Memulai Gerakan Indonesia Bebas Stunting guna Masa Depan yang Lebih Baik

Walaupun pandemi dari awal tahun masih menghantui setiap wilayah (baik Indonesia dan luar negeri), penanganan dan campaign guna memberantas stunting masih ramai dibahas dan dilakukan. Hal tersebut terjadi karena satu alasan: ingin segera terbebas dari bayang-bayang stunting.

Sebagai pengingat saja, stunting merupakan kondisi disaat seorang anak yang masih berusia 1000 hari kehidupannya mengalami kekurangan gizi (atau malnutrisi). Kalau kekurangan gizi tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, anak tersebut dapat mengalami stunting.

Seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel-artikel sebelumnya, seorang anak yang mengidap stunting terindikasi mengalami berbagai penyakit. Mulai dari gangguan pertumbuhan hingga susahnya mempelajari sesuatu karena daya otak yang menurun. Lebih parahnya lagi, stunting dapat merenggut masa depan seorang anak yang mengidapnya.

Pencegahan Stunting sejak Dini

Demi menciptakan masa depan yang lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya, stunting harus dapat segera dideteksi dan dicegah sejak dini. Poin utama yang harus kita sadari dan lakukan yaitu melakukan pengecekan berat badan pada sang buah hati secara berkala.

Berat badan sang buah hati harus selalu dicek secara berkala karena salah satu pertanda stunting yaitu penurunan berat badan. Hal tersebut biasanya terjadi ketika sang buah hati sudah menginjak umur 3 bulan karena minimnya asupan gizi yang dicerna.

Selain itu, pencegahan stunting dapat dilakukan jauh sebelum kita semua memutuskan untuk berkeluarga. Sejak sekarang, kita harus mengenal berbagai hal tentang kesehatan; baik untuk diri sendiri hingga orang di sekitar kita.

Menjaga kesehatan lingkungan di sekitar kita pun merupakan langkah kecil dalam mencegah stunting sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar kita terhindar dari berbagai potensi terkenanya penyakit yang disebabkan oleh infeksi bateri, salah satunya yaitu diare.

Manfaat Jika Terbebas dari Stunting

Banyak orang yang masih menganggap kalau stunting hanyalah masalah sepele belaka. Terlebih lagi bagi generasi milenial sekarang ini. Banyak dari mereka yang tidak tahu-menahu mengenai stunting. Mereka tidak sadar, kalau stunting itu merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap sebelah mata.

Jikalau kita semua dapat melakukan berbagai tindakan guna mencegah stunting sejak dini seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu kita semuanya yang akan merasakan dampak positif dan manfaatnya.

Berikut merupakan berbagai manfaat jika kita akhirnya berhasil terbebas dari problematika stunting:

1. Meningkatnya Persentase Anak Lahir dan Tumbuh dengan Sehat

Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu masalah yang terjadi akibat stunting yaitu banyaknya anak yang mengalami kekurangan gizi. Dan dampaknya yaitu banyak anak yang akhirnya terkena berbagai penyakit; baik dalam jangka pendek hingga jangka panjangnya.

2. Melahirkan Generasi yang Cemerlang

Dengan menurunnya (atau bahkan menghilangnya) stunting, sangat tidak mungkin kalau Indonesia akan memiliki generasi penerus bangsa dengan penuh akal dan kreatif.

Hal tersebut dapat terjadi karena salah satu dampak dari stunting yaitu menyerangnya daya pikir dan kecerdasan anak-anak. Salah satu alasan kenapa stunting harus segera diberantas dan dicegah sejak dini karena ini.

3. Memperkecil hingga Memberantas Angka Kemiskinan

Memang tidak bisa dipungkiri, salah satu penyebab terjadinya stunting karena susahnya akses mendapatkan asupan penuh gizi selama masa kehamilan dan setelah melahirkan. Selain itu, lingkungan mereka bisa dikatakan jauh dari kata bersih. Hal tersebut terjadi karena faktor ekonomi.

Setelah anak mereka lahir dan kemungkinan terkena stunting, mereka tidak bisa berharap banyak. Seorang anak yang kemampuan otaknya kurang dan cenderung mudah sakit akan kalah saing dengan orang-orang seumurannya. Dan hal tersebut akan terus terjadi dan terjadi lagi bak lingkaran setan.

Oleh sebab itu, tidak menutup suatu kemungkinan kalau menurunnya atau terbebasnya stunting di Indonesia dapat membuat angka kemiskinan menjadi semakin turun; mereka dapat bersaing dengan anak-anak lainnya di saat menempuh pendidikan hingga pekerjaan atau membuat suatu usaha.

4. Mimpi Menjadi Negara Maju Bukan Lagi Sekedar Angan-Angan

Berhubungan dengan poin kedua yakni tentang melahirkan generasi penerus bangsa yang cemerlang, mimpi Indonesia terbebas dari sebutan Negara Berkembang bukanlah isapan jempol belaka.

Dengan munculnya generasi yang terbebas dari stunting, sumber daya manusia dengan usia produktif dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Terlebih lagi, di tahun 2030 ke atas Indonesia akan mengalami fase yang bernama Bonus Demografi.

Bonus Demografi yaitu fase di mana jumlah usia produktif suatu negara lebih banyak daripada usia non produktif. Jikalau usia produktif suatu negara melimpah tetapi banyak di antara mereka terkena stunting, hal tersebut malah menjadi sebuah ancaman yang serius.

Deteksi Stunting dengan Stunting Kit

Setelah kita sudah berusaha berbagai cara dan upaya untuk mencegah terkenanya stunting, bukan berarti selesai begitu saja. Kita harus tetap melakukan pengecekan secara berkala; baik secara mandiri atau rutin ke puskesmas atau posyandu di daerah masing-masing.

Guna mendeteksi stunting secara dini dengan cepat, tepat dan akurat, kita memerlukan berbagai alat yang dapat mencakup berbagai perhitungan yang diperlukan.

Mulai dari berat badan, panjang dan tinggi badan, lingkar lengan atas dan kepala. Semua alat tersebut bisa kalian dapatkan dengan mudah di paket Antropometri Kit – SK.

Alat Ukur Antropometri Kit untuk Mendeteksi Stunting

Dalam melakukan pengukuran guna mendeteksi stunting secara dini, kami menyediakan berbagai alat-alat antropometri di dalam paket Antropometri Kit yang sesuai dengan kalian butuhkan. Berikut merupakan berbagai paket Antropometri Kit – SK yang kami sediakan:

1. Antropometri Kit – SK92

2. Antropometri Kit – SK95

3. Antropometri Kit – SK96

4. Antropometri Kit – SK98

5. Antropometri Kit – SK99

6. Antropometri Kit – Custom

Cara Mendapatkan paket Antropometri Kit – SK

Apabila kalian tertarik dengan paket Antropometri Kit – SK yang kami sediakan, silahkan kunjungi link berikut atau hubungi kami melalui WhatsApp. Jangan ragu kalau kalian hanya sekedar menanyakan harga atau ingin berkonsultasi paket Antropometri Kit yang sesuai dengan kebutuhan kalian, karena kami akan selalu melayani kalian dengan sepenuh hati.

AYO CEGAH DAN DETEKSI STUNTING DENGAN TEPAT, CEPAT DAN AKURAT MENGGUNAKAN STUNTING KIT, KARENA CEGAH STUNTING ITU PENTING!

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar