Bersama Memantau Tumbuh Kembang Anak demi Mencegah Stunting

Untuk memaksimalkan pencegahan stunting agar Indonesia dapat memaksimalkan sumber daya manusianya (khususnya pada masa Bonus Demografi pada tahun 2030 ke atas), kita harus selalu memantau tumbuh kembang sang buah hati. Memastikan bahwa tumbuh kembang buah hati sesuai dengan usianya.

Karena seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, jikalau kita tidak dapat memanfaatkan Bonus Demografi dan menjadi kewalahan karena masih meningginya angka stunting bagi para calon penerus bangsa, hal tersebut hanya akan menjadi masalah baru bagi negara.

Memantau Tumbuh Kembang Anak

Demi menjaga dan memaksimalkan Bonus Demografi yang nantinya akan terjadi mulai tahun 2030, kita harus saling bahu-membahu untuk memberantas stunting. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengedukasi diri tentang stunting hingga memantau tumbuh kembang anak.

Kurva Tinggi menurut Usia dari WHO (WHO Child Growth Standards)

Banyak langkah ataupun cara untuk memantau tumbuh kembang para calon penerus bangsa. Mulai dari menghitung berat badan, lingkar kepala ataupun lingkar lengan atas, dan panjang ataupun tinggi badan. Hasil tersebut nantinya dicek dengan kurva tinggi menurut usia dari WHO (WHO Child Growth Standards).

WHO Child Growth Standards untuk Laki-Laki
WHO Child Growth Standards untuk Perempuan

Seperti yang bisa kalian lihat, pada kurva tinggi tersebut terdapat berbagai garis yang memiliki warna-warna tersendiri. Warna tersebut sengaja dibedakan karena memiliki fungsi tersendiri. Contohnya seperti pada garis hijau yang terletak di tengah dan bertuliskan angka 0 memiliki fungsi sebagai garis tengah dari panjang atau tinggi badan anak.

Ada juga garis bewarna merah yang memiliki akhiran angka 2 yang berada di atas, dan -2 yang berada di bawah. Jika contohnya hasil berat badan pengukuran anak dibandingkan dengan umurnya dan dicek di kurva tinggi tersebut, hasilnya akan menunjukkan bahwa anak mengalami gizi kurang.

Di kebanyakan puskesmas ataupun posyandu masih menggunakan Kartu Menuju Sehat atau KMS untuk menghitung perkembangan anak. Mereka masih mencatat secara manual di kartu tersebut dan menghitungnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, nantinya akan ada aplikasi yang dapat menghitung dan merekam segala perkembangan sang anak dengan lebih simple dan mudah.

Alat Pantau Tumbuh Kembang Anak

Agar dapat memantau tumbuh kembang sang buah hati setiap saat, kita memerlukan berbagai alat yang memadai. Salah satu yang memiliki faktor penting dalam mendeteksi stunting yaitu aspek tinggi badan dan panjang badan.

Alat Ukur Tinggi Badan atau Stadiometer

Tingi badan anak merupakan salah satu aspek yang harus selalu dihitung ataupun cek secara berkala. Bagi yang aktif membawa sang buah hati ke posyandu ataupun puskesmas pasti sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut.

Hasil dari pengukuran tinggi badan yang dilakukan dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan perolehan gizi yang diterima sang anak. Oleh sebab itu, kita memerlukan alat ukur tinggi badan yang proper, salah satunya dengan menggunakan Stadiometer.

Alat Ukur Panjang Badan atau Infantometer

Selain tinggi badan, kita juga perlu melakukan pengukuran panjang badan pada sang anak. Perbedaan antara pengukuran tinggi badan dan panjang badan terdapat pada posisi pengukuran.

Posisi yang dilakukan untuk pengukuran tinggi badan yaitu anak dalam posisi berdiri tegak di base yang terdapat pada pengukur tinggi badan atau stadiometer. Dan posisi yang dilakukan dalam pengukuran panjang badan yaitu anak dalam posisi tidur terlentang lalu anak bisa diukur menggunakan pengukur panjang badan atau infantometer.

Jual Alat Tinggi Badan dan Panjang Badan Terbaik

Untuk memenuhi kebutuhan kalian dalam mendeteksi stunting dengan melakukan pengukuran panjang bayi dan tinggi badan, Solo Abadi menyediakan Metrisis Stadiometer dan Metrisis Infantometer Portable terbaik.

Kenapa Stadiometer dan Infantomer dari kami terbaik? Selain karena menggunakan bahan terbaik di kelasnya, kami menggarap alat ukur kami dengan sangat presisi dan mendetail. Kami juga menyediakan How to Use Product atau cara penggunaan setiap alat. Terakhir, kami mengemas produk kami dengan mengedepankan sense of art.

Segera Dapatkan Metrisis Stadiometer dan Metrisis Infantometer Portable!

Apabila kalian tertarik untuk melakukan pengukuran tinggi badan menggunakan Metrisis Stadiometer dan pengukuran panjang badan menggunakan Metrisis Infantometer dari kami, silahkan kunjungi link berikut atau hubungi kami melalui WhatsApp.

AYO CEGAH DAN DETEKSI STUNTING DENGAN TEPAT, CEPAT DAN AKURAT MENGGUNAKAN STUNTING KIT, KARENA CEGAH STUNTING ITU PENTING!

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar