Apa Penyebab Stunting pada Anak? Yuk Bunda Pahami Satu Persatu!

Stunting adalah keadaan ketika anak mengalami kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Menurut Media Indonesia, Angka Prevalensi Stunting di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 30,8 %.

Kondisi stunting dapat mengakibatkan seorang anak mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dari usianya. Lebih parahnya lagi, perkembangan otak mereka juga akan terganggu. Oleh karena itu, stunting harus cepat dicegah agar masa depan anak dapat menjadi lebih baik.

Salah satu pencegahan stunting yang dapat Bunda lakukan adalah dengan mengetahui penyebab-penyebab apa saja yang dapat menimbulkan stunting pada anak.

Penyebab Stunting pada Anak!

Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis atau gizi akut sejak bayi dalam kandungan hingga periode awal kehidupan anak (1.000 hari semenjak di dalam kandungan).

Hal tersebut menjadi masalah serius bagi pemerintah dan kita semua, karena pada tahun 2020, anak yang mengalami kekurangan gizi akut di bawah 5 tahun meningkat sebanyak 15% menurut UNICEF.

 Beberapa faktor yang mengakibatkan anak kekurangan gizi kronis yaitu:

  1. Faktor gizi buruk yang dialami ibu hamil dan anak balita;
  2. Kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan;
  3. Terbatasnya akses pelayanan kesehatan, termasuk layanan kehamilan dan postnatal (setelah melahirkan);
  4. Kurangnya akses air bersih dan sanitasi; dan
  5. Kurangnya akses makanan bergizi karena ketidakmampuan biaya.

Cara Mendeteksi Stunting pada Anak!

Setelah mengetahui penyebab terjadinya stunting pada anak, Bunda harus tau cara mendeteksi stunting. Stunting dapat dideteksi dengan cara melakukan pengukuran secara berkala pada anak.

Pengukuran tersebut meliputi, pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, dan pengukuran lingkar kepala dan lingkar lengan (LILA). Untuk melakukan berbagai pengukuran tersebut, tentu saja kita memerlukan alat-alat yang tepat sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No.2 Tahun 2019.

Apa Saja Alat-Alat yang digunakan untuk Mendeteksi Stunting?

Dalam melakukan pengukuran secara berkala, kita memerlukan alat-alat yang cepat, tepat dan akurat agar hasil yang didapatkan maksimal. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Solo Abadi menyediakan berbagai paket Antropometri Kit – SK guna mendeteksi stunting.

1. Antropometri Kit SK-92

2. Antropometri Kit SK-95

3. Antropometri Kit SK-96

4. Antropometri Kit SK-98

5. Antropometri Kit SK-99

Paket Antropometri Kit – SK: Alat Terbaik untuk Mendeteksi Stunting

Solo Abadi selalu berupaya semaksimal mungkin dalam menciptakan sebuah produk, begitu juga untuk paket Antropometri Kit – SK. Dengan berbagai proses yang sudah kami lakukan, paket Antropometri Kit dari Stunting Kit merupakan alat terbaik untuk mendeteksi stunting!

Bagaimana Cara Mendapatkan Paket Antropometri Kit-SK?

Jika kalian tertarik untuk mendapatkan paket Antropometri Kit – SK guna mendeteksi stunting secara tepat, cepat dan akurat, kalian bisa langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 62851 – 0088 – 8111 atau kunjungi link berikut.

MARI CEGAH DAN DETEKSI STUNTING SEJAK DINI DENGAN TEPAT, CEPAT DAN AKURAT MENGGUNAKAN STUNTING KIT. KARENA CEGAH ITU PENTING!

Facebook Comments
Bagikan!