Perancangan Desain Kursi Mobil Balap dengan Ilmu Antropometri

Semua orang pasti mengenal pengertian mengenai mobil balap, mobil yang bagaimanapun dirancang sedemikan rupa untuk melaju dengan kencang di lintasan balap. Tapi apakah kalian tahu bahwa dalam merancang mobil balap yang memang difungsikan untuk melaju dengan kencang di lintasan balap tidak lepas dari desain kemudi yang nyaman dan aman untuk driver atau pembalapnya.

Kenyamanan dan keamanan yang di desain untuk ruang kemudi pembalap, sedikit banyak akan memberikan pengaruh pada hasil balapan. Ruang kemudi yang nyaman merupakan komponen yang penting yang terdapat pada mobil balap yang disediakan khususnya untuk pembalap ketika mengemudi di arena balapan. Fasilitas ini dapat memberi ruang untuk bergerak sehingga dapat dengan bebas mengemudikan mobil balap.

Maka dari itu untuk mendesain ruang kemudi mobil balap diperlukan desain yang ergonomi. Untuk mencapai desain yang ergonomi tersebut digunakanlah pengukuran dimensi tubuh dengan Ilmu Antropometri.

Apa itu Ilmu Antropometri?

Antropometri memiliki keterkaitan dengan pengukuran dimensi dan karakteristik fisik tertentu dari tubuh seperti volume, pusat gravitasi, sifat inersia, dan masa dari segmen tubuh (Sanders & McCormick, 1993).

Pengukuran antropometri merupakan elemen penting pada desain alat dantempat kerja. Aplikasi mendasar antropometri pada desain adalah menemukandimensi yang sesuai untuk diterapkan pada desain.

Dengan tersedianya data antropometri untuk tubuh manusia, maka kita dapat mengetahui ukuran yang presisi dan akurat sesuai dengan ukuran dimensi tubuh manusia Indonesia, seperti ketika kita akan mendesain produk. Kita dapat mengetahui jarak yang sesuai dan ergonomis ketika terdapat interaksi antar komponen. Kita juga dapat mengetahui desain yang tepat dan ergonomis ketika membuat sebuah produk seperti kursi, meja, jok mobil, dan baju.

Pentingnya Apa sih ?

Posisi kursi ergonomis dan pengukuran antropometrik pembalap sangat penting untuk keselamatan pembalap, airbag dan efektivitas sabuk pengaman pasda saat melakukan balapan. Pendek pengemudi (kurang dari 155 cm) atau pengemudi tinggi (lebih dari 195 cm) memiliki pengaruh tertentu saat mengendarai mobil, antara lain: kelelahan lebih cepat, kondisi mengemudi yang sulit, rasa ruang sempit, atau kontrol yang terlalu jauh. Penyesuaian dari kursi pembalap hingga dilakukannya pengukuran antropometrik pengemudi mulai terpecahkan secara maksimal.

Berdasarkan hasil pengukuran yang diperoleh, terdapat perbedaan pengukuran antropometrik pengemudi dan pengukuran sekitarnya di dalam mobil dapat ditemukan bahawa tinggi badan pengemudi mempengaruhi pengukuran antropometrik dan sekitarnya yang penting untuk keselamatan mobil kontrol. Tinggi pengemudi terpendek (155 cm untuk wanita driver) berarti pengukuran terendah dan pengukuran tertinggi berarti tinggi badan terbesar (195 cm pada pengemudi pria). Hasilnya adalah hubungan pengukuran antropometri dengan tinggi badan.

Tujuan dilakukannya perancangan posisi duduk pada kabin mobil balap adalah:

  • Untuk memungkinkan pengemudi (dan co-driver) melihat dengan jelas ke depan dan ke samping melalui penglihatan standar dan periferal.
  • Memberikan posisi pengungkit yang nyaman bagi pengemudi agar tidak kelelahan akibat mengoperasikan kendali dari posisi canggung.
  • Untuk memungkinkan pengemudi melihat kaca spion dengan baik dalam penglihatan tepi mereka (Minimal) sehingga pengemudi tidak perlu terus-menerus mengalihkan pandangan dari jalan di depan untuk mengukur posisi lawan di belakang mereka. Idealnya kaca spion harus cukup jauh ke depan untuk memungkinkan pandangan langsung oleh pengemudi yang meliriknya.
  • Untuk memungkinkan akses visual yang mudah ke alat pengukur dan umpan balik visual lainnya dalam pandangan ke depan.
  • Untuk meminimalkan ketinggian CG untuk mengoptimalkan penanganan.

Dapat dikatakan bahwa pengukuran antropometri mempengaruhi postur tubuh pengemudi di dalam mobil dan efisiensi perangkat keamanan mobil. Seorang pengemudi dengan antropometrik besar pengukuran, membutuhkan ruang yang lebih besar untuk merasa nyaman dan aman saat berkendara.

Bagian-bagian tubuh yang dilakukan pengukuran antropometri

Untuk mencapai nilai ergonomi dalam mendesain kabin dan kursi mobil balap, maka dibutuhkan pengukuran antropometri , berikut bagian tubuh yang dilakukan pengukuran :

1. Tinggi Badan

2. Pantat–panjang lutut

3. Panjang lutut-tumit

4. Tinggi bahu duduk

5. Tinggi duduk

6. Bidang penglihatan saat duduk

7. Panjang bahu-siku

8. Panjang siku-tangan

9. Kaki panjang

10. Lebar bahu

11. Lebar pinggang

12. Lebar pinggul

13. Lebar dada

Temukan Alat Ukur Antropometri di Solo Abadi

1.Metrisis – Antropometri Portable

Metrisis – Portable antropometri kit merupakan bentuk terbaru dari alat ukur antropometri. Karena seluruh komponen pengukur antropometri seperti antropometer, sliding caliper, small spreading caliper dan large spreading caliper dapat dibawa kemana saja dengan menggunakan suitcase special.

Selain dapat melakukan pengukuran antropometri di mana saja dengan mudah dan cepat, kalian dapat melakukan pengukuran antropometri hingga lebih dari 100 dimensi tubuh manusia.

2. Kursi Antropometri

Kursi antropometri adalah alat ukur antropometri yang dapat mengukur dimensi tubuh manusia. Pada awalnya, kursi antropometri hanya terbuat dengan berbahan dasar dari kayu. Seiring berjalannya waktu, kursi antropometri sudah berubah menjadi alat ukur antropometri modern yang dapat mengukur secara detail.

Terdapat 3 bagian pengukuran yang dapat dilakukan dengan menggunakan kursi antropometri. Yang pertama yaitu pada posisi berdiri, kedua duduk dan terakhir pada area wajah. Selain itu, kursi antropometri sudah dilengkapi dengan dongkrak elektrik sehingga mampu membantu pengukuran dengan lebih mudah dan efektif.

Dapatkan Produk dari Solo Abadi.

Bagi Anda yang membutuhkan produk alat ukur antropometri sebagai penunjang dan pendukung dalam mendesain produk yang ergonomi dapat menggunakan produk diatas, yaitu Kursi Antropometri dan Metrisis-Antropometri Portable dari Solo Abadi.

Anda dapat mengunjungi website www.soloabadi.com atau juga bisa datang langsung ke workshop kami di Solo, Jawa Tengah. Bisa juga mengunjungi media sosial kami di Facebook Solo Abadi, Instagram @soloabadi, dan dapat mengubungi kami melalui WhatsApp. Kami seiap melayani sepenuh hati dan pelayanan terbaik untuk Anda.

Facebook Comments
Bagikan!