Cara Membersihkan Kursi Antropometri dengan Disinfektan agar Tetap Aman

Sewaktu pandemi COVID-19 (atau lebih dikenal dengan nama coronavirus) datang di berbagai dunia, kita dituntut untuk lebih pintar dan aware dalam membersihkan diri sendiri. Seperti yang sudah disuarakan di berbagai tempat, kita semua diminta selalu rajin dalam membersihkan diri.

Mulai dari rutin membersihkan tangan dengan bersih dan benar, langsung membilas diri sesampainya di rumah, dan lain sebagainya. Selain harus membersihkan diri sendiri, kita juga diwajibkan untuk membersihkan benda-benda di sekitar kita (baik di lingkungan kerja ataupun rumah).

Kita juga harus memperhatikan kebersihan di benda sekitar karena fakta menunjukkan, bahwa virus corona dapat menempel di berbagai permukaan barang di sekitar kita. Berdasarkan dari “J. Hosp. Infect. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jhin.2020.01.022”, berikut merupakan berbagai ketahanan virus corona di berbagai permukaan benda:

Definisi Disinfektan

Agar benar-benar merasa aman dan terjaga dari serangan virus corona, kita harus ruting membersihkan alat ataupun benda di sekitar kita menggunakan disinfektan. Untuk yang belum mengetahui arti disinfektan, disinfektan adalah alat yang digunakan untuk membunuh kuman, bakteri, jamur, virus dan protozoa tanpa merusak benda yang terkan cairan tersebut.

Secara umum, nama disinfektan dan antiseptik memiliki peranan yang sama untuk membunuh kuman. Perbedaannya terdapat pada media/ tempat pengaplikasiannya. Disinfektan berfungsi untuk membunuh kuman pada benda-benda mati, dan antiseptik digunakan untuk membunuh kuman pada jaringan hidup seperti manusia.

Membersihkan Benda Sekitar dengan Disinfektan

Karena virus tersebut dapat menempel dan meningkatkan resiko orang disekitarnya terkena virus corona, kita harus sering-sering membersihkan alat dan benda di sekitar kita. Mulai dari peralatan dapur, gagang pintu, gagan telepon, toilet hingga alat ukur antropometri seperti Kursi Antropometri.

Kita harus mempersiapkan berbagai alat sebelum membersihkan alat-alat di sekitar kita, seperti sarung tangan, masker, hingga alat disinfektan yang sesuai.

Daftar Rekomendasi Disinfektan

Menurut panduan disinfektan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, berikut merupakan berbagai rekomendasi disinfektan yang bisa digunakan untuk membersihkan alat-alat di sekitar kita:

Langkah-Langkah Membersihkan Alat dengan Disinfektan

Terdapat berbagai cara/ langkah untuk membersihkan alat-alat di sekitar kita, khususnya dalam membersihkan alat ukur Kursi Antropometri. Berikut merupakan berbagai cara yang dapat kalian lakukan dalam membersihkan Kursi Antropometri:

1. Siapkan Alat Pelindung Diri 

Sebelum membersihkan Portable Antropometri Kit, kita harus melindungi diri sendiri dengan berbagai alat. Mulai dari menggunakan sarung tangan, masker hingga topi atau face shield jika diperlukan.

2. Persiapkan Alat-Alat yang dibutuhkan

Setelah melindungi diri sendiri dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), siapkan alat-alat yang dibutuhkan guna membersihkan Kursi Antropometri. Mulai dari disinfektan (sesuai dengan yang dimiliki ataupun sesuai dengan rekomendasi yang tertera di atas), botol sprayer, kain/ lap, tisu hingga kemoceng.

3. Bersihkan Debu yang Menempel pada Kursi Antropometri

Hal pertama yang dilakukan dalam membersihkan Kursi Antropometri yaitu dengan membersihkan debu-debu yang menempel. Untuk membersihkan debu tersebut, kita bisa menggunakan kemoceng.

4. Lepas/ Buka Seluruh Komponen Assy Pengukuran dari Kursi Antropometri

Sembari membersihkan debu yang menempel di Kursi Antropometri, kita bisa membuka seluruh komponen assy dari Kursi Antropometri. Hal tersebut bertujuan agar tiap sisi dari Kursi Antropometri dapat dibersihkan.

5. Semprot Seluruh Bagian Kursi Antropometri dengan Disinfektan

Setelah debu-debu yang menempel berhasil dibersihkan serta seluruh komponen dari Kursi Antropometri sudah dibuka, hal yang dilakukan setelahnya yaitu menyemprot seluruh bagian menggunakan disinfektan yang sudah ditaruh ke dalam botol sprayer.

Setelah seluruh bagian sudah disemprot menggunakan disinfektan, diamkan cairan disinfektan membasahi Kursi Antropometri selama 5-10 menit.

6. Lap Seluruh Bagian Kursi Antropometri

Hal terakhir setelah cairan disinfektan disemprotkan ke seluruh bagian Kursi Antropometri yaitu mengelap keseluruhan Kursi Antropometri menggunakan kain yang sudah dipersiapkan. Lap dari atas (top slider assy) hingga bagian bawah (base assy).

Video Tutorial How to Clean: Anthropometric Chair

Agar kalian dapat lebih memahami bagaimana cara membersihkan serta merawat Kursi Antropometri, kalian bisa menyimak video pada link berikut.

How to Clean Kursi Antropometr

Mari turut serta dalam melawan corona dengan membantu sesuai dengan kita semua. #BersamaLawanCorona #IndonesiaStandsforCorona

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar