Memahami Konsep Ergonomi dalam Perancangan Kapal Selam

Kapal selam merupakan salah satu aset pertahanan untuk mencegak kapal-kapal asing yang bertujuan mengancam pertahanan kedaulatan negeri, kendaraan militer angkatan laut ini memiliki peran cukup penting dalam sistem pertahanan negara. Kapal selam memiliki banyak fungsi untuk menjaga keamanan dan kesatuan negara. Kendaraan ini merupakan senjata yang sangat penting dimilik.i suatu negara, minimal untuk menjaga dan melindungi wilayan maritimnya

Sumber : philnews.ph

Umumnya desain kapal selam memiliki lebar terbatas, hubungan antara awak kapal dan mesin maupun kondisi sekitar berdasarkan prinsip-prinsip ergonomi haruslah sesuai kebutuhan karena dapat memberikan kenyamanan dan keamanan. Bukti bahwa desain sudah memenuhi persyaratan ergonomi adalah dengan mempertimbangkan faktor manusia, yakni dengan memahami manusia merupakan fokus utama perancangan desain.

Ergonomi itu apa sih?

Ergonomi adalah ilmu yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu ergonomi adalah membentuk kondisi yang EASNE yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efisien.

Tujuan Ergonomi

1. Meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental melalui pencegahan cidera dan penyakit akibat kerja, menurunkan beban kerja fisik dan mental, mengupayakan promosi dan kepuasan kerja

2. Meningkatkan kesejahteraa sosial melalui peningkatan kualitas kontak sosial.

3. Menciptakan keseimbangan rasional antara berbagai aspek yaitu aspek teknis, ekonomis, antropologis, dan budaya dari setiap sistem kerja, untuk menciptakan kualitas kerja dan hidup yang tinggi

Ilmu Antropometri dan pengukuran dalam menentukan Ergonomi

Ergonomi dapat ditentukan dengan sebuah nilai atau angka dengan ilmu antropometri. Antropometri digunakan sebagai pertimbangan pertimbangan ergonomi dalam memerlukan interaksi manusia. Data Antropometri yang berhasil diperoleh akan diaplikasikan secara luas, antara lain :

  • Perancangan area kerja
  • Perancangan peralatan kerja seperti mesin, equipment, perkakas, dan lain lain
  • Perancangan produk-produk konsumtif
  • Perancangan lingkungan kerja

Peran Ergonomi dalam Desain Kabin Kapal Selam

Ergonomi menjadi aspek penting dalam proses desain kabin kapal selam karena memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para personil kapal sehingga dapat memberikan efektifitas dalam melakukan tugas.

Pada saat proses melaksanakan tugas di lapangan personil kapal selam bertugas dalam waktu yang cukup lama, minimal bisa mencapai 10 jam. Oleh karena itu desain kapal selam harus dibuat se ergonomi mungkin sehingga selama menjalankan tugas para personel dapat tetap merasa nyaman dan fokus dalam bertugas. Faktor ergonomi juga bisa terletak dalam desain peletakan alat alat keamanan serta posisi kontrol kendali kemudi kapal selam yang menjadi peran vital dalam menentukan pergerakan kapal selam di dalam laut.

Berikut ruangan di dalam kapal selam yang didesain secara ergonomis :

  1. Engine Room
  2. Crew Accomodation Room
  3. Control Room
  4. Common Room
  5. Driver Room
Sumber : dreamstime.com

Data Antropometri pada desain kabin kapal selam

Dengan alat ukur ini kita dapat mengukur dimensi tubuh dengan Ilmu Antropometri untuk mendesain ruangan kapal selam yang ergonomi :

Portable Antropometri Kit

Metrisis – Portable antropometri kit merupakan bentuk terbaru dari alat ukur antropometri. Karena seluruh komponen pengukur antropometri seperti antropometer, sliding caliper, small spreading caliper dan large spreading caliper dapat dibawa kemana saja dengan menggunakan suitcase special.

Selain dapat melakukan pengukuran antropometri di mana saja dengan mudah dan cepat, kalian dapat melakukan pengukuran antropometri hingga lebih dari 100 dimensi tubuh manusia.

Inilah beberapa dimensi tubuh yang dibutuhkan dalam oengukuran antropometri untuk desain kendaraan kapal selam :

  • Lebar Pantat
  • Tinggi telapak kaki sampai Paha
  • Lebar Bahu
  • Kaki
  • Lebar Pinggang
  • Lengan Atas
  • Leher
  • Lengan Bawah
  • Tinggi Badan

Selain memberikan informasi-informasi terkini mengenai ilmu antropometri di berbagai bidang, kami juga merupakan produsen alat antropometri pertama di Indonesia. Saat ini kami telah membantu banyak klien kami yang berasal dari berbagai jurusan termasuk kesehatan untuk mengetahui mengenai informasi tentang antropometri yang mereka butuhkan.

Apabila anda tertarik untuk berbelanja produk kami, anda dapat menghubungi kami diberbagai kanal seperti contant us, maupun dari WhatsApp Official Solo Abadi. Anda juga dapat mengkonsultasikan produk-produk antropometri yang kami miliki, maupun berkonsultasi mengenai kebutuhan anda secara langsung kepada kami.

Karena jangan khawatir, kami akan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Baca lebih lanjut mengenai penerapan antropometeri diberbagai bidang dengan menelusuri website resmi kami lebih dalam.

Facebook Comments
Bagikan!