Mengapa Tikar Pertumbuhan Populer Pada Posyandu di Indonesia? Yuk Simak Faktanya!

Ditengah pandemi yang saat ini masih terus menjadi musuh besar bagi masyarakat, tentu saja, kita tidak boleh abai terhadap isu maupun permasalahan yang ada disekitar kita. Pada dunia Kesehatan misalnya, isu yang saat ini masih setia digaungkan adalah mengenai program pemerintah dalam menghalau stunting.

Penanganan akan stunting tidak hanya melibatkan pemerintah pusat sebagai pembuat kebijakan, akan tetapi penangan stunting juga melibatkan sejumlah instansi-instansi terkait. Dimulai dari instansi Kesehatan paling puncak sampai turun ke Posyandu. Posyandu sendiri merupakan bagian paling dasar yang berhubungan secara langsung dengan masyarakat. Sehingga peran dari Posyandu tersebut sangatlah penting.

Dalam melakukan pencegahan atau deteksi stunting, sejumlah posyandu melakukan berbagai penanganan namun umumnya adalah dengan melakukan pengukuran antropometri anak. Pengukuran antropometri merupakan pengukuran dimensi tubuh manusia yang berperan untuk mendeteksi benar atau tidaknya anak mengalami stunting.

Pengukuran antropometri apa saja yang dibutuhkan?

Pada pengukuran antropometri anak, tidak semua bagian tubuh anak harus diukur. Untuk melakukan deteksi stunting sendiri, hanya ada beberapa indikator pengukuran anak yaitu :

  1. Tinggi Badan
  2. Berat Badan
  3. Lingkar Lengan dan Lingkar Kepala (opsional)

Beberapa indikator tersebut diukur menggunakan alat-alat tertentu yang dapat menghasilkan data yang dibutuhkan. Saat ini, salah satu alat ukur untuk tumbuh kembang anak, khususnya untuk melakukan deteksi stunting sendiri adalah alat antropometri kit. Alat antropometri kit terdiri dari bahan dan jenis yang berbeda-beda. Misalnya stadiometer, pita ukur, timbangan berat badan, dan lain sebagainya.

Alat antropometri yang popular di kalangan Posyandu saat ini

Saat ini, terdapat alat antropometri kit popular yang digunakan dalam pengukuran antropometri adalah Tikar Pertumbuhan. Jika kita lihat disejumlah artikel di media masa, tikar pertumbuhan merupakan alat ukur yang dirancang secara sederhana untuk memantau tumbuh kembang anak. Tikar pertumbuhan digunakan untuk penggolongan anak apakah anak terdeteksi stunting atau tidak.

Kepopuleran alat tersebut bahkan kemudian mengundang pemerintah untuk melakukan sosialisasi salah satunya mengenai penggunaan Tikar Pertumbuhan. Disini, kami akan memaparkan lebih lengkap mengenai Tikar Pertumbuhan.

Kenapa tikar pertumbuhan cukup popular dikalangan Posyandu?

Terdapat beberapa alasan mengapa Tikar Pertumbuhan menjadi alat yang popular di kalangan kader Kesehatan maupun posyandu. Beberapa alasan mengapa tikar ini popular adalah:

1. ALAT YANG MUDAH DIGUNAKAN

Tikar Pertumbuhan cenderung mudah digunakan dibandingkan beberapa alat antropometri kit lain yang digunakan untuk mendeteksi stunting. Sehingga, diharapkan setiap orang dapat menggunakan alat ini dengan sesuai.

2. BAHAN YANG RINGAN DAN DESAIN YANG BERAGAM

Selain mudah digunakan, tikar pertumbuhan terbuat dari bahan flexi yang mudah disimpan dan dilipat. Alat ini juga dapat dibuat menggunakan desain yang berbeda, sehingga anak-anak pun cenderung menyukai desain dari Tikar Pertumbuhan ini.

3. HARGA BARANG YANG RELATIF MURAH

Salah satu alasan mengapa tikar pertumbuhan dapat digunakan oleh setiap kalangan adalah karena harga dari tikar pertumbuhan yang sangat terjangkau. Sehingga diharapkan setiap orang dapat melakukan pengukuran dan pertumbuhan dengan mudah.

4. DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENDETEKSI STUNTING SECARA DINI

Terlepas dari keunggulan alat tersebut, tikar pertumbuhan memiliki fungsi yang baik yaitu untuk penggolongan anak apakah ada indikasi anak terdeteksi stunting atau tidak dengan cepat, efektif dan biaya yang relative mudah.

Dimana kita dapat membeli produk Tikar Pertumbuhan?

Solo abadi belum lama ini meluncurkan tikar pertumbuhan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kader posyandu maupun masyarakat. Tikar pertumbuhan yang dimiliki oleh Solo Abadi dapat mengukur hinggan 21 bulan.

Tikar pertumbuhan yang diproduksi oleh Solo Abadi memiliki keunggulan yaitu :

  1. Bahan Flexi Yang Berkualitas dan Aman Digunakan
  2. Terdapat Tas Penyimpan Tikar Pertumbuhan Yang Aman Untuk Digunakan
  3. Desain Dan Kemasan Tikar Pertumbuhan Yang Menarik
  4. Terdapat Tutorial Penggunaan Tikar Pertembuhuan

Tikar Pertumbuhan Tersedia di Marketplace Stunting Kit

Lakukan pembelian tikar pertumbuhan dari Stunting Kit pada sejumlah marketplace kami. Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace kami di Shopee, Tokopedia dan Bukalapak dengan mengklik link tersebut.

Kami percaya diri bahwa barang yang kami jual dengan harga terjangkau namun kualitas yang sesuai. Mari turut serta mencegah stunting sejak dini dengan membeli tikar pertumbuhan dari Solo Abadi. Karena cegah stunting lebih baik daripada mengobati. Yuk, sadar stunting sejak dini!

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar