Kegunaan dan Fungsi dari Kursi Antropometri

Beberapa waktu yang lalu, kami telah sedikit menjelaskan mengenai prinsip ergonomi, pentingnya pengaplikasian dari prinsip ergonomi dan bagaimana hubungan ergonomi dan antropometri.Kali ini, kami akan menjelaskan lebih mendetail mengenai kegunaan maupun fungsi dari kursi antropometri.
Namun, apabila pembaca masih belum memahami mengenai apakah kursi antropometri, maka kami akan mengulang sejumlah penjelasan dari kursi antropometri. Sehingga pembaca akan mampu memahami lebih jauh mengenai alat ukur ini.

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan Kursi Antropometri?

Kursi antropometri merupakan sebuah kursi yang digunakan sebagai alat bantu dalam pengukuran dimensi tubuh manusia. Mungkin masih ada sebagian pembaca yang bertanya, mengapa dimensi tubuh harus diukur? Dan apa manfaat melakukan pengukuran tersebut?

Bagi pembaca yang sudah bekerja, pernahkah merasakan kursi kantor yang terasa tidak nyaman ketika diduduki? Entah ukuran kursi tersebut yang lebih pendek maupun alas yang tidak cukup lebar?

Atau misalkan ketika membahas mengenai kursi di kereta api, mengapa ukuran yang dibuat mayoritas dapat digunakan oleh siapa saja meski dengan ukuran tubuh yang berbeda-beda.

Beberapa hal diatas sesungguhnya terjadi dengan mengaplikasikan ilmu ergonomi. Tahukah pembaca bahwa pembuatan produk kursi yang berbasis ergonomi, dapat diukur dengan menggunakan kursi antropometri?

Hal ini untuk menyesuaikan dimensi tubuh manusia.

Hal ini berhubungan dengan pentingnya menggunakan prinsip ergonomi dalam membuat produk masal. Sebelumnya, kami telah membahas hal tersebut dalam artikel kami. Hal inilah yang kemudian kami anggap sebagai sebuah fungsi utama dari kursi antropometri.

Selain hal itu, beberapa hal penting mengapa kursi antropomentri merupakan alat yang pas dan tepat untuk digunakan akan dijelaskan dibawah ini.

Contoh alat ukur kursi antropometri dengan model
Gambar kursi antropometri

Mengapa harus menggunakan Kursi Antropometri?

Beberapa alasan mengenai kenapa baiknya dalam pembuatan produk, kursi antropometri dapat menjadi tolak ukur adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan ketepatan dan kenyamanan produk.

Apabila menggunakan pengukuran menggunakan kursi antropometri, maka pengukuran akan lebih akurat sehingga ketepatan pengukuran akan mempengaruhi kenyamanan dalam produk yang dihasilkan.

  • Menghemat waktu dalam melakukan proses pengukuran.

Kursi antropometri membuat proses pengukuran yang dilakukan menjadi lebih mudah. Selain itu, dalam pengukuran tersebut, kami telah memberikan form pengukuran yang bisa membantu memudahkan proses pengukuran. Sehingga pengukuran tidak menggunakan waktu yang lama.

  • Mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya manusia, karena dapat dilakukan hanya dengan 2 orang.

Salah satu keunggulan lain dari penggunaan kursi antropometri adalah tidak membutuhkan banyak orang untuk melakukan pengukuran. Dalam kursi antropometri ini, cukup membutuhkan satu orang untuk melakukan pengukuran dan satu lainnya akan mencatat perhitungan  tersebut.

  • Meminimalkan kesalahan pembuatan produk karena kesalahan dalam mengukur manual.

Hampir sama dengan poin pertama yang dipaparkan sebelumnya, karena pengukuran kursi antropometri tersebut dapat dijamin keakuratannya. Maka, hal ini akan dapat meminimalisir segala macam kesalahan yang mungkin bisa terjadi.

Apakah keunggulan dari Kursi Antropometri?

Nah, sampai saat ini, pembelian produk kursi antropometri satu-satunya bisa dilakukan di Solo Abadi. Bagi para pembaca yang masih ragu mengenai pembelian kursi ini. Coba simak terlebih dahulu mengenai keunggulan produk kursi antropometri yang kami buat. Selain itu, kursi antropometri yang telah kami buat saat ini jauh lebih mudah digunakan dibandingkan alat ukur yang konvensional. Adapun berikut adalah beberapa keunggulan kursi antropometri ini yaitu :

  1. Prosedur yang sederhana serta aman digunakan.
  2. Tidak membutuhkan tenaga ahli, hanya perlu detail dalam mengamati.
  3. Tahan lama dalam penggunaan.
  4. Menggunakan metode yang tepat dan mudah dipahami.
  5. Sistem perakitan yang knock down sehingga bisa disimpan secara ringkas dan rapi.
  6. Sistem menaikkan dan menurunkan alas duduk yang sudah menggunakan hidrolik.

Beberapa keunggulan ini membuat siapa saja dapat menggunakan kursi antropometri, karena prosedur sederhana dan tidak memerlukan tenaga ahli yang khusus. Selain itu, kursi antropometri lebih tahan lama untuk digunakan bertahun-tahun.

Kursi antropometri tentu saja memudahkan setiap orang untuk melakukan pengukuran dimensi tubuh manusia. Tidak hanya digunakan untuk membantu pembuatan produk tertentu, kursi ini juga dapat digunakan dalam ilmu praktek kedokteran.

Untuk itu, apabila anda adalah produsen barang yang digunakan untuk manusia, maka kursi ini menjadi barang yang berguna menunjang aktivitas produksi anda.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar