Kapankah Suatu Produk atau Part Mesin Harus Dibuat Secara Presisi?

Beberapa pembaca nampaknya masih penasaran dan belum begitu memahami tentang istilah presisi. Kemudian, apakah anda mengerti mengapa dan bagaimana sebuah produk dapat dikatakan presisi?

Pada artikel kali ini, kami hendak memaparkan mengenai kepresisian pada suatu produk serta menjelaskan tentang apa itu injection molding. Mari simak penjelasan mengenai presisi maupun produk presisi di bawah ini.

Memahami Apa yang dimaksud Presisi

Presisi adalah suatu keadaan dimana hasil pengukuran dari satu benda dengan benda yang lainnya memiliki kedekatan. Sebagai contoh adalah sprue bush dengan core block pada mold injeksi. Lubang pada core block dan diameter luar sprue bush harus presisi, sehingga proses injeksi dapat berjalan dengan baik.

Pada pembuatan sebuah produk, kita juga mengenal istilah akurat. Berbeda dengan presisi, akurat adalah ketepatan suatu hasil pengukuran dengan hasil/nilai yang diharapkan. Berikut adalah ilustrasi perbedaan akurat dengan presisi.

Sumber : socratic.org

Kapan Produk Harus dibuat Secara Presisi

Tidak semua produk harus dibuat presisi, karena yang terpenting adalah produk dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu, di dunia engineering terdapat toleransi yang digunakan dalam mendesain suatu benda. Benda yang memiliki fungsi untuk bergerak biasanya memiliki toleransi ISO dan toleransi khusus.

Sedangkan benda yang tidak bergerak dan tidak memiliki fungsi khusus pada umumnya menggunakan toleransi umum. Contohnya yaitu cover produk. Benda yang perlu dibuat presisi contohnya adalah dua benda yang berpasangan untuk fungsi tertentu, misal bush dan shaft, bearing dan shaft.

Apa Itu Injection Molding?

Injection molding adalah suatu proses mencetak suatu produk yang terbuat dari material plastik dengan cara memasukkan material plastik cair ke dalam cetakan/mold. Dalam mesin injeksi terdapat 2 unit utama, yaitu unit injeksi dan unit clamping. Unit injeksi adalah unit dalam mesin injeksi yang berfungsi untuk memasukkan material plastik cair ke dalam cetakan/mold.

Selain itu, pada unit injeksi terdapat proses pencampuran material dan pelelehan bijih plastik. Pencampuran warna bijih plastik dilakukan pada unit ini. Sedangkan unit clamping berfungsi untuk membuka dan menutup mold, juga memberi gaya/tekanan pada mold sehingga mold dapat menutup dengan kuat dan material plastik tidak keluar dari cetakan. Pada unit clamping, terdapat bagian yang bernama ejector, ejector berfungsi untuk mengeluarkan produk dari dalam cetakan.

Bagian-bagian pada Mold Injeksi

  1. Locating Ring
  2. Sprue Bush
  3. Top Plate
  4. Cavity
  5. Guide Pin
  6. Guide Bush
  7. Core
  8. Spacer Plate
  9. Ejector Plate
  10. Ejector Retainer Plate
  11. Bottom Plate
  12. Ejector
  13. Spring

Membuat Part Injection Molding di Solo Abadi

Sebagai perusahaan manufaktur di kota Bengawan yang menyediakan jasa pembuatan part presisi, Solo Abadi juga memproduksi part yang terdapat dalam mesin injeksi. Selain itu, kalian juga dapat membuat part presisi dalam sektor industri yang lain, seperti industri minyak bumi dan gas, industri pertanian, industri penerbangan, industri otomotif, industri rokok, industri farmasi, dan industri paramedik.

Selain produk dengan ukuran yang sudah umum di dunia industri, kalian juga bisa membuat produk custom di Solo Abadi ini. Sesuai dengan tagline kami yaitu Kreatif Bekerja, Ikhlas Melayani, kepuasan pelanggan adalah kepuasan bagi kami dan kritik saran dari pelanggan adalah harta bagi kami.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi tim marketing kami melalui WhatsApp kami atau hubungi kami melalui link berikut.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar