Alat Ukur Stunting Terbaik dan Terlengkap Yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang telah diketahui bersama, permasalahan mengenai stunting menjadi sebuah permasalahan yang sedang diatasi secara massif oleh Pemerintah Indonesia. Bisa kita lihat di beberapa tempat, sering kali kita menemui tagline pemerintah yang berhubungan dengan stunting. Hal ini menunjukan bagaimana pemerintah begitu intens melakukan kampanye pencegahan maupun deteksi stunting di Indonesia. Namun, sebelum itu, kami akan mengajak anda untuk mengenal kembali apa itu stunting dan mengapa saat ini pencegahan stunting menjadi sesuatu yang penting bagi agendakan.

Menurut situs website School of Parenting, dikatakan apabila pemerintah menerapkan beberapa upaya dalam menanggulangi stunting seperti berikut :

  1. Imunisasi dasar
  2. Program menyusui untuk Bayi
  3. Fasilitas air minum bersih
  4. Program Sanitasi
  5. Pendidikan anak usia dini
  6. Pengukuran ketidaknyamanan pangan dll

Strategi nasional yang dilakukan di atas, menargetkan 100 kabupaten pada tahun 2018, 160 kabupaten pada tahun 2019, 390 kabupaten pada tahun 2020, serta 514 kabupaten dan kota pada tahun 2021.

Apa itu Stunting?

Stunting adalah kondisi di mana kondisi tumbuh kembang anak terganggu karena malnutrisi atau kekurangan gizi. Kekurangan gizi tersebut dapat menyebabkan anak kesulitan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Beberapa gejala yang muncul adalah sebagai berikut:

  1. Tinggi anak lebih pendek daripada anak seusianya
  2. Berat badan anak lebih kecil daripada seusianya
  3. Proporsi tubuh anak nampak normal namun berbeda dengan anak seusianya

Bagaimana Akibat dari Stunting?

Kondisi stunting yang menimpa anak dapat mempengaruhi tumbuh kembang namun juga produktivitas anak. Hal ini karena dengan tubuh yang tidak fit atau tidak sesuai, maka sesungguhnya aktivitas tentu saja akan terganggu. Di samping itu, dampak dari stunting akan dirasakan ketika dewasa. Di mana tumbuh kembang anak akan mempengaruhi bagaimana nantinya masa depan anak tersebut.

Inilah mengapa pemerintah begitu memperhatikan secara cermat mengenai pencegahan stunting dan bagaimana stunting dapat menjadi sebuah hal yang ditakutkan oleh negara dapat menganggu pertumbuhan dari anak-anak yang nantinya menjadi penerus bangsa. Lalu? Apa yang dapat dilakukan untuk menanggulangi stunting yang harus dicegah?

Cara untuk mengatasi dan mencegah Stunting Anak

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stunting maupun mencegah stunting. Dua hal ini dibedakan menurut usia anak, sebagai berikut:

  1. Apabila anak berusia kurang dari 2 tahun telah dideteksi terkena stunting, maka terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seperti imunisasi berkala, mengecek tumbuh kembang ketika di posyandu, dan menjaga
  2. Bila anak telah berusia lebih dari 2 tahun, dapat dilakukan pengecekan atau pengukuran berkala guna berusaha menyimbangkan gizi yang didapatkan.

Alat yang digunakan untuk Mendeteksi Stunting

Setelah mengenal mengenai stunting, akibat dan cara untuk mengatasi stunting. Selanjutnya, krusial bagi kita untuk mengetahui mengenai alat yang digunakan untuk mengenali dan mendeteksi stunting secara berkala. Alat yang kami tawarkan adalah Portable Antropometri Kit.

Seperti istilah portable, alat ini mudah untuk dibawa kemana saja sehingga pengukuran ini dapat dilakukan dimanapun dengan mudah dan efektif. Portable Antropometri Kit terdiri pula dari beberapa bagian dengan masing-masing fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Beberapa kegunaan dari Portable Antropometri Kit, adalah sebagai berikut :

1. Anthropometer dan Branches Measurement Curve

Anhtropometer merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur beberapa dimensi tubuh manusia seperti tinggi tubuh anak, tinggi bagian tubuh anak seperti kaki, tangan dan lain sebagainya. Selain Anthropometer, terdapat pula Branches Measurement Curve yang digunakan untuk melengkapi antropometer tersebut.

Penggunaan Anthropometer pada anak

Selain itu, pada bagian anthropometer, telah kami susun dengan aman agar alat ini dapat digunakan oleh seluruh usia, termasuk anak-anak.

2. Small Spreading Caliper

Small Spreading Caliper adalah alat ukur caliper yang digunakan untuk mengukur area kepala anak. Small spreading memiliki bentuk ujung yang sedikit tumpul sehingga akan menciptakan kenyamanan ketika penggunaan alat. Hal ini juga kami sesuaikan dengan keamanan penggunaan yang telah disesuaikan dengan baik. Small spreading caliper tersebut digunakan untuk mengukur lingkar kepala, lebar kepala, lebar wajah dan lain sebagainya.

Penggunaan Small Spreading Caliper pada Anak

Dengan menggunakan instrument ini pengukuran dapat dilakukan dengan efektif, efisien dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, hasil yang didapatkan juga lebih akurat dengan menggunakan instrument ini.

3. Sliding Caliper

Sliding Caliper merupakan instrument yang hampir sama dengan sliding caliper pada umumnya. Akan tetapi, yang paling membedakan alat ini adalah instrument sliding lain adalah keamanan dan kebutuhan yang telah disesuaikan. Beberapa pengukuran yang dapat dilakukan menggunakan sliding caliper sendiri adalah pengukuran tangan, telapak tangan, telapak kaki dan area-area yang tidak dapat diukur dengan anthropometer. Menggunakan sliding caliper, pengukuran akan lebih mudah untuk digunakan terutama bagi anak.

Penggunaan Sliding Caliper Pada Anak

Bagaimana Cara Melakukan Pembelian Portable Antropometri Kit?

Apabila anda tertarik untuk membeli instrument yang kami produksi, silahkan melakukan ask for price melalui link yang ada disamping. Atau apabila ada hal yang anda butuhkan, silahkan langsung bertanya kepada tim kami melalui whatssap yang tertera. Kami akan siap membantu anda untuk mendapatkan alat ukur yang anda inginkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai instrument kami, silahkan membaca artikel lain yang ada diwebsite kami.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar