Mengingatkan dan Memahami Kembali Betapa Pentingnya Ilmu Antropometri

Halo semuanya, bagaimana kabarnya? Semoga kita semua selalu diberi kemudahan dan keselamatan di tengah pandemi yang masih terjadi sekarang di Indonesia. Untuk kembali mengulang dan mengingatkan topik yang selalu kami bahas, kami ingin menjelaskan kembali pengertian dari apa itu antropometri. Siapa tahu, di antara kalian ada yang pertama kali mengunjungi laman kami.

Seperti yang sudah pernah kami jelaskan di awal-awal artikel, istilah anthropometry berasal dari dua kata: “anthro” yang berarti manusia dan “metron” yang berarti ukuran. Sehingga, antropometri dapat diartikan menjadi sebuah ilmu yang mempelajari pengukuran dimensi tubuh manusia.

Jika kita melihat jauh ke belakang, antropometri pada awalnya digunakan sebagai alat analisis untuk mengecek atau mengidentifikasi sisa-sisa fosil kerangka manusia purba. Hal tersebut dilakukan agar para peneliti dapat mengetahui dan memahami variasi fisik manusia.

Dan di masa sekarang, pengaplikasian ilmu antropometri sudah dilakukan di berbagai bidang. Hal tersebut dapat terjadi karena hasil pengukuran antropometri yang menyangkut geometri fisik, massa dan kekuatan tubuh merupakan aspek penting.

Berikut merupakan contoh beberapa bidang yang menerapkan ilmu antropometri:

  1. Antropologi;
  2. Ergonomi;
  3. Kesehatan;
  4. Olahraga; dan
  5. Produk Design.

Jenis Pengukuran Antropometri

Agar mempermudah dalam menerapkan pengukuran antropometri di berbagai bidang, pengukuran antropometri terbagi menjadi dua bagian. Berikut merupakan jenis pengukuran antropometri:

1. Pengukuran Antropometri Statis

Pengukuran antropometri statis yaitu jenis pengukuran yang dilakukan dengan cara obyek atau tubuh yang akan diukur dalam keadaan diam. Contohnya yaitu dalam pengukuran tinggi siku duduk. Obyek atau model harus dalam posisi duduk dan diam selama pengukuran berlangsung.

2. Pengukuran Antropometri Dinamis

Dan definisi untuk pengukuran antropometri dinamis yaitu jenis pengukuran yang dilakukan dalam keadaan bergerak. Atau dalam kata lain, antropometri dinamis yaitu pengukuran yang melihat berbagai gerakan yang mungkin terjadi bagi obyek pengukuran (contohnya pekerja).

Dan di dalam pengukuran antropometri dinamis terdapat 3 macam pengukuran, seperti:

  • Pengukuran tingkat ketrampilan yang berfungsi untuk memahami keadaan bagaimana cara kerja dari suatu aktivitas, pekerjaan, performa atlet dan lain sebagainya.
  • Pengukuran jangkauan ruangan yang berfungsi untuk mengukur suatu ruangan yang digunakan bagi obyeknya. Hal tersebut sangatlah penting guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

Contohnya yaitu dalam ruangan kerja. Jangkauan gerakan tangan hingga kaki ke alat kerja mereka harus sesuai agar pekerjaannya dapat efektif dan efisien.

  • Pengukuran variabilitas kerja yang berhubungan dalam berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam mekanisme kerja mereka.

Pentingnya Pengukuran Antropometri

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, hasil pengukuran antropometri memiliki peranan penting. Dengan adanya hasil pengukuran antropometri, kita dapat memenuhi berbagai keperluan seperti dalam perancangan tempat kerja hingga desain produk karena kita memerlukan ukuran-ukuran dimensi para penggunanya.

Kita juga dapat menerapkan ilmu ergonomi dengan adanya hasil pengukuran antropometri. Penerapan ergonomi (khususnya di tempat kerja), dapat meningkatkan keproduktifan serta keefisien dalam bekerja. Angka kecelakaan dalam bekerja pun dapat ditekan dengan adanya ergonomi.

Selain itu, hasil pengukuran antropometri juga dapat digunakan untuk mendeteksi stunting. Mulai dari pengukuran lingkar lengan atas, berat badan hingga tinggi atau panjang badan bisa menjadi acuan dalam menanggulangi stunting.

Alat-Alat Pengukuran Antropometri

Setelah kita semua sudah memahami arti, definisi serta jenis pengukuran antropometri, sekarang kita akan mempelajari alat-alat ukur antropometri. Terdapat berbagai alat ukur antropometri yang bisa digunakan (tergantung dengan maksud dan tujuan pengukurannya).

1. Kursi Antropometri

Kursi antropometri adalah alat ukur antropometri yang dapat mengukur dimensi tubuh manusia. Pada awalnya, kursi antropometri hanya terbuat dengan berbahan dasar dari kayu. Seiring berjalannya waktu, kursi antropometri sudah berubah menjadi alat ukur antropometri modern yang dapat mengukur secara detail.

Terdapat 3 bagian pengukuran yang dapat dilakukan dengan menggunakan kursi antropometri. Yang pertama yaitu pada posisi berdiri, kedua duduk dan terakhir pada area wajah. Selain itu, kursi antropometri sudah dilengkapi dengan dongkrak elektrik sehingga mampu membantu pengukuran dengan lebih mudah dan efektif.

2. Portable Antropometri Kit

Portable antropometri kit merupakan bentuk terbaru dari alat ukur antropometri. Karena seluruh komponen pengukur antropometri seperti antropometer, sliding caliper, small spreading caliper dan large spreading caliper dapat dibawa kemana saja dengan menggunakan suitcase special.

Selain dapat melakukan pengukuran antropometri di mana saja dengan mudah dan cepat, kalian dapat melakukan pengukuran antropometri hingga lebih dari 100 dimensi tubuh manusia.

3. Antropometri Kit – Stunting Kit

Alat ini sedikit berbeda dengan 2 alat yang kami sebutkan sebelumnya. Alat-alat ukur berikut memiliki fungsi tersendiri, yakni untuk mendeteksi gejala anak mengalami stunting. Mulai dari alat ukur tinggi atau panjang badan, berat badan, lingkar lengan atas dan kepala dapat kalian dapatkan di paket-paket Antropometri Kit – SK.

Alat Ukur Antropometri Terbaik

Kalian tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara mendapatkan alat-alat ukur antropometri terbaik seperti di atas. Sebagai perusahaan manufaktur sejak tahun 2005 dan produsen alat ukur antropometri terbesar di Indonesia, Solo Abadi dapat memenuhi kebutuhan kalian.

Cara Memesan Alat Ukur Antropometri

Apabila kalian tertarik untuk melakukan pemesanan produk-produk pengukuran antropometri (mulai dari Kursi Antropometri, Portable Antropometri Kit hingga paket Antropometri Kit – SK untuk stunting), kalian bisa langsung mengunjungi laman berikut.

Kalian juga bisa menghubungi kami melalui whatsapp official kami di nomor 0851 0088 8111. Jangan ragu kalau kalian hanya ingin menanyakan harga atau detail informasi tentang produk kami, karena kami akan memberikan pelayanan terbaik. #WeServeYouBetter

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar