Pengukuran Antropometri untuk Tahap Seleksi Atlet Olahraga

Sekarang ini, banyak sekali ajang perlombaan olahraga yang diselenggarakan oleh berbagai Instansi Pemerintah baik Nasional maupun Internasional. Bahkan, ajang-ajang bergengsi yang dilakukan oleh berbagai negara pun menyeruak seperti Sea Games hingga Asian Games.

Dalam sebuah ajang perlombaan, tentu saja terdapat seleksi yang sangat ketat pada atlet-atlet yang akan mengikuti perlombaan tersebut. Tahap seleksi yang dilakukan meliputi tes skor, mental kepribadian, dan tes antropometri.

Tes antropometri merupakan tes yang dilakukan untuk mengetahui dan menentukan status fisik seseorang; apakah bentuk tubuh dan komposisi tubuhnya sudah ideal atau belum.

Pengukuran Antropometri dalam Tahap Seleksi Atlet

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, Antropometri adalah ilmu yang mempelajari tentang kontruksi tubuh manusia yang mencakup perkembangan tubuh manusia dari zaman ke zaman dan dimensi bagian-bagian tubuh tersebut.

Pengukuran antropometri merupakan salah satu hal paling dasar dalam bidang olahraga. Pengukuran antropometri bertujuan untuk mengukur status fisik yang mencakup perkembangan bentuk tubuh. Perkembangan tersebut juga berhubungan dengan kesehatan, kekebalan suatu penyakit, sikap, kemampuan fisik dan kualitas kepribadian.

Mengapa Pengukuran Antropometri Penting dalam Tahap Seleksi Atlet?

Dengan melakukan tes pengukuran antropometri, kalian akan dapat mengetahui ciri-ciri fisik dan ukuran tubuh yang ideal untuk menjadi seorang atlet yang profesional dalam ajang perlombaan tersebut.

Dengan begitu, data hasil pengukuran antopometri tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu patokan dalam mencari atlet baru atau sebagai pemilihan standar kualifikasi atlet baru.

Alat yang Tepat untuk Melakukan Pengukuran Antropometri

Kita harus menggunakan alat yang tepat dalam pengukuran antropometri agar mendapatkan hasil yang akurat. Apabila data antropometri yang dihasilkan kurang akurat, maka kita tidak bisa mengeluarkan potensi atlet secara maksimal.

Potensi tersebut tidak dapat dimaksimalkan karena bisa saja, hasil pengukuran antropometri menyebabkan latihan yang dilakukan sebelum dikejuaraan di mulai kurang tepat.

Oleh karena itu, dalam melakukan pengukuran antropometri yang tepat, ada beberapa alat antropometri yang bisa digunakan. Namun, salah satu alat yang saat ini mampu menunjang pengukuran agar lebih maksimal adalah Portable Antropometri.

Apa itu Portable Antropometri?

Portable Antropometri  merupakan alat ukur antropometri yang digunakan untuk pengukuran tubuh manusia. Instrumen ini menawarkan kemampuan pengukuran hingga 100 pengukuran.

Di dalam Portable Antropometri, terdapat beberapa instrumen yaitu :

1. Anthropometer

Antropometer merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengukur dimensi tubuh manusia khususnya dimensi tubuh manusia secara vertikal. Dilengkapi dengan 1 set Sliding Block dan juga 1 set Branches Measurement Curves. Alat ini diciptakan untuk membuat pengukuran setiap bagian tubuh manusia menjadi lebih efektif.

2. Small Spreading Caliper

Instrument Small Speading Caliper adalah alat ukur tubuh manusia dengan jenis bagian ujungnya Pointed Ends. Pada bagian lengan dari alat ukur ini memiliki bentuk melengkung. Sehingga memungkinkan untuk melakukan pengukuran yang tidak bisa dilakukan oleh alat ukur Anthropometer.

Instrumen ini umumnya digunakan untuk mengukur bagian tubuh yang tidak berbentuk datar, contohnya untuk pengukuran bagian kepala dan juga kerangka. Proses pengukurannya mudah dan akan memberikan hasil yang lebih akurat. Range ukurannya 0 – 350 mm.

3. Sliding Caliper

Instrument Large Speading Caliper adalah alat ukur tubuh manusia dengan bagian ujungnya bertype Pointed Ends serta bagian lengan dari alat ukur ini berupa lengkungan sehingga memungkinkan untuk melakukan pengukuran yang tidak bisa dilakukan oleh alat ukur Anthropometer. 

Alat ini biasanya untuk mengukur bagian tubuh yang tidak berbentuk datar, contohnya untuk pengukuran bagian kepala dan juga kerangka. Proses pengukurannya mudah dan akan memberikan hasil yang lebih akurat. Range ukurannya 0 – 600 mm.

Mari lebih Bijak dalam Menggunakan Portable Antropometri!

Masing-masing alat tersebut memiliki model yang berbeda sesuai dengan penggunaan dan kebutuhannya. Oleh karena itu, kalian harus sudah memahami apa saja dimensi tubuh yang dibutuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengukuran antropometri pada bidang olahraga yang sesuai, silahkan kunjungi artikel-artikel kami yang berhubungan dengan olahraga melalui link berikut.

Facebook Comments
Bagikan!