Perancangan Kursi Roda dengan Menerapkan Aspek Ergonomi

Seperti yang kita ketahui, rumah sakit, menyediakan kursi roda merupakan suatu kewajiban. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan oleh rumah sakit sebagai salah satu fasilitas bagi pasiennya. Dapat dipastikan, seluruh rumah sakit sudah menggunakan dan menyediakan kursi roda karena berbagai manfaatnya.

Selain itu, terdapat manfaat utama dari kursi roda yaitu untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan untuk bergerak agar dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari. Manfaat lainnya tentu sangat dirasakan bagi mereka yang mengalami kecelakaan ataupun cacat pada kaki mereka.

Oleh karena itu, produk kursi roda untuk pasien tersebut harus sesuai dengan Aspek Ergonomi (nyaman dalam pemakaian kursi roda), sehingga produk kursi roda tersebut dapat memuaskan para penggunanya.

Bagaimana Perancangan Kursi Roda yang Benar sesuai Aspek Ergonomi?

Close-up of senior woman hand on wheel of wheelchair during walk in hospital

Agar produk kursi roda dapat dimaksimalkan dalam kegunaan dan kenyamanannya, maka setiap pengembangan produk yang dibuat harus mempertimbangkan aspek-aspek yang berkaitan dengan ergonomi.

Salah satu aspek yang berkaitan dengan ergonomi adalah dengan melakukan Pengukuran Antropometri pada dimensi tubuh luar manusia.

Apa itu Pengukuran Antropometri?

Secara umum, antropometri adalah suatu studi yang sangat berhubungan dengan pengukuran dimensi tubuh manusia. Dan ilmu antropometri sendiri merupakan bagian dari ilmu ergonomi yang khusus dalam mempelajari ukuran tubuh.

Dimensi tubuh yang digunakan dalam pengukuran antropometri ini meliputi :

  1. Tinggi badan pada posisi duduk;
  2. Tinggi siku pada posisi duduk;
  3. Jarak dari lipat lutut ke pantat;
  4. Tinggi lipat lutut; dan
  5. Lebar bahu.

Dengan melakukan pengukuran-pengukuran pada dimensi di atas, maka kursi roda yang akan digunakan dapat memenuhi aspek ergonomi yang nantinya akan sangat nyaman digunakan oleh penggunanya.

Alat yang Tepat untuk Melakukan Pengukuran Antropometri

Dalam melakukan pengukuran antropometri, kita harus menggunakan alat ukur terbaik dan presisi agar data yang dihasilkan juga akurat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Solo Abadi menyediakan berbagai alat antropometri yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran untuk kebutuhan perancangan kursi roda.

Salah satu alat antropometri yang diproduksi Solo Abadi adalah kursi antropometri. Kursi Antropometri by Solo Abadi.

Kursi Antropometri merupakan sebuah alat bantu dalam mengukur 34 dimensi tubuh manusia. Kami memproduksi Kursi Antropometri secara ekslusif dengan lebih modern, efektif, dan efisien.

Dengan menggunakan Kursi Antropometri, kita akan dimudahkan dalam melakukan pengukuran guna merancang kursi roda pasien.

Mengapa Kita Harus Menggunakan Kursi Antropometri by Solo Abadi?

  1. Pengukuran dapat dilakukan dengan aman, nyaman dengan akurasi data yang tinggi.
  2. Waktu yang digunakan dalam pengukuran ini terhitung cepat, sehingga pengukuran dapat dilakukan dengan efisien.
  3. Pengukuran cukup dilakukan dengan dua individu saja.
  4. Alat ini dapat digunakan untuk meminimalisir kesalahan ketika melakukan pengukuran antropometri.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kursi Antropometri by Solo Abadi?

Jika anda berminat dan membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai detail produk Kursi Antropometri dari Solo Abadi, anda dapat mengunjungi halaman berikut.

Selain itu, anda juga bisa langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di 62851 – 0088 – 8111. Jangan khawatir jika anda hanya ingin bertanya tentang harga atau hal lainnya, karena kami akan selalu melayani anda.

Facebook Comments
Bagikan!