Tertarik Membeli Produk Alkes? Perhatikan TKDN Alkes juga ya!

Pada kondisi saat ini Industri dalam bidang Alat Kesehatan sedang sangat populer, apalagi di kala pandemic COVID-19 seperti ini menyebabkan meningkatnya permintaan pengadaan alat-alat kesehatan untuk menunjang penyembuhan, diagnosa dan juga life-support pada pasien. Untuk itu, bisa kita lihat betapa pentingnya Alat Kesehatan saat ini kan?

Kebutuhan Alat Kesehatan yang Tinggi

Seiring berjalannya waktu, saat ini penggunaan alat kesehatan semakin berkembang. Ketika dulu hanya digunakan oleh kalangan tertentu seperti tenaga medis, dan berbagai instansi penyedia layanan medis, namun saat ini hampir setiap rumah tangga berusaha memiliki sendiri alat kesehatan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita R menyebut 94 % alat kesehatan yang beredar dalam negeri adalah produk impor. Kemudahan keluar masuk barang, ditambah pula jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, menyebabkan banyaknya permintaan alat kesehatan, membuat Indonesia menjadi pasar yang menarik untuk masuknya produk impor.

Alat kesehatan sangat penting keberadaannya bagi fasilitas kesehatan dan menyangkut nyawa jutaan orang Indonesia. Untuk membatasi produk impor tanpa mempersiapkan kemampuan industri dalam negeri akan menjadi langkah yang tidak tepat untuk menjaga ketersediaan barang. Indonesia harus mengatur lebih ketat arus barang impor dengan regulasi (misalnya Penerapan SNI dan TKDN).

Untuk membeli Alat Kesehatan, kita perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya yaitu TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). TKDN sendiri mendorong pengoptimalan produktivitas dan kemampuan industri dalam negeri.

Pengertian TKDN

TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) adalah besaran kandungan yang berasal dari dalam negeri, yakni Indonesia, pada barang, jasa serta gabungan barang dan jasa. Ketentuan tentang TKDN bersifat wajib untuk sejumlah kegiatan produksi sehingga setiap perusahaan, terutama perusahaan bersekala nasional dan internasional harus mengikutinya.

Dalam Pasal 61 Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 disebutkan, “Dalam pengadaan barang dan jasa, “Produk Dalam Negeri yang wajib digunakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus harus memiliki nilai TKDN paling sedikit 25% (dua puluh lima persen)”.

Mengapa Penting menggunakan TKDN?

TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri adalah gagasan Pemerintah Indonesia, supaya para pemilik brand atau vendor tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai konsumen dan pasar saja, tetapi mau turut berinvestasi di Indonesia, sehingga dapat mengembangkan produk-produk dalam negeri.

Ada sejumlah keuntungan bila pemerintah menerapkan TKDN. Keuntungan tersebut tak hanya pelaku industi, melainkan juga pemerintah Indonesia sendiri.

1. Terciptanya Lapangan Kerja Baru.

Apabila Industri dalam negeri terus beroperasi untuk memproduksi barang atau komponen dengan banyaknya permintaan. Maka secara otomatis akan ada penyerapan tenaga kerja. Entah itu masuk dalam sektor industri itu sendiri atau sebagai penunjang UMKM yang menjual maknan, minuman kepada karyawan sehingga ekonomi disekeliling industri akan aktif.

2. Meningkatkan Daya Saing Industri Dalam Negeri

Apabila semakin banyak menggunakan komponen dalam negeri membuat industri dalam negeri semakin meningkat sehingga memicu para pelaku industri lain untuk mengembangkan produk-produk dalam negeri. Karena semakin tinggi capaian TKDN, maka semakin banyak komponen dalam negeri yang digunakan.

3. Sudah Disesuaikan Standar Dalam Negeri

Dengan menggunakan produk-produk yang bersertifikasi TKDN, sudah di sesuaikan dengan keadaaan standar Indonesia. Dan tentunya Sudah sesuai kualitas dan kuantitas yang ada di Indonesia.

4. Kemudahan Pengadaan Barang/Jasa dengan produk bersertifikasi TKDN

TKDN merupakan salah satu prefrensi dalam menentukan pemenang dalam proses pengadaan barang atau jasa di lingkungan kementerian EDSM dan kementrian perindustrian, dsb.

Solo Abadi Memiliki Produk-produk yang Bersertifikasi TKDN

Dengan mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan pemanfaatan komponen dalam negeri seperti pengoptimalan sumber daya manusia, sumber daya alam, dan bahan baku. Solo Abadi melakukan sertifikasi TKDN pada produk-produknya. Dengan memiliki sertifikat TKDN dapat meningkatkan pengoptimalan sumber daya yang ada dalam negeri.

Solo Abadi berusaha semaksimal mungkin melakukan pemanfaatan atau penyerapan komponen dalam negeri, dengan begitu kami ikut serta dalam mendukung kebijakan dari Kementerian/Lembaga terkait dalam melaksanakan Penerapan P3DN secara tegas dan konsisten.

Berikut adalah beberapa foto produk dari Solo Abadi Indonesia :

Facebook Comments
Bagikan!