Mengenal Kembali Apa Itu Kursi Antropometri?

Dalam pengukuran dimensi tubuh manusia atau antropometri tubuh manusia. Ada beberapa alat ukur yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan tersebut, misalnya roll meteran, alat ukur tinggi badan dan lain sebagainya.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, pengukuran antropometripun mengalami perubahan kearah yang lebih modern. Di mana pengukuran dapat dilakukan dengan cara semudah mungkin, seefektif mungkin, namun tentu saja masih tetap memegang prinsip pengukuran yang sesuai dengan hasil sebenarnya. Atau dengan kata lain, hasil data yang didapatkan dapat dipertanggung jawabkan. Salah satu alat yang saat ini populer untuk digunakan dalam mengukur dimensi tubuh manusia sendiri adalah Kursi Antropometri.

Pada artikel sebelumnya, kami sudah cukup sering membahas mengenai kursi antropometri dan bagaimana cara kerja dari kursi antropometri itu sendiri. Namun, pada artikel ini, kami mencoba menjelaskan kembali mengenai apa pengertian dari kursi antropometri dan bagaimana pengukuran data menggunakan alat ini.

Antropometri pengaplikasian ilmu ergonomi
Kursi Antropometri

Mengenal Apa Itu Kursi Antropometri

Kursi antropometri adalah kursi yang berfungsi untuk mengukur dimensi tubuh manusia, kursi antropometri yang kami ciptakan dengan tujuan untuk mengukur 34 dimensi tubuh manusia. Bayangkan satu alat dapat mengukur banyak dimensi tubuh manusia, sedangkan dulunya, untuk mengukur dimensi tubuh manusia, dibutuhkan banyak peralatan yang harus disiapkan.

Kursi antropometri saat ini tidak terbuat dari kayu, namun bahan-bahan besi. Sehingga, kursi antropometri tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari kursi antropometri yang membedakannya dari alat ukur antropometri lainnya.

Penggunaan Kursi Antropometri dalam Berbagai Bidang

Mungkin sebagian besar dari kalian berpikir, siapa saja yang bisa menggunakan kursi antropometri? Atau dalam bidang apa saja kursi antropometri bisa digunakan? Kursi antropometri dapat difungsikan dalam berbagai bidang, misalnya perancangan fasilitas kerja, stasiun kerja dan desain produk. Hal ini biasanya paling sering digunakan dalam bidang Teknik industri. Selain itu, kursi antropometri juga dapat digunakan dalam bidang jurusan keselamatan dan kesehatan kerja. Penggunaan ini dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja digunakan untuk merancang sebuah alat maupun tempat yang aman digunakan setiap manusia dalam melakukan pekerjaannya.

34 Dimensi dalam Pengukuran Kursi Antropometri

Dalam kursi antropometri yang ada saat ini, dapat diambil data dari 34 dimensi pengukuran tubuh manusia. Jumlah ini merupakan jumlah yang tertinggi yang didapatkan, hanya dengan menggunakan satu alat saja. 34 dimensi tubuh yang diukur dapat dibagi kedalam tiga bagian yaitu:

1. Pengukuran Posisi Berdiri

Melalui pengukuran dengan posisi berdiri, terdapat sejumlah data yang bisa diambil yaitu :

Tinggi tubuh; Tinggi Mata Badan; Tinggi Bahu; Tinggi Siku; Tinggi Ujung Jari; Tinggi Tulang Ruas; Tinggi Panggul; Tinggi Genggam Tangan; Tinggi Pergelangan Tangan; Tinggi Jangkauan Tangan; Tinggi Pinggang; Lebar Pinggul Bediri; dan Panjang Siku ke Pergelangan Tangan

Pengukuran Posisi Berdiri

2. Pengukuran Posisi Duduk

Melalui pengukuran dengan posisi duduk, terdapat sejumlah data yang bisa diambil yaitu :

Tinggi Popliteal Duduk; Lebar Kepala; Lebar Bahu Atas; Lebar Bahu Duduk; Lebar Pinggul Duduk; Panjang Genggam Tangan; Panjang Rentangan Tangan; Tinggi Genggam ke Alas Dudud; Tinggi Duduk Tegak; Tinggi Mata Duduk; Tinggi Bahu Duduk; Tinggi Siku Duduk; Panjang Bahu ke Siku; Tebal Paha Duduk; Panjang Lengan Bawah Duduk; dan Panjang Paha Duduk

Pengukuran Posisi Duduk

3. Pengukuran Area Wajah

Sedangkan, melalui pengukuran area wajah, terdapat sejumlah data yang bisa diambil yaitu :

Panjang kepala; Tinggi Kepala; Tinggi Dagu Mata; dan Lebar Mata ke Mata

Pengukuran Area Wajah

Ketiga pengukuran yang dilakukan tersebut biasanya membutuhkan banyak alat yang perlu digunakan. Namun, dengan menggunakan kursi antropometri, satu alat bisa mengukur begitu banyak dimensi tubuh manusia. Apabila anda tertarik untuk membeli kursi antropometri yang kami produksi, silahkan klik link berikut untuk informasi selanjutnya.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar