Alat Antropometri Wajib yang Harus dimiliki oleh Puskesmas

Setiap di penjuru wilayah wajib memiliki wadah yang berfungsi sebagai tempat pelayanan kesehatan pertama (selain dari rumah sakit). Oleh sebab itu, pemerintah pada zaman dahulu membentuk tempat untuk memfasilitasi kesehatan pertama di setiap wilayah yang bernama Puskesmas.

Puskesmas atau singkatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat, merupakan sarana pelayaan kesehatan yang bersifat menyeluruh dan merata, sehingga dapat diterima dan dijangkau oleh masyarakat. Peranan dan kedudukan puskesmas sangatlah penting, karena tempat tersebut merupakan ujung tombak sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.

Puskesmas di Indonesia (Sumber: Flickr)

Fungsi dari Puskesmas

Sesuai dengan definisi yang sudah kami uraikan sebelumnya, Puskesmas memiliki fungsi dan tujuan berupa memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat. Dengan adanya puskesmas di berbagai daerah, diharapkan tingkat kesehatan tiap daerah/ lingkungan tersebut semakin tinggi dan membaik. Berikut merupakan fungsi dari puskesmas dengan detail yang lebih rinci:

  1. Melakukan komunikasi, informasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan;
  2. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara komprehensif;
  3. Menyelenggarakan rekam medis kepada masyarakat;
  4. Melaksanakan pembinaan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama;
  5. Mengedukasi masyarakat sekitar mengenai menanggulangi suatu virus ataupun penyakit; dan masih banyak lagi.
Proses Pelayanan Kesehatan di Puskesmas (Sumber: Flickr)

Untuk menunjang kebutuhan puskesmas dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan, ada beberapa fasilitas ataupun alat yang harus dimiliki di tiap puskesmas.

Fasilitas dan Alat Wajib di Puskesmas

Sesuai dengan Permenkes Nomor 75 tahun 2014 mengenai puskesmas, puskesmas harus memiliki peralatan dan sarana prasarana serta sumber daya manusia yang mendukung dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, menyatakan bahwa puskesmas harus meningkatkan peralatan kesehatan karena semakin meningginya tuntutan kesehatan masyarakat.

Alat pendukung yang dimiliki puskesmas harus memadai dan berkualitas agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga semakin membaik.

“Puskesmas harus mempunyai alat emergency dan diagnostik, seperti tensimeter, stetoskop dan alat-alat laboratorium lainnya. Selain itu, alat-alat untuk mengantisipasi penyakit seperti alat foging dan pengecekan air juga harus tersedia. Dan untuk puskesmas yang menyediakan fasilitas rawat inap harus memiliki peralatan yang lengkap dan memiliki nilai guna yang tinggi.” tegas Yulianto.


Alat-Alat Kesehatan (Sumber: Google)

Alat Ukur Antropometri Untuk Stunting

Dalam melakukan pengukuran stunting, terdapat sejumlah alat yang dapat digunakan untuk mengukur stunting dengan aman dan tepat, beberapa alat yang digunakan adalah sebagai berikut:

Alat Ukur Antropometri Untuk Stunting

Dalam melakukan pengukuran stunting, terdapat sejumlah alat yang dapat digunakan untuk mengukur stunting dengan aman dan tepat, beberapa alat yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 92

Paket antropometri kit SK-92 merupakan serangkaian alat ukur antropometri yang digunakan untuk mendeteksi stunting. Instrument ini mampu melakukan semua deteksi stunting dengan tepat dan mudah. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah:

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur berat badan digital
  3. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  4. Tas Bahan Parasut Antropometri Kit

Ke empat barang tersebut merupakan barang dasar untuk melakukan pengukuran tubuh guna melakukan deteksi kondisi stunting. Untuk penjelasan mengenai paket ini, kamu dapat melihat pada brosur berikut ini:

2. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 95

Paket antropometri kit SK-92 merupakan serangkaian instrument untuk pengukuran antropometri guna melakukan deteksi stunting. Pada alat ini, terdapat sejumlah instrument yang tidak hanya untuk mengukur anak namun bayi atau balita. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah:

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur panjang badan
  3. Alat ukur berat badan digital
  4. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  5. Tas Bahan Parasut Antropometri Kit

Kelima barang tersebut merupakan paket antropometri yang digunakan oleh mayoritas dinas kesehatan di Indonesia. Selain itu, instrument ini juga telah disesuaikan dengan peraturan kementerian kesehatan menegnai alat antropometri standar yang digunakan dalam pengukuran stunting. Beberapa penjelasan lengkap menegenai paket ini dapat dilihat pada brosur di bawah ini:

3. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 96

Paket antropometri kit SK-96 merupakan serangkaian alat ukur antropometri yang berfungsi untuk mendeteksi stunting pada anak. Instrument ini mampu melakukan semua deteksi stunting dengan cepat, tepat dan akurat. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah :

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur panjang bayi dan balita
  3. Alat ukur berat badan digital
  4. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  5. Tas bahan parasut antropometri kit

Kelima barang tersebut merupakan paket antropometri yang digunakan oleh mayoritas dinas kesehatan di Indonesia. Selain itu, instrument ini juga telah disesuaikan dengan peraturan kementerian kesehatan menegnai alat antropometri standar yang digunakan dalam pengukuran stunting. Perbedaan paket antropometri kit – 92 dengan antropometri kit – 96, terdapat pada alat ukur panjang badan bayi. Pada paket ini, kualitas dari antropometri kit lebih baik. Beberapa penjelasan lengkap menegenai paket ini dapat dilihat pada brosur di bawah ini:

4. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 98

Paket antropometri kit SK-98 merupakan serangkaian instrument untuk pengukuran antropometri guna melakukan deteksi stunting. Pada alat ini, terdapat sejumlah instrument yang tidak hanya untuk mengukur anak namun bayi atau balita. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah:

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur panjang bayi dan balita
  3. Alat ukur berat badan digital
  4. Alat ukur berat abadan bayi manual
  5. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  6. Tas Bahan Parasut dan antropometri kit

Keenam instrument tersebut dapat dikatakan sebagai instrument paling lengkap untuk melakukan pengukuran stunting. Alat yang digunakan juga cenderung lebih komplit dengan kualifikasi yang lebih sesuai. Paket ini bisa digunakan berbagai kalangan usia seperti bayi, balita, dewasa hingga anak-anak. Untuk penjelasan mengenai paket ini, kamu dapat melihat pada brosur berikut ini:

5. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 99

Paket antropometri kit SK-99 merupakan serangkaian instrument untuk pengukuran antropometri guna melakukan deteksi stunting. Pada alat ini, terdapat sejumlah instrument yang tidak hanya untuk mengukur anak namun bayi atau balita. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah:

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur panjang bayi dan balita
  3. Alat ukur berat badan digital
  4. Alat ukur berat badan bayi manual
  5. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  6. Tas Bahan Parasut dan antropometri kit

Hubungi Kami untuk Pemesanan Stunting Kit Edition

Apabila anda memiliki kebutuhan untuk produk antropometri yang digunakan untuk pengukuran stunting. Jangan segan untuk menghubungi kami baik melalui website ataupun memalui whatssap kami yang ada pada link berikut. Kami siap membantu anda untuk mendapatkan produk antropometri kit terbaik yang digunakan untuk melakukan deteksi stunting. Jika anda telah siap untuk melakukan pembelian, silahkan mengisi ask for price yang ada pada website kami, atau dengan mengklik link berikut. 

Di samping itu, apabila terdapat sejumlah pertanyaan, jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Baik pertanyaan mengenai stunting, pembelian maupun stok produk. Kami akan siap untuk membantu anda mendapatkan jawaban yang anda butuhkan.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar