
  6. Terdapat fitur ‘floating tips’ lengkap dengan kalibrasi
  7. Terdapat Carrying Case Ekslusif dari Kayu
  8. Tersedia instruksi pemakaian alat

Berikut merupakan foto dari Harpenden Skinfold Caliper kami:

2. Slim Guide Skinfold Caliper

Slim Guide Skinfold Caliper merupakan Instrument yang digunakan untuk mengukur presentase lemak melalui lapisan kulit pada tubuh. Bahan dari skinfold caliper ini terdiri dari plastik ABS dengan desain seperti pegangan pistol yang nyaman untuk digunakan. Dengan harga yang ekonomis, alat ini mampu memenuhi kebutuhan pengukuran yang dibutuhkan.

Keunggulan Slim Guide Skinfold Caliper:

  1. Pengoperasian alat sangat mudah
  2. Skala yang terlihat jelas saat melakukan pengukuran
  3. Bahan baku alat plastic sehingga alat lebih ringan
  4. Perawatan alat yang mudah dibersihkan
  5. Alternatif skinfold dengan harga terjangkau
  6. Tersedia instruksi pemakaian alat
  7. Terdapat pegas ganda sehingga pengukuran bisa dilakukan dengan konsisten

Berikut merupakan foto dari Slim Guide Skinfold Caliper kami:

Kontak Kami Untuk Kebutuhan Skinfold dari PT Solo Abadi Indonesia

Jika anda tertarik untuk memiliki produk Mesin Feeder dari PT Solo Abadi Indonesia, anda dapat menghubungi kami melalui kontak ini. Jangan khawatir, anda bisa berkonsultasi mengenai produk ini secara GRATIS kepada PT Solo Abadi Indonesia! Jangan khawatir, kami juga memiliki harga khusus untuk pembelian dalam Jumlah tertentu.

Anda juga bisa menghubungi kami melalui nomor 0851-0088-8111. Atau email kami di admin@soloabadi.com. Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk semua pelanggan kami diseluruh Indonesia. Tertarik untuk memiliki produk kami, langsung hubungi kami sekarang juga ya!

Facebook Comments
Bagikan!