Simak Beberapa Pengukuran Antropometri pada Berbagai Atlet Pelajar

Perkembangan dunia olahraga, telah berkembang dengan sangat baik dan perproses dengan begitu pesat. Banyak olahraga memiliki masa depan yang menjanjikan untuk para olahragawan. Apalagi bagi para atlet muda yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, banyak atlet dari berbagai cabang olahraga yang berpotensi menorehkan prestasi, baik secara individu, kelompok maupun untuk negara.

Melihat besarnya minat dan potensi anak muda, khususnya mahasiswa yang berkompeten di bidang olahraga, sudah sepatutnya dibina dengan baik dan tepat. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pembinaan dan latihan atlet mahasiswa adalah postur tubuh. Cara melakukan pembinaan dan pengendalian terhadap tumbuh kembang postur ini adalah dengan menggunakan pengukuran antropometri.

Dengan menerapkan pengukuran antropometri secara rutin kepada atlet mahasiswa selama pembinaan akan sangat membantu menjaga perkembangan postur atlet muda. Hingga saat ini perkembangan olahraga prestasi bagi siswa berbakat merupakan cikal bakal atlet berprestasi.

Mengapa Anda Harus Melakukan Pengukuran Postur Tubuh Atlet?

Pengukuran antropometri postur tubuh atlet mahasiswa sangat penting karena berguna untuk mengetahui perkembangan fisik dan mengontrol asupan yang harus diterima oleh atlet, karena akan mempengaruhi kesehatan dan performa atlet dalam melaksanakan kompetisi pada cabang olahraga yang diikutinya.

Selain itu, tubuh manusia memiliki perbandingan tertentu antara panjang bagian tubuh, yang memiliki karakteristik masing-masing individu. Misalnya, pada individu, wajar jika lengan atas lebih panjang dari lengan bawah, serta panjang telapak tangan lebih pendek dari telapak kaki. Ini adalah karakteristik universal manusia modern

Ada perbandingan panjang bagian tubuh ini yang mempengaruhi bentuk tubuh seseorang secara keseluruhan. Selain bentuk dan berat, rasio panjang bagian tubuh dan lingkar bagian tubuh juga dapat mempengaruhi performa saat bertanding. Perbandingan panjang bagian tubuh antara pria dan wanita juga menunjukkan perbedaan yang jelas. Selain jenis kelamin, usia atlet juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan juga jenjang karir seorang atlet.

Bagian-Bagian Pengukuran Antropometri Pada Pelajar Pelajar Atlet

Untuk mengetahui perkembangan perkembanagn dan kontrol terhadap postur atlet pelajar selama melakukan aktivitas sehari-hari serta latiha, pada mereka diadakan beberapa pengukuran antropometri sebagai berikut :

1. Tinggi badan

2. Berat badan

3. Lingkaran lengan atas

4. Lingkaran otot lengan atas kiri

5. Diameter transversal throax

6. Diameter Anteropoterior throax

7. Diameter bicondylaris femoris

8. Lingkaran paha

9. Tebal lipatan kulit triceps

10. Tebal lipatan kulit subscapular

11. Tebal lipatan kulit suprailiaca

Solo Abadi Produsen Alat Antropometri Terbesar di Indonesia

Inilah alat alat pengukuran antropometri dari Solo Abadi

1. Kursi Antropometri

Kursi Antropometri merupakan sebuah alat bantu dalam mengukur 34 Dimensi Tubuh Manusia. Alat ini memudahkan kita untuk melakukan pengukuran yang menuntut kepresisian tinggi pada ukuran tubuh. Alat bantu ukur tubuh ini dapat digunakan dalam tiga bagian, yaitu: posisi berdiri, posisi duduk, dan pengukuran area wajah.

2. Metrisis- Antorpometri Portable

Portable Antropometri Kit adalah alat ukur antropometri yang digunakan untuk pengukuran tubuh manusia dan merupakan brand antropometri kit resmi dari Solo Abadi. Instrumen ini merupakan alat ukur antropometri yang digunakan untuk pengukuran tubuh manusia. Pengukuran  menggunakan portable antropometri ini sangat efisien dan akurat.

Fungsi alat ini adalah untuk melakukan pengukuran antropometri yang dilakukan dengan hati-hati dan mengedepankan ketepatan data.

Instrumen ini menawarkan kemampuan pengukuran hingga 100 pengukuran. Disamping itu, bentuknya yang portable membuat alat ini dapat digunakan tak terbatas  waktu dan dan dilakukan dimana saja.

Untuk Anda yang saat ini sedang membutuhkan alat penunjang pekerjaan mengukur tubuh para pelajar pelajar atlet muda yang sedang dalam pembinaan, Anda bisa menggunakan produk diatas, yaitu Kursi Antropometri dan Anthopometry Portable dari PT Solo Abadi Indonesia.

Anda juga dapat mengunjungi website kami di www.soloabadi.com atau bisa juga datang ke workshop kami yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Anda bisa juga kunjungi media soasial Instagram kami di @soloabadi atau bisa juga hubungi kami jika ada pertanyaan melalui WhatsApp. Kami siap melayani sepenuh hati dan memberikan penawaran terbaik untuk Anda.

Facebook Comments
Bagikan!