Mengenal Macam-Macam Alat Ukur dalam Teknik Permesinan

Setelah selesai memproduksi suatu benda, penting bagi kita untuk mengukur benda tersebut untuk mengetahui apakah benda tersebut sudah sesuai dengan ukuran yang diharapkan ataukah belum. Dalam teknik permesinan, instrument ukur yang paling banyak dipakai adalah alat ukur panjang, diameter, kesikuan, kerataan, dan jarakulir. Alat-alat tersebut diantaranya adalah :

1. Jangka Sorong (Caliper)

Jangka sorong (caliper) digunakan untuk menghitung panjang, ketebalan dan diameter sebuah benda. Ada beberapa macam caliper, yaitu vernier caliper, dial caliper, dan digital caliper. Tingkat ketelitian vernier caliper adalah 0,05 mm, sedangkan tingkat ketelitian dial caliper adalah 0,02 mm, dan digital caliper 0,01 mm.

Cara menggunakan alat ini cukup mudah, yaitu dengan mengapit benda yang ingin diukur diantara rahang caliper, kemudian ukuran akan tertera. Selain itu caliper juga bisa digunakan untuk mengukur depth suatu produk, dengan cara meletakkan ujung depth rod pada pangkal benda yang diukur, dan ujung slider pada sisi yang lain, kemudian baca ukurannya.

2. Micrometer Screw

Micrometer screw atau mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang mempunyai fungsi hampir sama dengan jangka sorong, yang membedakan adalah tingkat ketelitiannya yang lebih tinggi.

Tingkat ketelitian mikrometer sekrup dapat mencapai 0,001 mm sedangkan jangka sorong 0,01 mm. Mikrometer sekrup sering digunakan untuk pengukuran ketebalan dan diameter material yang memerlukan tingkat presisi yang tinggi.

3. Ring Gauge

Ring gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter luar sebuah silinder apakah sudah sesuai dengan standar dan memenuhi nilai toleransi yang diperbolehkan untuk dilakukan produksi masal pada produk.

4. Plug Gauge

Plug gauge merupakan alat yang berfungsi untuk mengecek dimensi lubang apakah sudah sesuai dengan standar atau belum, jika sudah sesuai maka produksi dapat dilanjutkan.

5. Screw Pitch Gauge

Screw pitch gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak ulir atau sebuah baut atau part berulir. Satu set alat ini terdiri dari beberapa bilah dengan bentuk yang berbeda. Ukuran bilah tercantum pada setiap bilahnya.

6. Feeler Gauge

Feeler gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur celah yang sulit dijangkau oleh alat ukur lainnya, misalnya celah katup, celah bantalan, celah samping ring piston, dan sebagainya. Alat ini terdiri dari beberapa lembaran baja tipis yang memiliki presisi ukuran sampai 0,01 mm.

7. Dial Indicator

Dial indicator adalah alat yang berfungsi sebagai pengukur kerataan suatu permukaan benda, ketelitiannya dapat mencapai 0,01-0,001 mm. Pada aplikasinya sering digunakan didunia otomotif, manufaktur, perkakas dan bengkel permesinan.

8. Bevel Protactor

Bevel protactor adalah alat ukur yang digunakan dalam pengukuran sudut diantara dua permukaan suatu benda ukur dengan tingkat ketelitian lebih kecil daripada satu derajat yaitu dengan ketelitian mencapai 5 menit.

Solo Abadi, Perusahaan Pembuat Part Presisi Terbaik!

Dalam dunia industri, banyak part yang perlu dibuat presisi, dan perlu diukur dengan alat ukur yang memiliki ketelitian tinggi. Solo Abadi merupakan salah satu perusahaan di Kota Solo yang bergerak di bidang manufaktur. Solo Abadi menyediakan jasa untuk membuat berbagai macam produk, khususnya part-part presisi.

Ada beberapa mesin CNC yang terdapat di Solo Abadi diantaranya adalah mesin CNC lathe (bubut), mesin CNC milling (frais), dan mesin CNC laser cutter. Mesin-mesin ini digunakan untuk membuat produk-produk pesanan pelanggan. Dengan mesin ini, dipastikan bahwa pengerjaan produk bisa cepat dan berkualitas baik.

Tertarik untuk Membuat Produk Part Presisi di Solo Abadi?

Jika kalian berminat untuk membuat produk di Solo Abadi, silakan hubungi Tim Marketing kami melaui Whatsapp di nomor 62851 – 0088 – 8111.

Anda juga dapat berkunjung langsung ke Perusahaan kami yang beralamat di Jl. Slamet Raya, Tawangsari, RT.01 RW.34, Mojosongo, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Kami dengan senang hati akan menyambut Anda.

Facebook Comments
Bagikan!