Jual Alat untuk Pengukuran Stunting

Seperti yang dulu pernah kami bahas mengenai Penyebab Stunting di Indonesia, stunting merupakan salah satu gejala yang timbul akibat kekurangan gizi pada tubuh manusia. Problematika mengenai gejala stunting bagi anak di Indonesia masih menjadi pr (pekerjaan rumah) yang serius bagi Kementerian Kesehatan Indonesia. Menurut data dari RISKESDAS (Riset Kesehatan Dasar), menyatakan bahwa prevalensi balita yang terkena stunting pada tahun 2018 mencapai 30,8%.

Data tersebut dapat disimpulkan jika satu dari tiga balita mengalami stunting akibat malanutrisi kronis. Masalah mengenai stunting diperkuat dengan adanya pendapat dari Dokter Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak RSCM, Prof Dr. Dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K), mengatakan bahwasannya Indonesia menduduki peringkat ke-2 tertinggi yang terkena stunting di kawasan Asia Tenggara. Kalau di tingkat dunia, Indonesia menduduki peringkat ke-5. Tingginya angka stunting tidak bisa dianggap remeh, karena stunting adalah indikator penting kesejahteraan anak secara keseluruhan.

Problematika Stunting di Indonesia (Sumber: Flickr)

Dampak Stunting Hingga Merenggut Masa Depan

Kekurangan gizi atau malnutrisi yang terjadi pada masa kanak-kanak bisa berdampak hingga sepanjang hidupnya. Stunting dapat mempengaruhi banyak hal, seperti:

  • Kurangnya kapasitas belajar di masa sekolah (yang berdampak pada nilai dan prestasi sekolah);
  • Gaji kerja disaat mereka dewasa;
  • Meningkatnya terkena risiko penyakit kronis seperti diabet;
  • Meningginya mordibitas dan mortalitas; hingga
  • Menurunnya produktivitas negara.

Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, anak yang terkena stunting ataupun negara Indonesia akan terancam masa depannya. Daya tahan dan kecerdasan anak yang terkena stunting akan menjadi negatif dalam kurun waktu yang panjang. Jika kualitas sumber daya manusia Indonesia makin lama makin merendah akibat stunting, mimpi beranjak dari bayang-bayang negara berkembang akan semakin sulit.

Upaya Untuk Menanggulangi Stunting

Sebenarnya, terdapat banyak cara untuk menanggulangi stunting di Indonesia. Menanggulangi stunting yang kami maksud yaitu mencegah sebelum terlambat, karena kalau seorang anak yang sudah terlanjur terkena stunting dan tidak mendapatkan pertolongan di masa 1000 hari kelahirannya, akan sangat susah untuk menyembuhkan penyakit stunting. Beberapa cara untuk menanggulangi stunting yaitu:

  • Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan;
  • Memberikan asupan nutrisi yang mencakup energi, protein nabati dan hewani, serta memperkenalkan stimulasi sejak dini;
  • Memperhatikan jam tidur pada anak karena hal tersebut akan mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan;
  • Membiasakan pola hidup yang bersih sejak dini; dan
  • Memberikan imunisasi yang lengkap
Imunisasi pada Anak (Sumber: Flickr)

Selain menerapkan cara-cara tersebut, ada satu hal lagi yang penting dalam mencegah stunting. Cara tersebut yaitu melakukan pengukuran yang berkala setiap 3 bulan terhadap anak. Pengukuran tersebut meliputi menghitung perbandingan berat badan dengan usia, tinggi badan dengan usia, serta berat badan dengan tinggi badan. Dengan adanya pengukuran berkala secara rutin, seseorang yang ahli dapat langsung mendeteksi dan menindaklanjuti anak yang mengalami tanda-tanda terkena stunting.

Alat Ukur Antropometri Untuk Stunting

Dalam melakukan pengukuran stunting, terdapat sejumlah alat yang dapat digunakan untuk mengukur stunting dengan aman dan tepat, beberapa alat yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Stunting Kit Edition – BOHI 3355

Produk stunting kit edition berjenis antropometri BOHI 3355 adalah set alat antropometri yang terdiri dari beberapa instrumen yang dapat membantu pengukuran untuk Stunting, yaitu:

  1. Timbangan Berat Badan Digital
  2. Pengukur Tinggi Badan Anak atau Dewasa (Stadiometer)
  3. Alat Ukur Lingkar Kepala dan Lingkar Badan
  4. Tas Pelengkap Alat Antropometri Kit

Alat ini dapat digunakan untuk mengecek secara berkala terkait pertumbuhan fisik seperti tinggi badan, berat badan.

2. Stunting Kit Edition – BOHI 3399

Produk stunting kit edition berjenis antropometri BOHI 3399 adalah set alat antropometri yang terdiri dari beberapa instrument yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran berkala stunting, yaitu:

  1. Timbangan Berat Badan Digital
  2. Pengukur Tinggi Badan Anak atau Dewasa (Stadiometer)
  3. Pengukur Tinggi Badan Bayi (Infantometer)
  4. Alat Ukur Lingkar Kepala dan Lingkar Badan
  5. Tas Pelengkap Alat Antropometri Kit

3. Stunting Kit Edition – BOHI 3399 Premium

Produk stunting kit edition berjenis antropometri BOHI  3399 Premium merupakan set alat antropometri yang terdiri dari beberapa instrument yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran stunting secara berkala. Beberapa instrument yang ada pada stunting kit edition ini adalah:

  1. Timbangan Berat Badan Digital
  2. Pengukur Tinggi Badan Anak atau Dewasa (Stadiometer)
  3. Papan Pengukur Tinggi Badan Bayi (Infantometer Board)
  4. Alat Ukur Lingkar Kepala dan Lingkar Badan
  5. Tas Pelengkap Alat Antropometri Kit

Ketiga alat yang kami sediakan tersebut berguna untuk melakukan pengukuran stunting kepada bayi, balita dan anak. Instrument ini telah disesuaikan dengan standar yang ada dengan kegunaannya yang sesuai dengan kebutuhan pengukuran.

Hubungi Kami untuk Pemesanan Stunting Kit Edition

Apabila anda memiliki kebutuhan untuk produk antropometri yang digunakan untuk pengukuran stunting. Jangan segan untuk menghubungi kami baik melalui website ataupun memalui whatssap kami yang ada pada link berikut. Kami siap membantu anda untuk mendapatkan produk antropometri kit terbaik yang digunakan untuk melakukan deteksi stunting. Jika anda telah siap untuk melakukan pembelian, silahkan mengisi ask for price yang ada pada website kami, atau dengan mengklik link berikut.  

Di samping itu, apabila terdapat sejumlah pertanyaan, jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Baik pertanyaan mengenai stunting, pembelian maupun stok produk. Kami akan siap untuk membantu anda mendapatkan jawaban yang anda butuhkan.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar