Alat Ukur Antropometri Kit Stunting Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang telah diketahui bersama, permasalahan mengenai stunting menjadi sebuah permasalahan yang sedang diatasi secara massif oleh Pemerintah Indonesia. Bisa kita lihat di beberapa tempat, sering kali kita menemui tagline pemerintah yang berhubungan dengan stunting. Hal ini menunjukan bagaimana pemerintah begitu intens melakukan kampanye pencegahan maupun deteksi stunting di Indonesia. Namun, sebelum itu, kami akan mengajak anda untuk mengenal kembali apa itu stunting dan mengapa saat ini pencegahan stunting menjadi sesuatu yang penting bagi agendakan.

Menurut situs website School of Parenting, dikatakan apabila pemerintah menerapkan beberapa upaya dalam menanggulangi stunting seperti berikut :

  1. Imunisasi dasar
  2. Program menyusui untuk Bayi
  3. Fasilitas air minum bersih
  4. Program Sanitasi
  5. Pendidikan anak usia dini
  6. Pengukuran ketidaknyamanan pangan dll

Strategi nasional yang dilakukan di atas, menargetkan 100 kabupaten pada tahun 2018, 160 kabupaten pada tahun 2019, 390 kabupaten pada tahun 2020, serta 514 kabupaten dan kota pada tahun 2021.

Apa itu Stunting?

Stunting adalah kondisi di mana kondisi tumbuh kembang anak terganggu karena malnutrisi atau kekurangan gizi. Kekurangan gizi tersebut dapat menyebabkan anak kesulitan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Beberapa gejala yang muncul adalah sebagai berikut:

  1. Tinggi anak lebih pendek daripada anak seusianya
  2. Berat badan anak lebih kecil daripada seusianya
  3. Proporsi tubuh anak nampak normal namun berbeda dengan anak seusianya

Bagaimana Akibat dari Stunting?

Kondisi stunting yang menimpa anak dapat mempengaruhi tumbuh kembang namun juga produktivitas anak. Hal ini karena dengan tubuh yang tidak fit atau tidak sesuai, maka sesungguhnya aktivitas tentu saja akan terganggu. Di samping itu, dampak dari stunting akan dirasakan ketika dewasa. Di mana tumbuh kembang anak akan mempengaruhi bagaimana nantinya masa depan anak tersebut.

Inilah mengapa pemerintah begitu memperhatikan secara cermat mengenai pencegahan stunting dan bagaimana stunting dapat menjadi sebuah hal yang ditakutkan oleh negara dapat menganggu pertumbuhan dari anak-anak yang nantinya menjadi penerus bangsa. Lalu? Apa yang dapat dilakukan untuk menanggulangi stunting yang harus dicegah?

Cara untuk mengatasi dan mencegah Stunting Anak

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stunting maupun mencegah stunting. Dua hal ini dibedakan menurut usia anak, sebagai berikut:

  1. Apabila anak berusia kurang dari 2 tahun telah dideteksi terkena stunting, maka terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seperti imunisasi berkala, mengecek tumbuh kembang ketika di posyandu, dan menjaga
  2. Bila anak telah berusia lebih dari 2 tahun, dapat dilakukan pengecekan atau pengukuran berkala guna berusaha menyimbangkan gizi yang didapatkan.

Alat Ukur Antropometri Untuk Stunting

Dalam melakukan pengukuran stunting, terdapat sejumlah alat yang dapat digunakan untuk mengukur stunting dengan aman dan tepat, beberapa alat yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 92

Paket antropometri kit SK-92 merupakan serangkaian alat ukur antropometri yang digunakan untuk mendeteksi stunting. Instrument ini mampu melakukan semua deteksi stunting dengan tepat dan mudah. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah:

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur berat badan digital
  3. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  4. Tas Bahan Parasut Antropometri Kit

Ke empat barang tersebut merupakan barang dasar untuk melakukan pengukuran tubuh guna melakukan deteksi kondisi stunting. Untuk penjelasan mengenai paket ini, kamu dapat melihat pada brosur berikut ini:

2. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 95

Paket antropometri kit SK-92 merupakan serangkaian instrument untuk pengukuran antropometri guna melakukan deteksi stunting. Pada alat ini, terdapat sejumlah instrument yang tidak hanya untuk mengukur anak namun bayi atau balita. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah:

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur panjang badan
  3. Alat ukur berat badan digital
  4. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  5. Tas Bahan Parasut Antropometri Kit

Kelima barang tersebut merupakan paket antropometri yang digunakan oleh mayoritas dinas kesehatan di Indonesia. Selain itu, instrument ini juga telah disesuaikan dengan peraturan kementerian kesehatan menegnai alat antropometri standar yang digunakan dalam pengukuran stunting. Beberapa penjelasan lengkap menegenai paket ini dapat dilihat pada brosur di bawah ini:

3. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 96

Paket antropometri kit SK-96 merupakan serangkaian alat ukur antropometri yang berfungsi untuk mendeteksi stunting pada anak. Instrument ini mampu melakukan semua deteksi stunting dengan cepat, tepat dan akurat. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah :

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur panjang bayi dan balita
  3. Alat ukur berat badan digital
  4. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  5. Tas bahan parasut antropometri kit

Kelima barang tersebut merupakan paket antropometri yang digunakan oleh mayoritas dinas kesehatan di Indonesia. Selain itu, instrument ini juga telah disesuaikan dengan peraturan kementerian kesehatan menegnai alat antropometri standar yang digunakan dalam pengukuran stunting. Perbedaan paket antropometri kit – 92 dengan antropometri kit – 96, terdapat pada alat ukur panjang badan bayi. Pada paket ini, kualitas dari antropometri kit lebih baik. Beberapa penjelasan lengkap menegenai paket ini dapat dilihat pada brosur di bawah ini:

4. PAKET ANTROPOMETRI KIT – SK 98

Paket antropometri kit SK-98 merupakan serangkaian instrument untuk pengukuran antropometri guna melakukan deteksi stunting. Pada alat ini, terdapat sejumlah instrument yang tidak hanya untuk mengukur anak namun bayi atau balita. Beberapa instrument yang ada pada paket ini adalah:

  1. Alat ukur tinggi badan
  2. Alat ukur panjang bayi dan balita
  3. Alat ukur berat badan digital
  4. Alat ukur berat badan bayi manual
  5. Alat ukur LiLA (Lingkar Lengan dan Kepala)
  6. Tas Bahan Parasut dan antropometri kit

Keenam instrument tersebut dapat dikatakan sebagai instrument paling lengkap untuk melakukan pengukuran stunting. Alat yang digunakan juga cenderung lebih komplit dengan kualifikasi yang lebih sesuai. Paket ini bisa digunakan berbagai kalangan usia seperti bayi, balita, dewasa hingga anak-anak. Untuk penjelasan mengenai paket ini, kamu dapat melihat pada brosur berikut ini:

Hubungi Kami untuk Pemesanan Stunting Kit Edition

Apabila anda memiliki kebutuhan untuk produk antropometri yang digunakan untuk pengukuran stunting. Jangan segan untuk menghubungi kami baik melalui website ataupun memalui whatssap kami yang ada pada link berikut. Kami siap membantu anda untuk mendapatkan produk antropometri kit terbaik yang digunakan untuk melakukan deteksi stunting. Jika anda telah siap untuk melakukan pembelian, silahkan mengisi ask for price yang ada pada website kami, atau dengan mengklik link berikut. 

Di samping itu, apabila terdapat sejumlah pertanyaan, jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Baik pertanyaan mengenai stunting, pembelian maupun stok produk. Kami akan siap untuk membantu anda mendapatkan jawaban yang anda butuhkan.

Beberapa foto lain mengenai alat antropometri kit adalah sebagai berikut :

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar