Kenali 3 Data Antropometri dan Bagaimana Penggunaannya!

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Pengukuran Antropometri dapat dilakukan di berbagai bidang seperti Teknik Industri, Olahraga, Ilmu Kesehatan hingga Desain Produk. Dari pengukuran tersebut akan didapatkan hasil data yang dapat dipergunakan di berbagai hal sesuai dengan bidangnya.

Data antropometri yang bervariasi tersebut biasanya disusun dalam sebuah grafik agar dapat dilihat frekuensinya. Dengan begitu, data antropometri akan lebih mudah dibaca. Dari data-data tersebut, selanjutnya akan dipergunakan sebagai acuan dalam melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan bidangnya.

Apa Saja Jenis Data Antropometri?

Menurut Bridger (2003), data antropometri sendiri terbagi menjadi 3 jenis data, yaitu

1. Structural Anthropometic Data

Data ini juga dikenal sebagai data antropometri statis, dimana pengukuran dilakukan pada bagian tubuh manusia yang berada dalam posisi diam atau tetap. Pengukuran dilakukan dari penunjuk anatomikal yang dapat diidentifikasi satu sama lain atau suatu titik yang tetap.

Seperti misalnya tinggi badan diukur dari lantai. Data dari pengukuran ini dapat digunakan untuk merancang perabotan furniture seperti meja dan kursi.

2. Functional Anthropometric Data

Data ini dikenal dengan data antropometri dinamis. Data ini dikumpulkan untuk mendeskripsikan pergerakan dari bagian tubuh diukur dari suatu titik tertentu. Dimensi tubuh diukur dalam berbagai posisi tubuh pada saat bergerak, sehingga akan lebih kompleks dan lebih sulit diukur.

Menurut Wignjosoebroto (2008), pengukuran dinamis terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain :

  1. Sebagai pendekatan untuk mengerti keadaan mekanis dari suatu aktivitas dilakukan pengukuran tingkat keterampilan. Contohnya dalam mempelajari performa atlet.
  2. Saat bekerja dibutuhkan pengukuran jangkauan ruangan. Contohnya jangkauan dari pergerakan tangan dan kaki efektif.
  3. Pengukuran terhadap variabilitas kerja. Contohnya analisis kinematika dan kemampuan jari-jari tangan dari seorang juru ketik atau operator komputer.

3. Newtonian Anthropometric Data

Data yang digunakan dalam analisis mekanikal dari beban yang diterima oleh tubuh manusia. Data ini digunakan untuk membandingkan antara beban di tulang belakang dari teknik pengangkatan yang berbeda.

Data antropometri ini sangat berguna bagi para designer untuk melakukan penataan peralatan-peralatan pada workspace untuk mendapatkan hasil yang optimal, contohnya untuk workspace pengemudi mobil.

Alat yang Digunakan untuk Pengukuran Antropometri

Setelah mengetahui apa saja data antropometri dan penggunaannya, Kita juga harus memahami alat-alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran antropometri sehingga kita dapat menggunakan dan menerapkannya dalam berbagai bidang.

Berikut adalah alat-alat yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran antropometri, yaitu :

a. Kursi Antropometri

Kursi Antropometri adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur ruang lingkup dimensi tubuh manusia. Setelah berkembangnya teknologi yang ada, Kursi Antropometri sudah jauh lebih modern dari sebelumnya.

Jika kalian lihat pada Kursi Antropometri terdahulu, semua komponen alatnya berbahan dari kayu. Sekarang, Kursi Antropometri sudah menggunakan berbagai komponen material seperti alumunium dan stainless steel. Kursi Antropometri juga sudah menggunakan power supply agar dapat menaik- turunkan base secara otomatis.

b. Portable Antropometri

Selain Kursi Antropometri, alat ukur Portable Antropometri juga dapat digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia. Perbedaannya ada pada bentuknya yang lebih kecil dan portable sehingga dapat dibawa kemana- mana.

Alat ini juga mampu melakukan pengukuran lebih dari 100 pengukuran. Sehingga, pengukuran antropometri yang kalian lakukan dapat lebih efektif, efisien, dan akurat.

c. Antropometri Kit/ Stunting Edition

Stunting merupakan permasalahan yang biasanya dialami oleh anak-anak selama masa 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Dalam mendeteksi adanya stunting pada anak, kita memerlukan alat antropometri kit yang tepat, cepat dan akurat.

Antropometri Kit tersebut terdiri dari alat ukur tinggi badan dan panjang badan, timbangan berat badan dan alat ukur lingkar lengan. Semua peralatan tersebut diperlukan untuk memperoleh hasil deteksi stunting yang maksimal.

Alat Ukur Antropometri yang Tepat dan Akurat!

Setelah mengenal beberapa alat antropometri di atas, Kita harus teliti dan bijak dalam memilih alat yang tepat dan akurat untuk melakukan Pengukuran Antropometri.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Solo Abadi menyediakan berbagai alat pengukuran Antropometri terbaik yang sangat efektif, efisien, dan akurat.

Solo Abadi: Produsen Alat Ukur Antropometri Terbaik di Dunia!

Sebagai perusahaan manufaktur yang sudah berdiri sejak tahun 2005, Solo Abadi sudah memproduksi berbagai alat ukur antropometri guna memenuhi kebutuhan kalian.

Mulai dari Kursi Antropometri, Portable Antropometri hingga paket Antropometri Kit – SK kami produksi dan sediakan dengan mengedepankan tingkat fungsionalitas, kualitas hingga desain yang elok.

  1. Kursi Antropometri : https://soloabadi.com/kursi-antropometri/
  2. Portable Antropometri : https://soloabadi.com/portable-antropometri/
  3. Antropometri Kit – SK : https://soloabadi.com/stunting-kit-edition/

Bagi kalian yang tertarik dengan alat-alat yang kami sediakan, silahkan langsung menghubungi WhatsApp kami di nomor 62851-0088-8111 atau mengunjungi website kami di www.soloabadi.com.

Jangan khawatir jika kalian hanya ingin bertanya mengenai detail produk ataupun sekedar menanyakan harga, karena kami akan selalu melayani kalian dengan sepenuh hati.

Facebook Comments
Bagikan!