Mempelajari 6 Fakta Penting dan Menarik Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Mesin CNC

Sebelumnya, kami seringkali menjelaskan mengenai Mesin CNC agar pembaca kami mendapatkan informasi menarik mengenai hal tersebut. Kali ini, kami akan memaparkan beberapa fakta penting dan menarik dari Mesin CNC. Simak seperti apa urainnya pada artikel berikut ini :

Mesin CNC (Computer Numerical Control) merupakan mesin otomasi yang terdapat di dunia perindustrian yang mulai muncul pada revolusi industri ketiga (Industri 3.0). Pada mesin CNC, program dibuat di komputer, kemudian diteruskan pada mesin, maka mesin akan memproses benda kerja sesuai program yang telah diberikan. Program hanya cukup dibuat satu kali, lalu disimpan di komputer, untuk benda kerja kedua dan selanjutnya, cukup memasukkan program dan mesin akan memproses benda kerja tersebut secara kontinu sesuai dengan perintah yang diberikan.

1. Mesin CNC Ditemukan pada Tahun 1952

Pada tahun 1952, CNC dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts. Pada saat itu,  perangkat mesin CNC memerlukan biaya yang tinggi dan volume unit pengendali yang besar. Pada tahun 1973, mesin CNC masih sangat mahal sehingga masih sedikit perusahaan yang mempunyai keberanian dalam mempelopori investasi dalam teknologi ini.

2. Produksi Mesin CNC Berkembang pada Tahun 1975

Mulai tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang pesat. Perkembangan ini dipacu oleh perkembangan mikroprosesor yang semakin canggih, sehingga volume unit pengendali kontrollernya dapat lebih ringkas. Mikroprosesor adalah sebuah chip IC atau sirkuit terintegrasi yang menggabungkan fungsi inti dari unit pemrosesan pusat (CPU/Central Processing Unit) komputer.

3. Mesin CNC sebagai Tanda Revolusi Industri 3.0

Revolusi industri 3.0, ditandai dengan adanya otomatisasi dan digitalisasi, sehingga banyak menggunakan komputer dan robot. Atau dengan kata lain, revolusi industri 3.0 dintandai dengan mulai ditemukannya mesin CNC. Manusia tidak lagi membutuhkan waktu yang lama dalam membuat produk. Selain itu, untuk membuat produk dengan kepresisian tinggi, mesin CNC menjadi jawabannya.

4. G-Code dan M-Code sebagai Pengendali Mesin CNC

Dalam dunia CNC ada kode dasar dan ada pula kode lanjutan. Sebenarnya pebrikan mesin bisa saja membuat kode dan fungsinya sesuai keinginan mereka, tapi untuk kode-kode dasar hampir semua pabrikan menetapkan kode yang sama untuk suatu gerakan, seperti kode untuk memutar spindle dan mengatur gerakan pahat.

G-Code dan M-Code adalah bahasa dasar yang digunakan untuk mengendalikan mesin CNC dan ini adalah panduan utama untuk pemrograman CNC. G-Code biasanya digunakan untuk gerakan mesin, seperti gerakan pahat dari titik A ke titik B dan sebagainya.

5. Sekurang-kurangnya Ada Delapan Jenis Mesin CNC

Perkembangan teknologi semakin maju, dan  mulai banyak mesin CNC yang terdapat di dunia industri. Delapan mesin CNC tersebut, diantaranya adalah :

  1. Mesin CNC Turning (Bubut)
  2. Mesin CNC Milling (Frais)
  3. Mesin CNC Router
  4. Mesin CNC Plasma Cutter
  5. Mesin CNC Laser Cutter
  6. Mesin CNC 3D Printer
  7. Mesin CNC Pick and Place
  8. Mesin CNC Bending

6. Mesin CNC Memproduksi Benda dengan Presisi

Presisi menggambarkan seberapa dekat hasil pengukuran dari satu part dengan part lain. Misalnya, saat membuat produk di mesin CNC, 10 buah benda dengan jenis yang sama memiliki ukuran yang kurang lebih sama. Contoh yang lainnya adalah ketika diameter luar shaft dan diameter dalam bearing yang berpasangan memiliki ukuran yang hampir sama (presisi), maka benda tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Membuat Precision Part dengan Mesin CNC di Solo Abadi

Solo Abadi merupakan salah satu perusahaan di Kota Surakarta yang bergerak di bidang manufaktur. Solo Abadi memproduksi berbagai macam precision part mulai dari spare part mesin hingga produk custom. Precision part di Solo Abadi dibuat dengan mengguakan mesin CNC yang canggih. Jika kalian berminat untuk membuat precision part di Solo Abadi hubungi tim marketing kami  via WhatsApp atau melalui link berikut ini.

Facebook Comments
Bagikan!